Subscribe to Berita Disparbud Bangka Barat feed
Updated: 2 hours 36 min ago

Lomba Olah Raga Wisata (Lomba Gasing 2019)

Mon, 10/21/2019 - 14:57

Muntok Bangka Barat,

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangka Barat kembali menggelar lomba gasing bertempat di gelanggang gasing Baturakit kecamanatan Muntok, Kamis (17/10). Acara ini dibuka oleh Bupati Bangka Barat yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati, Antoni Pasaribu.

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  perwakilan dari Polres Bangka Barat, perwakilan Kodim 0431, Ketua Persatuan Gasing Seluruh Indonesia (PERGASI) Bangka Belitung, Camat Muntok dan tamu undangan lainnya.

Lomba gasing telah menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Disbudpar Kabupaten Bangka Barat, Tahun ini sebanyak 120 peserta akan berlaga memperebutkan total hadiah Rp 7,7 Juta Rupiah. Selain dari Bangka Barat, peserta lomba juga berasal dari Bangka Tengah dan Belitung Timur. Perlombaan yang berlangsung selama 3 hari ini terbagi menjadi 2 kategori untuk putra dan putri. Ketua pelaksana Romi’at mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempertahankan warisan budaya dan melestarikan olahraga tradisional serta memberikan manfaat optimal bagi sektor pariwisata sehingga dapat mempromosikan daya tarik wisata kabupaten Bangka Barat. Seperti yang diketahui bahwa gasing merupakan salah satu bentuk permainan rakyat tradisional yang awalnya merupakan permainan untuk mengisi waktu senggang dan sebagai sarana hiburan.Dalam sambutnya Antoni yang mewakili Bupati Bangka Barat mengharapkan lomba gasing menjadi media dalam membangun semangat masyarakat, khususnya generasi muda dalam menggali, mengenali dan memahami nilai-nilai dari berbagai permainan rakyat yang ada dalam kearifan dan tata nilai yang khas serta mencintai dan bangga memainkannya. “Saya mengharapkan permainan tradisional ini khususnya di kabupaten Bangka Barat harus terus menerus dikembangkan untuk mempertahankan wisata budaya dan juga perlu dikembangkan agar memberi manfaat yang optimal bagi sektor pariwisata sehingga dapat mengundang wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung ke Bangka Barat.” kata Antoni

Terpisah Ketua PERGASI Bangka Belitung, Agus, MD sangat mengapresiasi lomba gasing ini yang setiap tahunnya dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan berharap kedepan Bangka Barat menjadi tempat dan tujuan orang untuk belajar tentang gasing.

Final sekaligus pengumuman juara dan penutupan dilakukan pada hari minggu pukul 10.00 WIB, untuk Juara Kategori Putra : Juara 1 Andre dari Bangka Tengah, Juara 2 Pawai dari Belo Laut (Bangka Barat), Juara 3 Sairum dari Limbung (Bangka Barat), Juara 4 Mawi dari Bangka Tengah. untuk Gasing Kategori Puteri : Juara 1 Ayu dari Jungku (Bangka Barat), Juara 2 Juwita dari Simpang Tiga (Bangka Barat), Juara 3 Menik dari Simpang Tiga (Bangka Barat), Juara 4 Juna dari Jungku (Bangka Barat). untuk hadiah hiburan Kategori Putera Andri Belo Laut (Bangka Barat), Suheri Belo Laut (Bangka Barat), Roli (Bangka Tengah), Ario (Bangka Tengah) dan hadiah hiburan Kategori Puteri : Kartika Jungku (Bangka Barat), Ani Jungku (Bangka Barat), Meilawati Muntok (Bangka Barat), Parmawati (Belitung Timur).

Sumber: Disparbud Bangka BaratPenulis: NovabroFotografer: Lominous, Ria SusmaEditor: Romeo RanggiBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

Hutan Wisata dan Camping Ground Rimba Menambar Desa Kapit Kecamatan Parittiga

Fri, 10/11/2019 - 14:54

Muntok, Bangka Barat

HUTAN WISATA DAN CAMPING GROUND RIMBA MENAMBAR DESA KAPIT

          Desa Kapit yang terletak di Kecamatan Parittiga Kabupaten Bangka Barat dengan jarak ± 13 km dari ibukota Kecamatan Parittiga dan ± 90 km dari Kota Muntok Ibukota Kabupaten Bangka Barat. Desa ini memiliki beragam potensi SDA seperti pertanian, perikanan, kehutanan, tambang dll. Saat ini, Desa Kapit fokus melakukan pengembangan hutan Rimba Menambar sebagai lokasi hutan wisata dan camping ground baik untuk pelajar maupun masyarakat umum. Hutan ini memiliki luas ± 23,22 ha dengan jarak Desa Kapit ± 500 meter. Aparatur Pemerintah Desa dan masyarakat saat ini telah membangun beberapa sarana pendukung seperti jalan, toilet, lokasi perumahan, gazebu. Untuk kedepannya fasilitas sarana prasarana ini akan terus ditingkatkan dengan memanfaatkan anggaran APBDES, APBD Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, APBD Provinsi Bangka Belitung dan dana pusat maupun CSR perusahaan yang melekat pada APBDES.

Pada tahun 2009 ini kepala Desa Kapit telah melakukan kerjasama dengan UBB melalui KKN tematik, guna mengidentifikasi berbagai macam jenis pohon yang telah diberikan nama sebagai bahan untuk pembelajaran bagi pelajar maupun masyarakat umum untuk menjual jenis-jenis pohon. Pada tahun 2020 kerjasama ini dilanjutkan kembali melalui KKN pemberdayaan untuk pengembangan lokasi hutan tersebut sebagai hutan wisata dan camping ground.

 

Sumber: Disparbud Kab. Bangka BaratPenulis: Romeo RanggiFotografer: Fuad Al AzizEditor: NovabroRomeo RanggiBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

Ayo Dukung Rumah Bung Karno

Wed, 10/02/2019 - 15:32

Ayo dukung rumah Bung Karno dari Kabupaten Bangka Barat sebagai Situs Sejarah Terpopuler di ajang Anugerah Pesona Indonesia, vVote melalui aplikasi Praja TV, download melalui bit.ly/prajatv

 

Sumber: Dinas Pariwisata dan KebudayaanPenulis: NovabroBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia