Subscribe to Berita Disparbud Bangka Barat feed
Updated: 2 min 31 sec ago

Pondok madu Kelulut - Desa Air Kuang, Kec. Jebus, Kab. Bangka Barat

Fri, 07/03/2020 - 17:47

Jebus- Bangka Barat. Budidaya ternak Madu Kelulut (Trigona itama) yang dikelola oleh Yuliandi, dibawah binaan KPHP Jebu Bembang Antan, terletak di Dusun Bangun Jaya Rt. 04. Desa Air Kuang Kec. Jebus, Kab. Bangka Barat.

Budidaya ternak lebah madu kelulut Yuliadi telah ditekuni sejak 2018,  dengan memanfaatkan lahan disekeliling rumah disulap menjadi budidaya ternak lebah madu kelulut.  Dengan berbahan sederhana menggunakan kotak papan berbentuk persegi empat berukuran lebar 50cm, dengan ketebalan 20cm, dan diberi penyangga pada bagian bawahnya dengan kayu, dan nantinya kotak tersebut menjadi tempat bersarangnya koloni lebah-lebah kecil seperti lalat tersebut.

Saat berkunjung di kediamannya, Yuliandi," mengenai daya jual saat pandemi wabah Covid-19, pesanan justru meningkat tiga kali lipat dibandingkan dari sebelum wabah Covid-19 merebak, mungkin dari khasiat madu kelulut ini, baik dari nilai gizi dan sebagai daya tahan tubuh sangat luar biasa ini banyak yang beli, tak urung stok madu pun terkadang habis dan konsumen harus mememesan dulu, ungkapnya

Jadi, bagi anda yang berkenan ingin mengkonsumsi madu kelulut Original Pondok madu Kelulut Bangka Barat bisa langsung datang kerumah atau dapat memesan, di nomor telepon: 0813-6878-3366, dan nantinya madu dapat dikirim secara online ke seluruh Indonesia.

facebook resmi Pondok madu Kelulut ;https://www.facebook.com/pondk.kelulut

Mari bersama, kenali,  cintai,  promosikan produk- produk olahan Ekonomi Kreatif Kabupaten Bangka Barat.

- Ayo Ke Bangka Barat-

Sumber: Disparbudbabar- Pondok Madu KelulutPenulis: SAPFotografer: Disparbudbabar2020- Bidang Informasi: 
  • Humas
Bahasa: Indonesia

Peringati HARI BHAYANGKARA ke-74 Giat bersih Pantai Rajdi

Sun, 06/28/2020 - 15:25

Muntok- Bangka Barat. Giat bersih pantai kawasan Pantai Radji. Kec. Muntok, Kab. Bangka Barat, dalam memperingati HARI BHAYANGKARA  Ke- 74, Bersama Jajaran Polres Bangka Barat, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bangka Barat, serta Komunitas Trail TRABAS Muntok. Minggu pagi (28/06/20).

Kegiatan di Pimpin Langsung oleh Kapolres Bangka Barat; AKBP Fedriasah, dan Juga Plt Kepala dinas Disparbud Bangka Barat Bambang HS dan Kepala Bidang Destinasi Disparbud Setyawan, serta Kepala Bidang Kebudayan Disparbud; Hendra, kegiatan dilaksanakan langsung bersama- sama dengan menyisir sekitar bibir pantai di kawasan pantai Radji, dengan sasaran utama yaitu limbah sampah plastik, sepeti botol minuman ringan, hingga sampah rumah tangga.

Kegiatan bersih pantai selain memberikan dampak positif terhadap lingkungan sekitar, juga berdampak positif bagi kepariwisataan di wilayah Kab. Bangka Barat. selain itu memberi contoh kepada masyarakat lainnya agar tidak membuang sampah sembarangan. 

Pantai radji selain indah juga menyimpan kenangan sejarah, menjadi saksi bisu saat perang dunia II pada Februari 1942, sebuah kapal membawa tentara Inggris yang terluka serta perawat Australia mengungsi dari Singapura namun berakhir ditenggelamkan oleh pesawat pembom Jepang dekat Pulau Bangka dan Mereka yang selamat berkumpul di Pantai Radji dan akhirnya di eksekusi mati oleh tentara Jepang.

Sumber: DisparbudbabarPenulis: SAPFotografer: Disparbud2020Editor: nov@Bidang Informasi: 
  • Humas
Bahasa: Indonesia

Lima (5) pasang peserta finalis Bujang Dayang Kabupaten Bangka Barat 2020

Sat, 06/27/2020 - 22:22

Muntok- Bangka Barat. Berikut nama- nama, alamat, serta wajah Lima (5) pasang peserta finalis Bujang dan Dayang Kabupaten Bangka Barat 2020 yang sudah terpilih dalam melewati tahapan sesi audisi interview, bagi peserta yang belum lolos, jangan berkecil hati.

Mereka telah melalui tahapan sesi audisi interview, dengan bertatap wajah langsung kepada tim juri secara daring/ online yang dilaksanakan pada Sabtu (27/06/20). Dengan beberapa materi seputar pertanyaan melaui aplikasi WhatsApp online  antara lain wawasan sejarah, wisata, budaya, unjuk bakat, sesi virtual shoot, dan penilaian lainnya dalam berbahasa inggris. Dan juga, para peserta harus dapat mengispirasi dengan memiki suatu program kerja setelah terpilih menjadi finalis Bujang dan Dayang Kabupaten Bangka Barat 2020 nantinya.

Dengan medapatkan Lima (5) pasang peserta finalis, nantinya akan masuk sesi pada tahapan penilaian. tahap penilaian nanti  yang mana tahapan ini merupakan tahapan pengganti dalam masa karantina.

Selamat kepada peserta semi finalis Bujang dan Dayang yang berhasil lolos pada tahapan audisi interview hari ini.

Sumber: Disparbudbabar- BDBAR 2020Penulis: SAPFotografer: Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR)Editor: nov@Bidang Informasi: 
  • Humas
Bahasa: Indonesia

Penilaian secara daring/online Pemilihan Bujang Dayang Kab. Bangka Barat 2020

Sat, 06/27/2020 - 14:42

Muntok- Bangka Barat. Kesibukan para tim juri saat penilaian interview  dalam ajang pemilihan Bujang Dayang Kabupaten Bangka Barat tahun 2020, kepada 12 pasang semi finalis  yang dilaksanakan di Museum Timah Muntok Indonesia secara daring/ online Sabtu, (27/06/20).

Penilaian interview melaui aplikasi WhatsApp online  dilakukan diruangan secara terpisah Museum Timah Muntok Indonesia, agar suasana tatap muka juri dan peserta tetap nyaman saat berinteraksi dan tidak terganggu. Penilain langsung dilakukan oleh Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bangka Barat; Romi’at dan juga Koordinator Alumni Bujang Dayang Kabupaten Bangka Barat(BDBAR); Agung Purnama dan beberapa Alumni lainya turut membantu dalam proses kegiatan penilaian.

Dan dari dua belas (12) pasang peserta Semi Finalis yang telah lolos interview pada hari ini, selanjutnya akan diambil lima(5)  pasang peserta untuk melanjutkan kebabak penyisihan berikutnya. Dan nantikan pengumuman live secara langsung pada sore hari ini pukul 16.00 wiib, melalui live instagram Bujang Dayang Bangka Barat https://www.instagram.com/bujangdayangbangkabarat/.

-Ayo ke Bangka Barat-

Sumber: HumasProPenulis: SAPFotografer: Parbudbabar@2020Editor: nov@Bidang Informasi: 
  • Humas
Bahasa: Indonesia

Semi Finalis Terpilih Pemilihan Bujang Dayang Bangka Barat 2020

Fri, 06/26/2020 - 15:12

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bangka Barat mengucapkan selamat atas terpilihnya 12 pasang peserta Semi Finalis dalam ajang pemilihan Bujang Dayang Kabupaten Bangka Barat Tahun 2020.

Melalui rapat singkat panitia seleksi pemilihan Bujang Dayang tahun 2020 di Museum Timah Muntok Indonesia (25/06/20)  dengan melakukan penilaian dari berkas yang telah dilakukan seleksi dengan beberapa aspek antara lain :

1. Keselarasan pengisian formulir dengan arahan / perintah pada tiap tabel yang ada di formulir pendaftaran

2. Pertimbangan pada prestasi yang di dapat

3. Kemantapan Program Kerja

4. Memperhatikan faktor beauty / penampilan fisik

Berikut nama- nama peserta yang telah terpilih :

BUJANG :

- Kelvin Fernando Pratama

- Faris Fathin

- Orie Fachridho Hermawan

- Septian Jerry

- Enda Saputra

- Naufal Lisanul Haq

- Zizi Whais AI Qoornie

- Suwendi Susandi

- Yusril Ihza Mahendra

- M. Maulana

- Jermi Firando

- Indra Saputra

 

DAYANG :

- Oktavia Mirendra

- Ayu Kusuma Utami

- Wulan Purnama Sari

-Fifi Nurhafifah

- Ela Marita

- Ocha Erinda

- Ine Yolanda

- Kharisyatul Hikmah

- Hetty Estora

- Nadiyah Zalfahirah

- Suci Ayu Meilani Putri

- Zafhira Araza

Bahwasanya Pemilihan Bujang Dayang adalah untuk mencari bibit-bibit baru generasi muda atau yang dikenal sebagai duta wisata. pemilihan Bujang Dayang ini merupakan pemilihan rutin setiap tahunnya, Mari persiapkan diri bagi peserta yang lolos Semi Finalis untuk melanjutkan pada perjuangan ke tahap Audisi yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Juni 2020. Selanjutnya dari tahapan audisi nantinya akan memilih 5 pasang Finalis Bujang Dayang Bangka Barat Tahun 2020 untuk melaju ke tahapan penilaian.

Jadi, tunjukkan versi terbaik mu pada saat audisi nanti. Sekali lagi selamat! Salam Cerdas

- Ayo ke Bangka Barat -

Sumber: Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR)Penulis: SAPFotografer: Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR)Editor: nov@Bidang Informasi: 
  • Humas
Bahasa: Indonesia

Komunitas Jeep Adventure Offroad Bangka Belitung Promosikan Potensi Pariwisata di Kec. Parittiga, Kab. Bangka Barat tahun 2020

Thu, 06/25/2020 - 17:40

Bangka Barat- Sekitar empat puluh kendaraan roda empat Adventure Offroad hadir dalam ajang mempererat tali silahturahmi, serta pengenalan safety Offroad, dan bakti sosial kepada masyarakat disekitar lokasi kegiatan, akibat dampak wabah pandemic covid-19, sekaligus memperkenalkan potensi pariwisata agro yang baru dan Wisata bahari di wilayah Bangka Barat pada 20-21 Juni 2020.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Ketua harian; Mulyadi, Dandim 0431/Bangka Barat Agung Wahyu Perkasa, Indonesia Ofroader Federation (IOF) Pengda Babel dan Komunitas Jeep Babel; Ba’ah, Start awal berkumpul dikawan Agro Wisata Bukit Mantan Indah (BMI) yang baru terbentuk kurag lebig satu tahun yang lalu, di Desa Air Gantang-Desa Puput Kec. Parittiga Kab. Bangka Barat. dan berakhir finis di kawasan Pantai Jerangkat, Desa Ketap, Kec. Jebus , terdiri dari beberapa club antara lain: Komunitas Jeep Pangkal Pinang (KJP),Menumbing Jeep Komunity Bangka Barat, Bangka Jeep Club, Taft Diesel Indonesia Chapter Pangkal Pinang, Bhayangkara Jeep Babel, Doble Cabin Indonesia, Cikar Jeep Bangka Tengah, Bangka Jeep Club (BJC) Belinyu, Jeep (BJC), turut memeriahkan dalam acara tersebut.

Hasbullah selaku pihak panita mengungkapkan “bahwa animo pecinta kegiatan otomotif di Bangka Belitung sangat tinggi maka dalam upaya mempererat dari semua komunitas dilakukan lah silahturahmi dan sekaligus mempromosikan, memperkenalkan potensi wisata dan keindahan alam Bangka Barat, selain itu kegiatan Offroad ini juga sebagai wadah penyalur hobi bagi pecinta otomotif  di Bangka Belitung “ pungkasnya.

Sumber: Bmi, Panitia pelaksana Komunitas Jeep Adventure OffroadPenulis: SAPFotografer: Bmi, Panitia pelaksana Komunitas Jeep Adventure OffroadEditor: nov@Bidang Informasi: 
  • Humas
Bahasa: Indonesia

Keripik Priak Olahan UPPKS Mandiri, Desa Sekar Biru, Kec. Paritiga, Kab. Bangka Barat

Wed, 06/24/2020 - 21:07

Bangka Barat- Apa yang terlintas dalam pikiran kita ketika mendengar buah pare. Pasti membayangkan rasanya yang pahit. Pare (Momordica Charantia) ini biasanya diolah sebagai masakan atau lalapan. Pare yang juga disebut “paria” atau “periak” dalam bahasa lokal juga memiliki banyak manfaat dari buah hingga akarnya dan bisa diolah sebagai obat tradisional.

Pare mengandung vitamin A, vitamin C, Vitamin E, vitamin B1,B2, B3 dan folat. Selain itu buah ini juga mengandung berbagai mineral seperti zat besi, kalsium, kalium, seng, magnesium, dan fosfor juga karbohidrat, antioksidan dan serat. Manfaat pare juga dikenal sebagai penurun gula darah.

Di Desa Sekar Biru Parittiga, pare diolah menjadi keripik. Melalui Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Mandiri dari tangan ibu Marlena, pare yang pahit itu disulap menjadi cemilan yang enak. Awal mula pembuatan keripik pare ini untuk menciptakan produk unggulan desa sekaligus meningkatkan kesejahteraan keluarga. Sehingga terlintaslah pembuatan keriripik pare. Selain keripik pare, ibu Marlena juga  mengembangkan keripik terong.

Pada awal percobaan keripik pare, rasa pahitnya masih terasa. Setelah beberapa kali percobaan barulah didapat hasil yang seperti sekarang. Untuk mengurangi rasa pahit, setelah diiris tipis pare direndam dalam air garam selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu dicuci bersih dan di tiriskan. Pare kemudian dimasak sebentar dalam air panas dan dibilas di bawah air yang mengalir sampai dingin. Barulah bisa dijadikan keripik.

Pemasaran keripik pare ini sudah menembus  supermarket  Transmart Pangkalpinang untuk produk lokal. Keripik ini juga  bisa ditemui di toko oleh – oleh lokal.

Apabila anda ingin menikmati kripik Priak/ pare tersebut dapat memesan di nomor telepon : 0812-7227-6140

- Ayo Ke Bangka Barat-

Sumber: UPPKS Mandiri, Desa Sekar Biru, Kec. Paritiga, Kab. Bangka Barat - DisparbudbabarPenulis: Reea DewiFotografer: Disparbud2020Editor: nov@Bidang Informasi: 
  • Humas
Bahasa: Indonesia

“SENJA” video pendek raih juara harapan III,Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KEMENPPPA ) Republik Indonesia.

Wed, 06/24/2020 - 13:44

Muntok- Bangka Barat. Alumni Ikatan Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR) meraih juara harapan III dengan total nilai 219 dalam lomba video pendek yang di selenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KEMENPPPA ) Republik Indonesia yang diumumkan melalui tayangan video conference pada 22 Juni 2020.

Video pendek yang bertemakan “SENJA” yang digarap oleh Alumni Ikatan Bujang  Dayang Bangka Barat (BDBAR)  pada 20 Mei 2020 bertepatan dengan bulan Ramadhan 1441 H, merupakan bentuk sebuah aksi dalam mendalami kisah dalam realita masyarakat, sekaligus mememberikan sedikit kebahagiaan kepada seorang wanita paruh baya yaitu Mak Minah, Mak Minah hidup sebatang kara di sebuah rumah sederhana dengan keterbatasan fisik yang ia punya. Mak Minah mengalami sakit yang membuat tubuhnya kecil dan tidak bisa berjalan sempurna seperti orang biasa.

Agung Purnama selaku ketua Alumni Ikatan Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR) mengungkapkan "aksi “SENJA” video yang meraih juara harapan III dalam ajang lomba yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), awalnya kegiatan aksi SENJA tersebut sudah lama dilaksanakan tidak semata- mata untuk diperlombakan (sebelumnya tidak mengetahui ada lomba video). Agung Purnama bersama rekan alumni (BDBAR) berinisiatif untuk mengikuti lomba, dengan mengirimkan video dokumentasi ‘SENJA’ tesebut dan akhirnya tak menyangka bahwa bisa meraih juara harapan III", ungkapnya.

 

Sumber: Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR),Penulis: SAPFotografer: Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR)Editor: nov@Bidang Informasi: 
  • Humas
Bahasa: Indonesia

Vitur Merah ( Virtual Tour Mengenai Sejarah ) 12- 13 Juni 2020

Thu, 06/11/2020 - 08:08

Muntok- Mari kita apresiasikan dan ikuti Vitur Merah ( Virtual Tour Mengenai Sejarah ) 12- 13 Juni 2020, bentuk aksi dari Alumni Bujang Dayang Kabupaten Bangka Barat (BDBAR) pada kali ini dalam menuju New Normal. Alumni Bujang Dayang Kabupaten Bangka Barat (BDBAR) yang berperan aktif membantu pemerintah Kab. Bangka Barat dalam mempromosikan berbagai macam potensi  dan Daya Tarik Pariwisata Daerah, Baik secara sendiri- sendiri maupun secara bersama-sama melalui media sosial atau secara langsung.

Aksi ini untuk mengisi waktu luang kepada masyarakat selama dirumah, mengajak untuk merasakan berwisata sambil belajar sejarah di Museum Timah Indonesia Muntok.

Aksi ini akan dilaksanakan melalui Live IG yang akan dilaksanakan pada dua sesi yaitu: Sesi I : Jumat, 12 Juni 2020 pukul 16.00 WIB dengan materi "SEJARAH & BUDAYA BANGKA"
Sesi II : Sabtu, 13 Juni 2020 pukul 09.30 WIB dengan materi "Sejarah Pengasingan Bung Karno dan Tragedi Perang Dunia II"

Dan nantinya akan diberikan 20 E-sertifikat untuk 20 orang pendaftar di tiap sesi dan juga akan ada hadiah menarik bagi pemenang terpilih. caranya mudah cukup mendaftarkan diri kalian melalui nomor WA 0821-7942-4273 dengan format Nama_Pilihan Sesi_ID Instagram (contoh : BDBAR_SESI I_@bujangdayangbangkabarat)

Ayo ikut daftarkan dan mari berwisata dan belajar sejarah bersama! dan Jangan lupa menunggu pendaftaran kalian dalam Pemilihan Bujang Dayang Bangka Barat 2020 hingga tanggal 23 Juni 2020. Bujang Dayang Bangka Barat, BISE!

Sumber: Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR)Penulis: SAPFotografer: Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR)Editor: nov@Bidang Informasi: 
  • Humas
Bahasa: Indonesia

Rapat Study Komparasi Komisi 2 DPRD Kota Pangkal Pinang ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab.Bangka Barat Tahun 2020.

Wed, 06/10/2020 - 13:36

Muntok- Sebanyak 9 Anggota Komisi 2 DPRD Kota Pangkal Pinang melakukan Study Komparasi Bertempat di ruang rapat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bangka Barat pada Kamis 04 Juni 2020.

Kegiatan rapat tersebut hadir  ketua, sekretaris berserta anggota Komisi II DPRD Kota Pangkal Pinang; Ahmad Amir, Rio Setiady, Dwi Pramono, Ernawati, Riduan, Jamaludin, Untung Budiyono, dan Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bangka Barat; Bambang HS, Kepala Bidang Pemasaran; Romi’at, Kepala Bidang Destinasi; Setyawan beserta staf.

Dalam studi komparasi tersebut membahas tentang strategi kepariwisataan diwilayah  Kab. Bangka Barat, meliputi sektor akomodasi serta destinasi daya tarik wisata terkait dampak di tengah pademi covid 19

Sumber: DisparbudbabarPenulis: SAPFotografer: Parbudbabar@2020Editor: nov@Bidang Informasi: 
  • Humas
Bahasa: Indonesia

PEMILIHAN BUJANG DAYANG KABUPATEN BANGKA BARAT TAHUN 2020

Sun, 05/10/2020 - 15:30

Muntok- Bangka Barat, pemilihan Bujang Dayang Kabupaten Bangka Barat (BDBAR) pada tahun 2020 ini telah resmi di buka melalui tahapan pendaftaran online.

Dan bagi peserta yang ingin mendaftar, kamu dapat mengunduh formulir pendaftaran pada link yang tertera di IG https://www.instagram.com/bujangdayangbangkabarat/. Saatnya buat kamu bergabung dan bergerak bersama Ikatan Bujang Dayang Kabupaten Bangka Barat (BDBAR), untuk berkontribusi bagi negeri lewat berbagai aksi.

Pendaftaran Pemilihan Bujang Dayang Kabupaten Bangka Barat Tahun 2020.Bagi  generasi muda Indonesia yang dinamis, kreatif dan cerdas sekaligus menjadi ujung tombak promotor pariwisata dalam mempromosikan kepariwisataan Bangka Barat .
Mari bergerak serentak karena bersama kita kuat untuk menuju Bangka Barat Hebat! Bujang Dayang Bangka Barat, BISE!
.

Jika ada informasi yang ingin ditanyakan bisa langsung menguhubungi kontak narahubung yang tertera pada poster tersebut di nomor hanpone: 082179424273 (Agung Purnama)

Sumber: Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR)Penulis: SAPFotografer: Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR)Editor: nov@Bidang Informasi: HumasTags: #instaevent #bujangdayang #dutawisata #pemilihan #bdbar #bangkabarat #bangkabelitung #generasihebat #BDBAR2020 #lawancovid19 #lawancorona Bahasa: Indonesia

Aksi BDBAR- Minus PLUS Berbagi

Sat, 05/09/2020 - 23:48
Sumber: Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR)Penulis: SAPFotografer: Disparbud2020Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR)Editor: nov@Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

Minus PLUS Berbagi

Wed, 05/06/2020 - 09:24

MinusPLUS Berbagi

‘Minus PLUS Berbagi’merupakan sebuah kampanye untuk mengajak masyarakat dalam mengurangi penggunaan plastik kresek dan menggantinya dengan Tote Bag

 yang dikemas dengan cara yang berbeda yaitu dengan cara berbagi sembako.

Sasaran aksi ini adalah masyarakat kalangan menengah ke bawah.Aksi ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 09 Mei 2020

dengan beberapa spot lokasi pembagian yaitu di Kecamatan Muntok dan Kecamatan Simpang Teritip. Pembagian paket sembako ini akan dibagikan kepada masyarakat yang sudah di data oleh alumni BDBAR.

Mari bergerak serentak karena bersama kita kuat untuk menuju Bangka Barat Hebat! Bujang Dayang Bangka Barat, BISE!

Sumber: Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR)Penulis: SAPFotografer: Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR)Editor: nov@Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

Aksi Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR) TAGAR BETIS (Takjil Gratis Buat Tenaga Medis)

Tue, 05/05/2020 - 20:33

Ramadhan adalah bulan mulia dan penuh berkah yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Kehadiran bulan suci Ramadhan biasanya selalu disambut gembira oleh seluruh kaum muslimin, tak terkecuali bagi masyarakat muslim Indonesia.

Bulan yang identik dengan ibadah puasa ini juga memiliki banyak keistimewaan yang tidak bisa dijumpai di bulan-bulan lainnya. Allah SWT menjanjikan banyak kebaikan dan pahala yang berkali-kali lipat bagi mereka yang bisa memanfaatkan dengan baik momen istimewa Ramadhan.

Pada Ramadhan tahun 2020 ini seluruh lapisan masyarakat dilanda pandemi wabah Covid-19. Wabah ini menjadi sebuah momok yang menakutkan disetiap manusia. Hingga penyebaran pun mulai merambah di berbagai berbagai wilayah di Kepulauan Bangka Belitung khususnya Kabupaten Bangka Barat.

Pihak-pihak terkait pun turut siaga dalam menangani dan menjaga penularan wabah Covid-19. Khusunya Tenaga Medis yang menjadi garda terdepan dalam penangan wabah Covid 19.

Dalam kesempatan kali ini Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR) selama tiga hari  27-29 April 2020. Menjalankan sebuah aksi yaitu TAGAR BETIS (Takjil Gratis Buat Tenaga Medis) berbagi takjil untuk tenaga medis yang ada di tiga Fasilitas Kesehatan di Muntok.

Semoga kegiatan aksi keaktifan dan kepedulian mereka para Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR) dapat memberikan energi posotif terhadap masyarakat dan menjadi penyemangat  dan sekaligus pendorong terhadap tenaga Medis yang berkerja melawan Covid-19 di Bangka Barat.

Sumber: Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR)Penulis: SAPFotografer: Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR)Editor: nov@Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

"Go Anter" aplikasi solusi jualan online kreatifitas dua pemuda Bangka Barat

Sun, 04/26/2020 - 23:44

Muntok-Bangka Barat, pemuda asal Kecamatan Muntok, Kelurahan Tanjung, Kabupaten Bangka Barat, yang bergelut aktif di bidang jasa Entertainment sebelum virus corona merebak di seluruh Indonesia termasuk Kepulauan Bangka Belitung hingga Bangka Barat.

Pada tahun lalu beberapa event acara outdor sukses ia gawangi Dodi Event Organizer seperti Mentok Colour Run wisata sejarah, Mentok Trail Run wisata sejarah, kini Dodi Event Organizer tetap aktif demi memajukan Bangka Barat tercinta tempat dimana ia dibesarkan. Selain bergerak dalam dunia Entertainment pada tahun lalu, semenjak merebaknya wabah virus covid-19 aktivitas Entertainment pun ikut lumpuh.

Tapi Dodi tetap semangat dan aktif dalam aksi sosialnya bersama pihak-pihak terkait melawan covid-19 dari kegiatan penyemprotan desinfektan dari rumah-kerumah warga masyarakat di Bangka Barat, pembagian sembako kepada warga yang kurang mampu akibat dampak wabah virus Covid-19 melemahnya ekonomi, dan pembagian masker ditempat umum secara berkala.

Tak sampai disitu, mendengar  keluh kesah para masyarakat pedagang di Bangka Barat akibat dampak virus Covid-19 hingga saat ini, kondisi  yang harus kita lakukan bersama mengikuti himbauan Pemerintah dengan cara Social Distancing Pembatasan sosial atau menjaga jarak dan Stay At home tinggal di rumah, otomatis berpengaruh terhadap perekonomian para pedagang kian melemah, demi membangkitkan kembali gairah perkonomian para pedagang Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) sekaligus memajukan di wilayah Bangka Barat.

DODI EVENT ORGANIZER bersama Faishal asal Sekolah Man Insan Cendekia Bangka Tengah berinisiatif membuat aplikasi belanja online yang bernama "GoAnter" , yaitu sebuah aplikasi yang memanfaatkan media telepon selular berbasis android mengikuti perkembangan zaman diera modern pada saat ini, berharap dapat membantu kemudahan kepada semua pihak dalam upaya transaksi atau proses belanja online.

Melalui aplikasi "GoAnter" bagi para pedagang yang mengeluh sepi akibat daya pembeli menurun, kini dapat terbantu karena pembeli dapat melakukan transaksi pemesanan atau order ke pihak pedagang memalui aplikasi "GoAnter". Aplikasi tersebut nantinya bisa di download melalui Playstore android secara gratis oleh masyarakat, dan memesan memaui aplikasi tersebut sesuai kebutuhan masyarakat dan pesanan dapat diantar melalui jasa ojek pihak pembeli tetap stay at home dirumah saja.

Ungkap Dodi ”Jadi Pembeli cukup pesan barang yang dia mau, cukup dari rumah saja. Nanti tukang ojek yang anterin, dengan biaya murah  yaitu Rp. 3000 /km. sampai saat ini sudah belasan mitra dan toko kita masukin ke aplikasi "GoAnter" dan akan kita lengkapi terus dari jajanan sampe sembako, aplikasi ini sudah bisa dipakai.

Kami berharap seluruh masyarakat khususnya di mentok Bangka Barat dapat menggunakan aplikasi ini. Dan aplikasi ni sebentar lagi hadir di PlayStore jadi dipermudah untuk mendowload tanpa harus kirim" link dulu’. Pungkas Dodi.

Apliksi "Go Anter" sementara dapat didownload : https://docs.google.com/uc…

Dan dapat menghubungi Dodi Event Organizer dinomor telepon : +62 852-7387-9000

Sumber: Dodi Event OrganizerPenulis: SAPFotografer: Dodi Event OrganizerEditor: nov@Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

TAGAR BETIS (Takjil Gratis Buat Tenaga Medis) Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR)

Sat, 04/25/2020 - 15:05

Masih dalam upaya #LawanCorona BDBAR akan melaksanakan sebuah aksi yang didedikasikan bagi Tenaga Medis sebagai garda terdepan dalam melawan wabah Corona yang mematikan.

TAGAR BETIS (Takjil Gratis Buat Tenaga Medis) sebuah aksi berbagi takjil untuk tenaga medis yang ada di tiga Fasilitas Kesehatan di Muntok. Aksi ini akan dilaksanakan selama tiga hari mulai 27-29 April 2020. Ini hanyalah sedikit apresiasi kecil dari kami untuk mereka yang telah berjuang merawat dan melindungi masyarakat.

 

Sumber: Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR)Penulis: SAPFotografer: Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR)Editor: nov@Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

Bermain (Berbagi Masker Kain) aksi Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR)

Fri, 04/24/2020 - 22:38

Bermain (Berbagi Masker Kain) merupakan aksi sosial di beberapa wilayah yang telah dilakukan oleh Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR). dalam pembagian masker tersebut meliputi Pangkalpinang, Belitung, Muntok, Jebus, Parittiga, Jogjakarta.pada minggu lalu(19/4/20).

pembagian masker diperuntukkan kepada masyarakat Indonesia  yang terpaksa harus keluar rumah untuk mencari nafkah, terkait anjuran pemerintah indonesia terhadap antisipati penularan wabah Covid-19. himbauan ini sesuai dengan anjuran dari Organisasi Kesehatan Dunia WHO.

Berbeda dengan himbauan sebelumnya yang menganjurkan pemakaian masker hanya bagi orang yang sedang sakit, kini himbauan pemakaian masker ditujukan bagi siapa pun yang beraktivitas di luar rumah, baik itu orang dalam kondisi sehat maupun kurang sehat,.

Sebab hingga kini angka korban yang terjangkit virus Covid-19 masih terus bertambah sehingga segala bentuk upaya pencegahan terus dilakukan, seperti anjuran menggunakan masker bagi siapa pun.

Melalui aksi Bermain (Berbagi Masker Kain) ini semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat kita semua dan bisa lebih mengerti akan pentingnya penggunaan masker saat diluar rumah untuk saling menjaga.

Selain menjadi Duta Wisata yang aktif, maju dan berkembang dan memberikan kontribusi yang baik kepada masyarakat, Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR) juga mengajak kepada generasi muda Milenial saat ini  untuk bersama-sama menjadi Generasi Representasi Sejarah, Wisata, Sosial dan Budaya bagi Kabupaten Bangka Barat.

Dan nantikan aksi positif selanjutnya kegiatan para Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR) yang akan datang.

Sumber: Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR)Penulis: SAPFotografer: Alumni Bujang Dayang Bangka Barat (BDBAR)Editor: nov@Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

GO GREEN #DIRUMAHAJA, bentuk kepedulian Pemuda Hijau terhadap lingkungan ditengah pandemic Covid 19.

Thu, 04/23/2020 - 16:02

Kaum muda adalah barisan pelopor yang selalu menawarkan terobosan bagi perubahan zaman. Sejarah panjang dunia menuliskan aksi dan peran para tokoh muda yang berani merubah dunia dalam berbagai hal. Semangat kaum muda selalu menarik untuk diikuti, diperhatikan, dan juga diapresiasi atas aksi mereka yang kadang out of the box, murni tanpa kepentingan, dan tulus bagi tujuan atau sebuah perubahan yang lebih baik. Pemuda Hijau misalnya. Komunitas anak muda dari Bangka ini yang memiliki beragam aktivitas terkait dengan upaya menjaga lingkungan tetap asri. Ditengah kondisi seperti hari ini pun tak menyurutkan semangat mereka.

Kali ini pemuda hijau.id mengadakan giveaway untuk Sobat Hijau (sebutan mereka untuk partisipan gerakan mereka) yang sedang dirumah saja dengan mengangkat tema "GO GREEN #DIRUMAHAJA".Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa Covid19 sudah menyebar di seluruh dunia termasuk Indonesia dan sudah banyak pula yang menjadi korban jiwa.
Meskipun  sedang dihadapkan dengan masalah yang begitu besar ini sehingga memaksa kita harus dirumah saja tetap saja, Pemuda Hijau mengajak semua untuk tetap perduli terhadap lingkungan dan bumi, jangan jadikan pandemi Covid19 mengurangi rasa keperdulian kita!

Program Giveaway "GO GREEN #DIRUMAHAJA" ini sendiri bertujuan agar masyarakat mempunyai aktivitas positif yang dapat menjadi contoh atau motivasi bagi yang lainnya, untuk bersama menjaga lingkungan dan bumi kita. Caranya bisa Sobat Hijau lihat di poster yang tertera pada bagian tulisan ini.

Seru bukan?
Ayo buru ikutan Sobat Hijau, jangan sampai ketinggalan ya.

Sumber: Pemuda HijauPenulis: Bambang Haryo Suseno, SH., M.Ec.DevFotografer: Rini Stevany WuEditor: BHSBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

Arts From Home; sebuah ajakan berkesenian dari rumah

Tue, 04/21/2020 - 12:10

Arts From Home adalah ajakan bagi pelaku seni budaya untuk memanfaatkan waktu senggang dengan berkarya dari rumah. Membangun suasana berkesenian yang menyenangkan dengan melakukan aktivitas berkesenian sederhana dengan segala keterbatasan dan kondisi yang ada di tengah dampak pandemic Covid-19 yang sedang melanda dunia.

Gerakan ini digadang oleh beberapa pelaku seni di Mentok Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.  Dimulai dari kegelisahan melihat perkembangan informasi yang lebih banyak mengarah kepada sebaran berita yang kadang membuat khawatir dan panik terkait dengan perkembangan wabah Covid-19 di media. Muncul gagasan untuk membuat aktivitas yang sedikit menyenangkan dan ceria agar bisa berbanding kondisi hari ini seperti berkesenian dirumah oleh masing-masing.

Pada masa sekarang ini, ketika pembatasan sosial dan waktu lebih banyak dihabiskan dirumah, sebetulnya adalah waktu yang tepat bagi berkumpul dalam keluarga inti, melakukan kegiatan bersama dengan gembira, dan membangun keharmonisan keluarga. Sesuatu yang dianggap harta paling bernilai untuk disyukuri. Bahwa pada momentum itu betapa kita tetap harus bersyukur, merasa bahagia dan jangan lupa bergembira.

Gerakan ini direncanakan melibatkan banyak pelaku seni lokal di Bangka. Mulai dari pemusik, penari, perupa, cineas, photografer, pelaku sastra, dan pelaku teater, dengan menghadirkan aktivitas berkesenian yang bersifat aplikatif, sehingga dapat ditiru oleh banyak orang selama masa pembatasan sosial ini. Sebagai awalan, telah dibuatkan akun Medsos Youtube : arts fromhome, yang memuat beberapa aktivitas bersenian di rumah yang bisa dinikmati oleh khalayak. hal lain juga dilakukan dengan merekam aktivitas seni secara sederhana, membaginya di media sosial masing-masing untuk bisa dinikmati dan ditiru. 

Bekerjasama dengan Dewan Kesenian Bangka Barat, berapa komunitas dan pelaku seni seperti: rindudendam, Senandung SeLo, dan Sekaban Picture Creative Commons, gerakan ini berupaya mengajak semua golongan untuk jangan lupa merasa bahagia. Karena hidup adalah hal termewah yang harus kita jalani dengan rasa bangga dan berani.

Arts_From_Home#Mari_berkarya#dirumah_saja#Lawan_Covid19#jangan_lupa_bahagia.

Sumber: Dewan Kesenian Bangka BaratPenulis: Bambang Haryo Suseno, SH., M.Ec.DevEditor: BHSBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

Plaza Kuliner-Rumah Singgah sementara bagi Penumpang tujuan Muntok- Palembang.

Mon, 04/20/2020 - 20:23

MUNTOK –Plaza Kuliner yang berdiri lebih kurang satu tahun lalu yang dikelola oleh pihak Pemerintah Daerah Bangka Barat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kini menjadi Rumah Singgah sementara Penumpang dengan tujuan Muntok- Palembang.

Pemerintah bersinergi bersatu lawan Covid-19 membantu masyarakat teruma bagi pendatang yang mencari nafkah di Pulau Bangka, akibat dampak wabah pandemi covid-19 menjadi kehilangan pekerjaan dan kini harus mudik lebih awal, selain itu pihak Pemerintah juga memikirkan masyarakat Bangka Belitung yang ada di luar Pulau Bangka Oleh karena itu untuk menyelamatkan warga masyarakat Bangka Belitung terutama para mahasiswa/mahasiswi asal Babel yang ada di luar.

Sesuai kebijakan Gubernur Provinsi Kepulauan Babel H Erzaldi Roesman membuka layanan penyeberangan melalui jalur pelabuhan, salah satunya pelabuhan Tanjung Kalian yang di buka setiap hari minggu.

Kebijakan tersebut tertuang pada Surat Edaran Gubernur Kep. Babel Nomor : 550/0320/DISHUB tentang Pedoman pengangkutan penumpang orang dari dan ke Pelabuhan Tanjung Kalian - Tanjung Api-Api dimasa Darurat Covid-19, dengan kriteria mengizinkan pemilik KTP Provinsi Bangka Belitung untuk dapat menyeberang ke Pulau Bangka melalui Pelabuhan Tanjung Kalian setiap hari Minggu.

Plt Kepala Dinas pariwisata dan Kebudayaan; Bambang HS, melalui Kabid Pengembangan Destinasi Wisata; Setyawan selaku pihak pengelola Plaza Kuliner memperjelas kepada warga masyarakat yang tinggal di sekitar kawasn Pantai Baturakit dan sekitarnya ”Bahwa Plaza Kuliner  tersebut bukan tempat karantina melainkan tempat penampungan sementara saja, Makanya itu spanduk pemberitahuan kami pasang agar tidak terjadi salah paham lagi.

Terkait dengan lokasi karantina ODP di Kabupaten Bangka Barat, pihak pemerintah telah menyiapkan satu lokasi yaitu Gedung Diklat BKPSDM yang berda di Kompleks perkantoran pemkab, dan lokasi itu cukup memadahi, baik dari segi kamar, ruangan maupun ketersediaan air dan sarana penunjang lainnya dan lokasi tersebut cukup jauh dari lingkungan pemukiman warga.

Selain itu juga menghimbau kepada masyrakat  yang berencana ingin menyebrang melalui pelabuhan Tanjung Kalian agar tidak berangkat kepelabuhan selain hari Minggu (sesuai jadwal penyebrangan saja), sehingga tidak terjadi penumpukan calon penumpang di plaza Kuliner (rumah singgah) seperti beberapa hari lalu”. tutup kabid

Sumber: disparbudbabarPenulis: SAPFotografer: Parbudbabar@2020Editor: nov@Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

Pages