Subscribe to Berita Humas Bangka Barat feed
Updated: 37 min 33 sec ago

PENUTUPAN PAMERAN BANGKA BARAT FAIR 2019 RIBUAN MASYARAKAT PADATI LAPANGAN ATLETIK

Sat, 07/20/2019 - 11:09

Muntok, 19/7/19__Bupati Bangka Barat Markus menutup secara resmi pameran Bangka Barat Fair 2019, Jumat malam (19/7), dilapangan atletik Pemkab Bangka Barat.

Penutupan Pameran Bangka Barat Fair atau pameran investasi Kabupaten Bangka Barat 2019 di padati ribuan masyarakat yang ingin menyaksikan hiburan penutup pameran bangka barat fair 2019, yang menghadirkan artis ibu kota Wika Salim.

Dalam sambutannya Bupati Markus mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, semua stakeholder dan kepada semua masyarakat bangka barat khususnya yang telah mensukseskan dan meramaikan bangka barat fair ini.

"Tujuan utama dalam penyelenggaraan pameran ini adalah agar masyarakat mengetahui realisasi capaian program dan kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan pemerintah daerah melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan unsur swasta, karena tahun ini menampilkan bermacam-macam informasi program kegiatan, bermacam-macam inovasi, kreasi dan beragam kreativitas." Ungkapnya.

Markus juga menambahkan bahwa sudah saatnya kita membuat inovasi-inovasi disegala bidang, banyak potensi yang ada di negeri sejiran setason kita ini namun belum terkelola dengan baik, oleh karena itu mari kita bersama-sama untuk membangun, menjaga dan melestarikan serta mengembangkan keragaman potensi tersebut sehingga dapat tercapai masyarakat yang maju, sejahtera dan berkualitas.

Selain Bupati turut hadir pada penutupan Pameran Bangka Barat Fair tersebut Asisten bidang perekonomian dan pembangunan provinsi babel mewakili gubernur babel, Dandim bangka barat, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Bangka Barat, Kepala Kantor Vertikal, kepala BUMN dan BUMD, anggota PKK, DWP serta organisasi perempuan se-Bangka Barat.

Disela acara penutupan Bupati Bangka Barat menyerahkan piala kepada tiga stand terbaik, serta penyerahan sertifikat tanah kepada UKM dari Badan Pertanahan Nasional Bangka Barat.

Sumber: HumasPenulis: roeFotografer: Seprizal3Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

PERINGATAN HARGANAS 2019 KABUPATEN BANGKA BARAT DI LAKSANAKAN DI DESA PANGEK

Tue, 07/16/2019 - 13:30

Muntok, 16/7/19__Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVI tingkat Kabupaten Bangka Barat tahun 2019, yang dilaksanakan di lapangan bola Desa Pangek Kecamatan Simpiang Teritip, selasa (16/7).

Kegiatan Harganas ke XXVI yang dilaksanakan sehari penuh ini mengangkat tema “Hari Keluarga Hari Kita Semua” dengan slogan “Cinta Keluarga Cinta Terencana”, sekaligus penyelenggaraan Bhakti Sosial Bhayangkara KB Kesehatan Tingkat Provinsi Bangka Belitung 2019, dimana tahun ini Kabupaten Bangka Barat menjadi tuang rumah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Bangka Barat, Gubernur Provinsi Babel yang diwakili Staf Ahli bidang Pemerintahan dan Hukum, Kepala BKKBN Provinsi Babel, Kapolda Babel diwakili Wadirbinmas, Perwakilan Koren 045 Garuda Jaya, Unsur Forkopimda Bangka Barat, Camat dan Kades se Bangka Barat, serta organisasi wanita se-Bangka Barat.

Dalam sambutannya Bupati Bangka Barat Markus mengungkapkan bahwa kegiatan ini menjadi moment untuk memberikan penghargaan nyata bagi seluruh insan serta kader-kader penggerak pembangunan dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga dalam pelayanan keluargan berencana dan kesehatan.

“Ini merupakan salah satu upaya untuk menggali, menggerakkan dan mengembangkan potensi masyarakat kesehjateraan keluarga menuju keluarga kecil bahagia sejahtera, dan dapat menjadi pilar peradaban bangsa, hal ni tidak bisa dipungkiri jika setiap keluarga memiliki kekuatan dan ketahanan akan terciptanya masyarakat yang kuat terhadap tantangan dan permasalahan yang ada.” Ujarnya.

Markus juga berharap agar kegiatan ini dapat memberikan daya ungkit untuk meningkatkan capaian program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBKP), yaitu pendewasaan usia perkawinan, pengaturan jarak kelahiran,pemberdayaan dan pembinaan ketahanan keluarga, pemberdayaan ekonomi keluarga serta pengendalian penduduk.

Dalam kegiatan tersebut juga digelar pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, pelayanan pembuatan KTP, gelar dagang kelompok UPPKS/UP2KS.

Sumber: HumasPenulis: roeFotografer: roeBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

PESTA KEMBANG API TANDAI BANGKA BARAT FAIR RESMI DIBUKA

Tue, 07/16/2019 - 07:10

Muntok, 15/7/19__Pemukulan beduk secara serentak oleh Bupati Bangka Barat, Kepala kejaksaan Negeri, dan Damdim 0431 Bangka Barat, di saksikan unsur Forkopimda lainnya Sekda Bangka Barat serta ketua pelaksana Bangka Barat Fair dan Pesta kembang api menandai Bangka Barat Fair tahun 2019 dibuka secara resmi, selain kembang api pembukaan Bangka Barat Fair juga disambut dengan beragam pentas seni tari, senin malam (15/7), dilapangan atletik pemkab Bangka Barat.

Dalam Sambutannya, Bupati Markus mengungkapkan rasa syukurnya dan rasa terimakasihnya kepada seluruh peserta serta seluruh stakeholder dan semua unsur yang sudah terlibat maupun berpartisipasi dalam pelaksanaan Bangka Barat Fair tahun 2019.

"Pelaksanaan Bangka Barat Fair ini untuk memperlihatkan kepada seluruh masyarakat luas bahwa Kabupaten Bangka Barat ini memiliki potensi yang lengkap, potensi kelautan, perkebunan, perikanan, pariwisata dan banyak lagi yang menunjang pembangunan daerah." Ujar Markus.

Markus juga mengingatkan agar potensi yang sudah dimiliki ini agar dijaga, mempromosikan serta memperkenalkan potensi-potensi tersebut kepada investor maupun produsen lainnya.

Sementara itu Sekda Yunan Helmi mengungkapkan tujuan pameran Bangka Barat Fair ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat secara luas tentang pembangunan di wilayah Bangka Barat melalui standnya masing-masing.

"Selain memberikan informasi, di pameran ini juga melayani masyarakat secara langsung, seperti pemeriksaan kesehatan dari Dinkes dan RSUD serta dari Dinas DPM Nakertrans itu melayani pembuatan kartu kuning dan penerimaan berkas pembuatan IMB." Tambah Yunan.

Setelah membuka secara resmi Bupati bersama unsur Forkopimda, sekda serta kepala OPD dilingkungan Pemkab Bangka Barat berkeliling mengunjungi stand pameran.

Sumber: HumasPenulis: roeFotografer: HumasBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

SEKDA YUNAN BERANGKATKAN CALON JEMAAH HAJI BANGKA BARAT

Sat, 07/13/2019 - 10:58

Kelapa, 13/7/19__Pemerintah Kabupaten Bangka Barat berangkatkan sebanyak 98 calon jemaah haji dari masjid shirotul mustaqin kelapa, sabtu pagi (13/7), dilepas secara langsung oleh Sekretaris Daerah Drs. H. Yunan Helmi, M. Si didampingi Asisten Pemerintahan dan Sosial, Camat Kelapa dan Kabag sosial dan Kemasyarakatan.

Yunan Helmi meminta kepada semua calon jemaah haji agar dapat mendoakan Kabupaten Bangka Barat, agar selalu mendapat berkah dan rahmat dari ALLAH, dan masyarakat nya semuanya makmur dan sejahtera.

"Saya harap semoga calon jemaah haji sampai ke tujuan dan pulang kembali kerumah dalam keadaan sehat walafiat, serta dapat menjadi haji/haja yang mabrur/mabruroh." Ujar Yunan sebelum melepas keberangkatan calon jemaah haji.

Yunan juga menjelaskan bahwa untuk keberangkatan calon jemaah haji Kabupaten Bangka Barat tahun ini dibagi menjadi 2 kloter yaitu kloter 8 dan kloter 9, untuk kloter 8 sendiri terdiri dari kecamatan Kelapa sebanyak 43 orang, dari kecamatan Tempilang 42 orang, Kecamatan Simpang Teritip sebanyak 10 orang, dan dari kecamatan Jebus sebanyak 3 orang diberangkatkan hari ini dan sisanya diberangkatkan pada esok hari tanggal 14 juli.

Sumber: HumasPenulis: roeFotografer: Seprizal3Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

53 PNS BANGKA BARAT IKUT PORPROV KORPRI

Wed, 07/10/2019 - 13:30

Muntok, 10/7/19__Pemerintah Kabupaten Bangka Barat ikut ambil bagian dalam perhelatan Pekan Olahraga Provinsi Korpri 2019 di Pangkalpinang dengan mengirimkan 53 orang PNS Bangka Barat yang tergabung dalam kontingen Bangka Barat, yang dilepas langsung oleh Bupati Bangka Barat di depan kantor Bupati Bangka Barat, rabu pagi (10/7).

Porprov Korpri akan berlangsung selama tujuh hari, dari tanggal 11 hingga 16 Juli 2019, mempertandingkan enam cabang olahraga, yaitu, futsal, catur, tenis lapangan, tenis meja, bola voli dan bulutangkis.

Dalam sambutannya, Markus berharap kontingen Bangka Barat dapat menunjukkan prestasinya yang diwujudkan sebagai bentuk pengabdian kepada daerah Kabupaten Bangka Barat.

”Saya ikut mendoakan kontingen kita bisa meraih prestasi dengan mendulang medali emas sebanyak – banyaknya dari berbagai jenis olahraga yang dipertandingkan,” ucap Markus.

Markus juga berpesan kepada seluruh atlet agar dapat menunjukkan profesionalitas, sikap disiplin, kemampuan fisik, potensi, kreatifitas dan kerjasama yang baik, serta dapat menjaga nama baik Bangka Barat.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Drs. Rukiman selaku koordinator kontingen mengatakan, selain ajang untuk meraih prestasi, keberangkatan kontingen Bangka Barat ke Porprov Korpri juga bertujuan mempererat persatuan dan kesatuan.” Ungkap Rukiman saat menyampaikan laporannya kepada Bupati

”Ini tujuannya sebenarnya untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, tapi juga untuk meningkatkan prestasi Korps Pegawai Republik Indonesia”. Ujar Rukiman.

Sumber: HumasPenulis: roeFotografer: aamBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

SYUKURAN HUT BHAYANGKARA KE 73 BUPATI BERPESAN AGAR MENJAGA KEAMANAN DAN KETERTIBAN BERSAMA

Wed, 07/10/2019 - 11:30

Muntok, 10/7/19__ Usai menjadi inspektur upacara dalam rangka HUT Bhayangkara ke – 73, Bupati Bangka Barat Markus dan Kapolres Bangka Barat beserta unsur forkopimda dan seluruh undangan undangan menghadiri acara syukuran HUT Bhayangkara ke – 73, di Mako Sat Lantas Polres Bangka Barat, rabu (10/7)

Markus dalam sambutannya mengucapkan selamat ulang tahun kepada Polri dan terima kasih kepada Polres Bangka Barat yang telah bersinergi dengan Pemda Bangka Barat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Bangka Barat.

“Menjaga keamanan dan ketertiban wilayah bukan hanya pekerjaan Polri dan TNI saja, tapi seluruh unsur masyarakat Bangka Barat.” Tambah Markus.

Disela-sela acara Bupati Bangka Barat Markus menyerahkan penghargaan kepada anggota Polres Bangka Barat yang berprestasi dan juga Bupati turut menyemarakkan acara tersebut dengan bernyanyi di depan Kapolres, Dandim, Kejari, Kepala PN serta tamu undangan yang hadir pada syukuran tersebut.

Sumber: HumasPenulis: roeFotografer: 3/aamBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

BUPATI BACA AMANAT PRESIDEN SAAT UPACARA HUT BHAYANGKARA KE 73

Wed, 07/10/2019 - 10:30

Muntok, 10/7/19__Bupati Bangka Barat menjadi Inspektur Upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke – 73, yang digelar di Lapangan Gelora, Muntok, rabu (10/7).

Bupati Bangka Barat, Markus, SH, membacakan amanat Presiden RI, Joko Widodo, mengapresiasi kinerja Polri dalam mengamankan berbagai agenda penting di NKRI, termasuk kinerja mengungkap kejahatan lintas negara dan pemeliharaan keamanan dalam negeri yang selalu kondusif.

”Capaian tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh personel Polri, dengan dukungan mitra kerja dan masyarakat. Oleh karena itu, dalam kesempatan yang penuh dengan kebahagiaan ini. saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh personel Polri di mana pun saudara mengabdi,” sebut Markus.

Berbagai capaian tersebut, lanjut Markus, diharapkan tidak membuat institusi Polri cepat berpuas diri, namun sebaliknya, menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, apalagi ke depan tantangan yang dihadapi Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri akan semakin kompleks.

Upacara HUT Bhayangkara ke 73, diikuti seluruh jajaran Polres Bangka Barat, anggota TNI, Sat Pol PP, Lapas Mentok, Senkom, Satpam PT Timah, Dishub dan Ormas.

Selain Bupati dan Kapolres Bangka Barat turut hadir juga seluruh unsur Forkopimda Bangka Barat dan organisasi-organisasi masyarakat.

Sumber: HumasPenulis: roeFotografer: aamBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

BUPATI LEPAS 185 CALON JEMAAH HAJI BANGKA BARAT

Tue, 07/09/2019 - 12:30

Muntok, 9/7/19__Pemerintah Kabupaten Bangka Barat menggelar acara Walimatus Safar Jemaah Haji Kabupaten Bangka Barat Tahun 1440 H/2019 M, di rumah dinas Bupati, selasa pagi (9/7).

Tampak hadir pada acara tersebut Bupati Bangka Barat, Unsur Forkopimda, Sekda Bangka Barat, Kepala OPD Pemkab Bangka Barat, tokoh agama dan masyarakat serta Ustad. H. abdul Rahim sebagai penceramah.

Bupati Bangka Barat Markus mengucapkan selamat kepada seluruh calon jemaah haji yang akan berangkat ketanah suci pada tahun ini.” Ungkap Markus saat menyampaikan sambutannya.

“Saya harap para jama’ah jaga kesehatan, peka terhadap situasi dan kondisi, ikuti rangkaian ibadah sesuai
dengan jadwal dan peraturan, tertib dan fokus serta ikuti petunjuk panitia haji dan dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar dan dapat kembali ke tanah air dengan selamat.” Pesan Markus.

Dalam kesempatan tersebut Pemerintah Kabupaten Bangka Barat menyerahkan bantuan uang saku dan al-qur’an kepada seluruh calon jemaah haji yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati dan Sekda.

Ditemui setelah acara tersebut, Sekda Yunan Helmi mengatakan semoga selamat pergi dan dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik serta kembali ke bangka barat dengan selamat dan menjadi haji yg mabrur dan mabruroh. Mohon doa untuk bangka barat menjadi negeri yang baidatun toyyibatun warabbun ghofur.

“Untuk tahun ini Bangka Barat akan memberangkatkan 185 orang calon jemaah haji, dan diberangkatkan menjadi 2 kloter, yaitu kloter 8 yang akan diberangkatkan pada tanggal 13 juli nanti dan kloter 9 diberangkatkan pada tanggal 14 juli, namun tahun ini ada 2 orang calon jemaah  yang tidak bisa berangkat dikarenakan sakit.” Tambah Yunan.

Sumber: HumasPenulis: roeFotografer: 3Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

PERINGATAN HUT POL PP, SATLINMAS DAN DAMKAR BUPATI : TINGKATKAN KOMPETENSI DAN KETERAMPILAN ANGGOTA

Mon, 07/08/2019 - 11:30

Muntok, 8/7/19__Bupati Bangka Barat, Markus, SH menjadi Inspektur upacara pada peringatan HUT Pol PP ke 69, HUT Satlinmas ke 57 dan HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) ke 100 tahun 2019 Kabupaten Bangka Barat di lapangan atletik pemkab Bangka Barat, senin (8/7).

Pada upacara tersebut Bupati menyampaikan bahwa pada tidak hanya dijadikan forum untuk mengenang masa lalu, namun untuk meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat serta untuk memberikan pelayanan terbaik.

“Mengingat tugas dari Pol PP, Satlinmas dan Damkar sangat vital, maka kedisiplinan, pengetahuan, keterampilan dan kompetensi seluruh anggota dapat ditingkatkan lagi, sehingga dapat berguna pada saat kegiatan pada penegakan peraturan daerah, perlindungan masyarakat, pemeliharaan ketertiban umum, ketentraman masyarakat, pencegahan dan pemadaman kebakaran.”

Pada peringatan HUT Pol PP, Satlinmas dan Damkar tahun 2019 tersebut Bupati Bangka Barat menyematkan topi baret kepada anggota Sat Pol PP dan anggota damkar yang baru selesai mengikuti Pendidikan dasar dan para angggota Damkar menggelar simulasi evaluasi penyelematan korban kebakaran sedangkan anggota Pol PP menggelar simulasi atraksi bela diri perlindungan kepala daerah.

Selain Bupati Turut hadir pada upacara tersebut, unsur forkopimda, Perwakilan Sat Pol PP Provinsi Babel, Kepala OPD Dilingkungan Pemkab Bangka Barat.

Sumber: HumasPenulis: roeBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

3 SISWA SD DARI BABAR WAKILI BABEL KE TINGKAT NASIONAL DALAM AJANG OSN

Thu, 06/27/2019 - 15:56

Muntok, 27/6/19__Tiga siswa sekolah dasar masing-masing dua dari SD Tunas Harapan Muntok dan satu dari SD Santa Maria Muntok mewakili Kabupaten Bangka Barat dan Provinsi Bangka Belitung dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Nasional.

Ketiga siswa tersebut berkesempatan bertemu Bupati Bangka Barat, Markus diruang kerjanya di dampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat, untuk meminta dukungan, doa serta masukan dari Bupati.

"Kita sangat bangga karena ada yang mewakili Kabupaten Bangka Barat khususnya mewakili Provinsi Babel dalam ajang Olimpiade Sains ke level Nasional, ini sebagai motivasi untuk pelajar lainnya yang ada di Bangka Barat." Ujar Markus.

Saya atas nama pribadi dan pemerintah sangat mendukung penuh serta saya juga mendoakan agar ketiga pelajar SD dari Bangka Barat ini dapat meraih juara di ajang OSN tingkat Nasional, dan saya harap ini dapat bertahan dan dapat meningkatkan semangat pendidikan di Bangka Barat." Tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Rukiman mengatakan bahwa tahun ini peserta yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional ini berasal dari Kabupaten Bangka Barat sebanyak tiga yaitu Erick Christian dan Muhammad Revan Fadillah yang berasal dari SD Tunas Harapan Muntok dan Jovan Alvaro Widjaja dari SD Santa Maria Muntok.

"Mereka bertiga akan mengikuti OSN tingkat Nasional pada tanggal 30 Juni sampai 6 Juli 2019 nanti, namun sebelumnya mereka akan mengikuti training camp (TC) di Pangkalpinang tanggal 28 - 30 Juni 2019, mudah-mudahan mereka dapat meraih prestasi di tingkat Nasional." Ungkap Rukiman.

Sumber: HumasPenulis: roeFotografer: aldoBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

BANGKA BARAT TAMPILKAN TARI PERANG KETUPAT DAN TARI CAMPAK DI BALI

Sun, 06/23/2019 - 13:30

Karangasem_Bali, 22/6/19__Festival Pusaka Nusantara ke VII yang di ikuti sebanyak 25 peserta dari Kabupaten/Kota se-Indonesia yang di laksanakan di Kota Amlapura Kabupaten Karangasem (22/6), menampilkan seni budaya dari masing-masing dari Kabupaten/Kota.

Tidak ketinggalan pula delegasi dari Kabupaten Bangka Barat yang menampilkan seni tari konjat kanjit perang ketupat dan tari campak yang di tampilkan di depan seluruh Kepala Daerah dan masyarakat Bali khusunya masyarakat Karangasem yang hadir pada Fertival tersebut.

Menurut Kabid Kebudayaan Dinas Parbud Bangka Barat Haryo Bambang Suseno yang akrab dipanggil Seno ini mengatakan bahwa kedua tari yang di tampilkan dalam fetival pusaka nusantara ini merupakan tarian khas dari pulau bangka.

"Untuk tari konjat kanjit perang ketupat ini adalah tari kreasi yang menggabungkan gerak dasar tari kedidi dan tari serimbang. Tari kedidi adalah tari dengan unsur gerak silat kampung, sedangkan tari serimbang adalah tari penyambutan tamu agung, dan tari ini juga sebagai tari pembuka bagi tradisi perang ketupat.

Sedangkan tari campak merupakan tari tradisional yang biasa ditarikan berpasangan oleh muda-mudi yang menunjukkan keceriaan dalam pergaulan mereka. Tari campak juga memperlihatkan keluwesan, kegembiraan dan sikap keterbukaan, yang menjadikan tari ini lekat sebagai tari pergaulan hingga saat ini. Tambah Seno saat ditemui disela pagelaran seni.

Tari konjat kanjit perang ketupat dari Bangka Barat di tampilkan saat pawai festival pusaka nusantara, sedangkan penampilan tari campak ditampilkan pada malam pagelaran seni di taman budaya karangasem.

Sumber: HumasPenulis: roeFotografer: roeBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

HADIRI FPN KE-VII, BUPATI BERHARAP BANGKA BARAT JADI TUAN RUMAH

Sat, 06/22/2019 - 17:28

Karangasem,Bali, 22/6/19__Bupati Bangka Barat menghadiri Festival Pusaka Nusantara ke 7 yang merupakan rangkaian dari kegiatan Rakernas Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang mengangkat tema "Pusaka Adalah Jiwanya Budaya Bangsa" yang dilaksanakan di kota Amlapura Kabupaten Karangasem Bali, sabtu (22/6).

Festival Pusaka Indonesia ke 7 ini di ikuti 25 Kabupaten/Kota se Indonesia yang tergabung pada Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI), termasuk salah satunya adalah Kabupaten Bangka Barat yang merupakan anggota dari JKPI, sekaligus merayakan hari jadi kota Amlapura ibukota Kabupaten Karangasem yang ke 379.

Menurut Bupati Bangka Barat Markus, acara ini sangat luar biasa sekali kemeriahan yang ditonjolkan atau ditampilkan setiap Kabupaten/Kota sangat menarik, dan begitu juga tuan rumahnya Kota Amlapura Kabupaten Karangasem sendiri mulai dari penyambutan para delegasi-delegasi setiap Kabupaten/Kota, begitu pula acaranya sangat baik.

"Kita berharap suatu saat nanti Bangka Barat akan menjadi tuan rumah festival pusaka nusantara, karena di Bangka Barat banyak sekali peninggalan cagar budaya, biar nantinya lebih dikenal ke tingkat nasional atau masyarakat luas". Tambah Markus saat berkunjung ke Puri Agung Karangasem.

Sementara itu Plt. Kepala Bappeda Muhammad Soleh saat mendampingi Bupati mengatakan bahwa kesiapan dari kota Amlapura sebagai tempat pelaksanaan festival pusaka nasional sangat baik sekali, mulai dari penjemputan para delegasi, acaranya dan sebagainya, dan ini akan menjadikan kota Amlapura lebih dikenal baik tingkat Nasional maupun internasional.

"Kita melihat kesiapan dari tuan rumah sangat baik, ini akan menjadi referensi kita nantinya, kita belajar apa-apa saja yang harus dipersiapkan untuk menjadi tuan rumah". Ujar soleh.

Sumber: HumasPenulis: roeFotografer: roeBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

10 ESELON II DILANTIK ULANG BUPATI : SAYA HANYA JALANI INSTRUKSI DARI KASN

Wed, 06/12/2019 - 17:30

Muntok, 12/6/19__“Pelantikan ini sudah sesuai dengan ketentuan dari Pasal 66 ayat 1 huruf c, Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan surat dari Komisi AparaturSipil Negara (KASN) tanggal 14 Maret 2019 perihal jawaban konsultasi perlu menetapkan keputusan Bupati tentang pemberhentian dan pengangkatan pejabat pratama di lingkungan Pemda Bangka Barat”. Ujar Markus.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Bangka Barat, Markus usai melantik ulang 10 pejabat pratama, di liingkungan Pemkab Bangka Barat di gedung Graha Aparatur Pemkab Bangka Barat, rabu (12/6).

Markus juga menyampaikan bahwa saya sebagai Bupati hanya melakukan dan menjalankan instruksi dai KASN agar melantik ulang pejabat pratama yang sebelumnya sudah dilantik pada bulan Januari 2019.

“Pejabat yang dilantik tidak ada yang berubah, tetap orang sama, jadi tetaplah bekerja seperti biasanya karena saya yakin orang-orang di depan ini saya sudah kenal cukup baik , buatlah kemajuan di Bangka Barat.” Tambahnya.

Kesepuluh pejabat yang dilantik tertuang pada Surat Keputusan Bupati Bangka Barat Nomor188.45/266/4.5.1.1/2019 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat tanggal 11 Juni 2019 yaitu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ridwan, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan, Antoni Pasaribu, Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah, Effendi, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Abimanyu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Muhammad Kaidi, Sekretaris DPRD, Amir Hamzah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Ismantho, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Rukiman, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Megawati dan Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaa Desa, Suradi.

Sumber: HumasPenulis: roeFotografer: triBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

PASKA LIBUR LEBARAN, BUPATI PIMPIN APEL

Mon, 06/10/2019 - 10:41

Muntok, 10/6/19__Paska libur panjang hari raya idul fitri 1440 H / 2019 M, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melaksanakan halal bi halal dan apel mingguan yang di pimpin langsung Bupati Bangka Barat, dilapangan parkir timur kantor Bupati, senin (10/6).

Apel yang yang diikuti Bupati Bangka Barat Markus. SH, Sekretaris Daerah Drs. H. Yunan Helmi, staf Ahli Bupati, Para Asisten Sekda, serta seluruh Kepala OPD dan seluruh pegawai ASN dan PHL di lingkungan Pemkab Bangka Barat ini bertujuan untuk menjalin silahturahmi sesama pegawai.

Pada kesempatan tersebut Bupati Bangka Barat Markus mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1440 H, minal aidin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh pegawai saat apel mingguan tersebut.

"Hari ini hari pertama masuk usai libur hari raya idul fitri dan ini sesuai intruksi dan surat edaran dari Mempan RB, dan saya berharap setelah libur panjang ini semua pegawai dapat bekerja lebih semangat lagi dan meningkatkan kualitas pelayanan dan meningkatkan disiplin dalam bekerja". Tambahnya.

Kegiatan diakhiri dengan halal bi halal bersama Bupati, Sekretaris Daerah, staf ahli Bupati, para asisten sekda dan seluruh kepala OPD dan seluruh ASN dan PHL di lingkungan Pemkab Bangka Barat.

Sumber: HumasPenulis: roeFotografer: aamBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

DESA BELO LAUT KEDATANGAN TIM VERIFIKASI LOMBA UP2K TINGKAT NASIONAL

Fri, 05/10/2019 - 19:00

Muntok, 10/5/19__Tim verifikasi lomba Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Tingkat Nasional datang ke Desa Belo Laut dalam rangka untuk melakukan verifikasi serta penilaian terhadap UP2K PKK Desa Belo Laut.
Kedatangan Tim verifikasi tersebut di dampingi oleh ketua PKK Provinsi Babel dan Wakil Ketua PKK Provinsi Babel tersebut langsung disambut Sekda Bangka Barat, asisten pemerintahan dan sosial setda bangka barat, sejumlah OPD Provinsi Babel dan Kepala OPD Pemkab Bangka Barat, perwakilan Unsur Forkopimda Bangka Barat, Ketua DWP Bangka Barat dan PKK Bangka Barat, Kades Belo Laut, Ketua PKK Desa Belo Laut di halaman Kantor Desa Belo Laut, Jumat (10/5).
Sekda Bangka Barat, Drs. H. Yunan Helmi menyampaikan ucapan selamat datang kepada ketua PKK Provinsi Babel beserta wakil PKK Provinsi Babel dan Tim verifikasi lomba UP2K Tingkat Nasional di Desa Belo Laut Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat Bumi Sejiran Setason.
Didepan ketua PKK dan tim verifikasi, Yunan mengungkapkan bahwa Pemberdayaan ekonomi keluarga di Kabupaten Bangka Barat dilakukan dengan membina jiwa wirausaha setiap keluarga, bantuan modal usaha, pembinaan proses produksi, pengemasan, membantu promosi dan pemasaran dalam mengembangkan kemitraan dan kemandirian. Seluruh hal tersebut dikemas dalam kelompok UP2K yang salah satunya berada di Desa Belo Laut ini.
"Untuk mewujudkan keluarga dengan ekonomi yang kuat tentulah tidak mudah, tetapi melalui kelompok UP2K ini, upaya pembinaan terus dilakukan dari berbagai instansi terkait, salah satunya oleh tim penggerak PKK baik yang ada di desa, kecamatan, kabupaten dan provinsi. Selain itu juga pembinaan terus dilakukan oleh instansi terkait secara intensif melalui sosialisasi, pelatihan dan bimtek." Tambah Yunan.
Pada kesempatan tersebut Yunan juga mengucapkan terimakasih dan bangga kepada seluruh komponen di Desa Belo Laut yang telah dapat mewakili Provinsi Babel untuk mengikuti lomba UP2K ke tingkat Nasional. Ucapan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya juga disampaikan Yunan kepada seluruh pihak yang telah mendukung penuh dan membantu dalam kegiatan ini.
Disela-sela kegiatan Yunan Helmi juga menyerahkan kenang-kenangan berupa plakat kepada tim Verifikasi UP2K, di ikuti dengan penyerahan profil Desa Belo Laut dari Ketua PKK Desa Belo Laut, kepada Ketua PKK Provinsi selanjut diserahkan kepada Tim Verifikasi UP2K.

Sumber: HumasPenulis: roeFotografer: AldoBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

SEKDA UCAPKAN SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Thu, 05/02/2019 - 17:36

Muntok, 2/5/19__”Selamat Hari Pendidikan Nasional, semoga segala upaya dan ikhtiar kita memajukan dunia pendidikan yang berkualitas dan akses layanan pendidikan bagi masyarakatsemakin terbuka, saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi, komitmen dan segala ikhtiar yang telah dilakukan oleh para pendidik dan tenaga kependidikan di Bangka Barat dalam mencerdaskan kan anak bangsa khususnya anak-anak di Bangka Barat.” Ungkap Sekretaris Daerah Yunan Helmi.

Ungkapan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Bangka Barat Drs. H. Yunan Helmi saat menjadi Pembina pada upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional 2019 Kabupaten Bangka Barat di Lapangan atletik Pemda Bangka Barat, kamis (2/5).

Yunan juga menyampaikan sebagaimana telah disampaikan oleh Presiden RI, bahwa perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan SDM, disini kekuatan pendidikan dan kebudaayaan menemukan urgensinya. Dengan itulah tema Hari Pendidikan Nasional ini mengangkat tema “menguatkan pendidikan memajukan kebudayaan.”

“Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan yang menitikberatkan pembangunan SDM yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.” Tambah Yunan saat membacakan pidato dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional terseut turut hadir Unsur Forkompimda Bangka Barat, para asisten Sekda, Kepala OPD, kepala kantor vertikal di Bangka Barat, BUMN dan BUMD, DWP, PKK serta organisasi wanita yang ada di Bangka Barat.

Sumber: HumasPenulis: roeFotografer: Seprizal3Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

48 PESERTA MERIAHKAN PAWAI TA'ARUF

Tue, 04/30/2019 - 17:29

Muntok, 29/4/19__Sebanyak 48 peserta mengikuti pawai ta'aruf keliling dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1440 H,yang mengangkat tema "Sucikan Diri Bersihkan Jiwa Menuju Ridho illahi" yang diselenggarakan Pemkab Bangka Barat, selasa pagi (29/4).

Peserta pawai ta'aruf tersebut berasal dari berbagai tingkat mulai dari PAUD sebanyak 3 peserta, TK 3 peserta, TPA 8 peserta, SD 11, SMP 8, SMA 6, majelis taklim dan umum 8 peserta.

Nampak di panggung utama terlihat Sekretaris Daerah Drs. H. Yunan Helmi di dampingi oleh Kapolres Bangka Barat, Dandim 0431 Bangka Barat, Wakil Ketua DPRD Bangka Barat, perwakilan Kejari, Asisten Pemerintahan dan Sosial, asisten administrasi dan umum, Kepala OPD, PKK dan DWP.

Ditemui setelah acara Sekda Yunan mengungkapkan atas nama pemkab Bangka Barat mengucapkan rasa terimakasihnya dan memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat pada pawai ta'aruf ini, sehingga dapat berjalan dengan lancar dan tertib.

"Ini merupakan agenda tiap tahun Pemkab  Bangka Barat, dan saya lihat tahun ini ada peningkatan atau bertambahnya peserta, serta ini merupakan syiar agama Islam, kita diingatkan oleh anak-anak kita agar jangan lupa berpuasa karena puasa itu maknanya luar biasa, dan setelah berpuasa jangan lupa bayar zakat fitrah". Tambah Yunan.

Sumber: HumasPenulis: roeFotografer: HumasBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

O2SN DAN FLS2N BANGKA BARAT BERGULIR

Sun, 04/28/2019 - 17:28

Muntok, 29/4/19__Bupati Bangka Barat pimpin pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang pendidikan SD/MI dan SMP/MTs tahun 2019, di lapangan atletik Pemkab Bangka Barat, senin (29/4).

Dalam sambutannya Bupati Bangka Barat Markus mengungkapkan atas nama pribadi dan Pemkab Bangka Barat menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini, karena pada kegiatan ini merupakan momen yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak kita untuk dapat berkreasi, berinovasi, berprestasi dan berkompetisi secara sehat sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri, dan belajar menghargai kekuatan lawan.

"Pemerintah Bangka Barat sangat berharap nantinya kontingen Bangka Barat dapat dan mampu bersaing serta berprestasi pada ajang O2SN dan FLS2N ditingkat lebih tinggi baik provinsi maupun tingkat nasional." tambahnya.

Markus juga berpesan kepada seluruh atlet agar bertanding dengan penuh semangat dan sportifitas untuk menunjukkan prestasi terbaik. Dan kepada wasit agar dapat memimpin pertandingan secara profesional, objektif dan menjunjung tinggi norma serta kehormatan wasit.

O2SN dimulai tanggal 29 april sampai 2 mei 2019 dan  mempertandingkan 5 cabang olahraga, sedangkan FLS2N dimulai tanggal 2 - 4 Mei 2019 dan akan mempertandingkan 8 cabang perlombaan. 

Sumber: HumasPenulis: roeFotografer: HumasBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

BANGKA BARAT GELAR HKB

Fri, 04/26/2019 - 13:30

Muntok, 26/5/19__Kabupaten Bangka Barat melaksanakan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), jumat (26/4) di kampung iklim teluk rubiah kecamatan Muntok. Kegiatan HKB ini dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia setiap tanggal 26 april, pelaksanaan HKB ini merupakan pelaksanaan kedua di Bangka Barat.

Dalam peringatan HKB tersebut turut hadir Bupati Bangka Barat, Kepala Basarnas Provinsi Babel, Kalak BPBD Provinsi Babel, unsur forkopimda Bangka Barat, Sekda Bangka Barat, BMKG Pangkalpinang, PT Timah. Tbk, sejumlah OPD di lingkungan pemkab Bangka Barat, para perusahaan sawit dan penggerak usaha, anggota TRC Provinsi Babel, PMI Bangka Barat, Orari, Rapi, serta para relawan BPBD dan Tagana Bangka Barat.

Dalam sambutannya Bupati Bangka Barat Markus mengungkapkan bahwa tujuan peringatan HKB ini adalah untuk membangun kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana dengan cara mengajak semua pihak, terutama masyarakat untuk latihan kesiapsiagaan bencana.

"Sesuai dengan tema HKB tahun ini adalah kesiapsiagaan dimulai dari diri kita, keluarga dan komunitas. Karena dari beberapa pengalaman yang paling menentukan adalah penguasaan pengetahuan penyelamatan yang dimiliki oleh diri sendiri, keluarga serta komunitas." Tambah Markus.

Markus juga mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat Bangka Barat agar kita bersama-sama menjaga lingkungan jangan sampai rusak, niscaya alam juga akan menjaga kita.

Sementara itu kepala dinas Satpol-PP penanggulangan bencana dan Damkar Kabupaten Bangka Barat, Sidarta Gautama mengungkapkan bahwa kegiatan ini terlaksana berkat partisipasi aktif dari 3 komponen atau 3 pilar yaitu pemerintah, dunia usaha dan masyarakat.

"Kegiatan HKB tahun ini sengaja diambil di daerah pantai karena bangka barat merupakan daerah yang dominan dari segi bencananya adalah banjir. Selain itu kegiatan HKB ini dibagi dalam beberapa kegiatan pertama pengujian sirine peringatan dini bencana secara serentak, simulasi evakuasi bencana dan penanaman pohon mangrove.

Disela-sela kegiatan Bupati Bangka Barat membacakan “Deklarasi Siaga Bencana Serentak” yang diikuti oleh seluruh peserta peringatan HKB 2019, selanjut Bupati Bangka Barat beserta kepala Basarnas, Kalak BPBD Babel, Sekda Bangka Barat berserta tamu undangan lainnya menyaksikan simulasi evakuasi korban bencana banjir yang di peragakan oleh para relawan. Bupati Bangka Barat juga menerima cindera mata dari Kepala Basarnas Babel.

Sekretaris Daerah Bangka Barat Drs. H. Yunan Helmi ditemui disela kegiatan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan semua unsur terkait atas dukungan, partisipasinya terhadap pelaksanaan kegiatan acara tersebut, sehingga dapat terlaksana dengan lancar.

Sumber: HumasPenulis: RoeFotografer: HumasBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

PEMKAB BANGKA BARAT LAKUKAN REMBUK STUNTING 2019

Thu, 04/25/2019 - 09:30

Mentok, 24 April 2019 - bertempat di Graha Aparatur, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Bappelitbangda laksanakan Rembuk Stunting. Dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah, Drs. H. Yunan Helmi, M. Si, acara juga dihadiri oleh tenaga ahli Kementerian Dalam Negeri RI, Kepala Bappelitbangda Provinsi, Kepala Dinkes Provinsi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi dan Kepala Desa yang mendapat prioritas intervensi stunting. 
Dalam sambutannya, Sekda Yunan menyebutkan bahwa rembuk stunting merupakan langkah yang harus dilakukan Pemda untuk memastikan terjadinya integrasi pelaksanaan intervensi penurunan stunting secara bersama-sama lintas sektoral.
"Angka stunting di Bangka Barat sebesar 16,76%. Stunting harus dicegah sedini mungkin untuk menghindari dampak jangka panjang yang memengaruhi tingkat imunitas tubuh dan perkembangan otak anak. Perkembangan otak yang tidak maksimal pada akhirnya akan memengaruhi tingkat kecerdasan dan produktivitas anak nantinya", jelasnya. 
"Oleh karena itu, konfirmasi, sinkronisasi dan sinergi hasil analisis situasi dan rancangan rencana kegiatan intervensi stunting ini harus kita lakukan untuk memastikan pelaksanaan dan kesinambungannya", sambungnya.
Disebutkan oleh Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, peserta rembuk stunting 2019 ini terdiri dar kepala OPD, kepala desa yang  berjumlah 28 orang yang merupakan desa prioritas intervensi stunting, Kepala perwakilan kementerian Agama Bangka Barat, Unit Metalurgi PT Timah, Forum Sejiran Setason Sehat, dan Forum Anak Kabupaten Bangka Barat.

Sumber: HumasPenulis: HumasFotografer: Aldo & AamBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

Pages