Subscribe to Berita Humas Bangka Barat feed
Updated: 1 hour 34 min ago

PERINGATAN ISRA MI'RAJ, BUPATI : MARI TINGKATKAN UKHUAH ISLAMIYYAH

Tue, 04/17/2018 - 14:51

Bupati Bangka Barat, Drs. H. Parhan Ali, MM bersama unsur Forkominda Bangka Barat, Sekda Bangka Barat, Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Bangka Barat, Ketua PKK Bangka Barat, Ketua DWP Bangka Barat, BUMN dan BUMD serta tokoh agama dan masyarakat menghadiri peringatan  Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1439 Hijriah/2018 M di rumah dinas Bupati Bangka Barat selasa (17/4).

Dalam sambutannya, Parhan mengajak semua umat islam untuk tingkatkan ukhuah islamiyyah,  demi menatap masa depan yang lebih cerah menuju visi keagamaan di Bangka Barat yaitu beriman dan bertaqwa, berahlak mulia, disiplin dan amanah.''ujar Parhan. 

''Sudah sewajarnya kita mengenal lebih dekat junjungan Nabi besar Muhammad SAW, semua itu semata-mata untuk meningkatkan iman dan taqwa kita, menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.''tambah Parhan. 

Selain itu, Parhan juga mengajak untuk bersama-sama memantapkan dan meningkatkan kualitas ibadah, sehingga menjadikannya sebagai kebutuhan bukan sebatas kewajiban yang harus ditunaikan.

Peringatan isra mi'raj ini mengangkat tema ''tingkatkan keimanan umat menuju bangka barat hebat 2021'' ini mendatangkan Ust. H. ZAKWAN, S. Ag untuk memberikan tausiyah dalam peringatan tersebut.

Sumber: HumasPenulis: HeruFotografer: Aam FlashBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

Sungaidaeng dan Kayu Arang Wakili Bangka Barat dalam Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi

Tue, 04/17/2018 - 08:31

MUNTOK, 16 April 2018 - Kelurahan Sungaidaeng,  Kecamatan Muntok dan Desa Kayu Arang Kecamatan Kelapa mewakili Bangka Barat dalam evaluasi perkembangan desa/kelurahan tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung setelah mengalahkan Desa/kelurahan lainnya di Kabupaten Bangka Barat. Penilaian tahapan klarifikasi lapangan dilakukan oleh tim penilai Desa/Kelurahan tingkat Provinsi di masing-masing Desa/Kelurahan,  Senin (16/4).

Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat,  H Yunan Helmi, M.Si yang hadir dalam acara penilaian di Kelurahan Sungaidaeng  memberikan apresiasi kepada Kelurahan Sungaidaeng yang telah terpilih sebagai kelurahan terbaik di Bangka Barat. Menurut Yunan hal itu menjadi wajar karena Sungaidaeng memiliki banyak potensi unggulan untuk dikembangkan. 

"Kegiatan di Sungaidaeng sudah tidak diragukan lagi,  apresiasi kami kepada Sungaidaeng yang telah dua kali mewakili Bangka Barat ke tingkat provinsi. Semoga tahun ini mendapat hasil terbaik" ujarnya. 

Menurut Yunan,  Penilaian Desa/Kelurahan ini merupakan salahsatu dari wujud nyata upaya untuk mendorong tumbuh kembangnya prakarsa dan swadaya masyarakat dalam pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat. 

Sementara itu, Lurah Sungaidaeng,  Febriansyah mengatakan bahwa kelurahannya memiliki berbagai potensi untuk dikembangkan menjadi kelurahan yang berdaya saing di tingkat provinsi. Menurut Febri, berbagai pembenahan telah dilakukan dalam upaya penyempurnaan dengan inovasi yang dilakukannya. 

" Setelah tahun 2017, kini Sungaidaeng berturut-turut menunjukkan ada potensi yang bisa diangkat dan promosikan menjadi kelurahan yang berdaya saing, pembenahan terus dilaksanakan,  penyempurnaan dengan inovasi yang dilakukan.  Dengan Pemberdayaan masyarakat, swasta serta  kemitraan,  serta tidak lepas dukungan dari berbagai pihak,  kita berharap kelurahan ini menjadi lebih baik.” Ujarnya.

Menurut Febriansyah, Program unggulan seperti “Laskar Hijau” dalam pengelolaan sampah, Program Kelurahan berbagi untuk membantu warga miskin, pemanfaatan toga, dapur siaga bencana serta penggunaan dana Satam  Emas untuk kemanfaatan masyarakat, diharapkan mampu menjadi nilai tambah bagi kelurahan Sungaidaeng. (*)

Sumber: Bagian KomunikasiPenulis: M. MuhaiminFotografer: Tri SeprizalBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

BUPATI DAN WAKIL BUPATI PERTAMA DI COKLIT

Tue, 04/17/2018 - 08:14

Muntok, 17 April 2018__Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) kecamatan Muntok, didampingi ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Barat, Komisioner KPU Prov. Babel, Ketua PPK Kecamatan Muntok dan PPL Kelurahan Sungai Daeng, mendatangi rumah dinas Bupati Bangka Barat untuk melakukan pencocokan data pemilih untuk pemilu tahun 2019 mendatang, selasa (17/4).

Kedatangan rombongan KPU Bangka Barat dan petugas Pantarlih ini langsung disambut oleh Bupati Bangka Barat, Drs. H. Parhan Ali, MM beserta istri Hj. Annisa Parhan, hal ini berkenaan untuk melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih pertama di Bangka Barat. Petugas Pantarlih langsung mencatat data bupati beserta istri sebagai data pemilih dalam pemilu 2019, petugas juga menempelkan stiker coklit di depan rumah dinas bupati.

Dihari yang sama Petugas Pantarlih kecamatan Simpang Teritip juga melakukan pemuktahiran dan penelitian data pemilih terhadap Wakil Bupati Bangka Barat, Markus, SH. Petugas Pantarlih Kecamatan Simpang Teritip juga menetapkan Wakil Bupati sebagai pemilih pemilu 2019 dan menempelkan stiker coklit di kediaman Wakil Bupati.

Sumber: HumasPenulis: HeruFotografer: Aam FlashEditor: HumasBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

BUPATI IKUTI APEL COKLIT

Tue, 04/17/2018 - 08:00

Muntok, 17 April 2918__Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Barat  melaksanakan apel siaga pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pemilu 2019 secara serentak seluruh indonesia, selasa (17/4).

Apel yang diselenggarakan di halaman parkir kantor KPU Bangka Barat dikuti oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Kecamatan Muntok, dilakukan secara serentak di 133 kabupaten/kota di 17 provinsi di Indonesia.

Bupati Bangka Barat, Drs. H. Parhan Ali, MM, menyempatkan hadir untuk mengikuti apel siaga coklit tersebut, bersama komisioner KPU provinsi babel, ketua KPU Bangka Barat, ketua panwaslu Bangka Barat, danramil muntok, Ketua Partai Politik Bangka Barat, serta PPK dan PPL di kecamatan muntok.

Apel coklit ini menandai dimulainya proses pemuktahiran data pemilih pemilu 2019, coklit ini dilaksanakan mulai tanggal 17 April hingga 17 Mei 2018. Coklit ini dilakukan, baik bagi pemilih di dalam negeri maupun di luar negeri.

Setelah apel coklit, anggota Pantarlih bersama ketua KPU Bangka Barat, Ketua Panwaslu Bangka Barat, Ketua PPK Kecamatan Muntok melakukan pemuktahiran data pemilih pertama milik Bupati Bangka Barat, Drs. H. Parhan Ali, MM  bersama Hj.  Annisah Parhan di rumah dinas Bupati.

Petugas Pantarlih akan melakukan coklit dari door to door, dan petugas Pantarlih wajib menggunakan atribut lengkap saat melakukan coklit. KPU Bangka Barat sendiri sudah mengangkat 505 orang petugas Pantarlih se-Bangka Barat.

Sumber: HumasPenulis: HeruFotografer: Aam FlashEditor: HumasBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

Wakil Bupati Apresiasi Simpang Gong Cup 

Mon, 04/16/2018 - 08:39

Simpangteritip,  13 April 2018 - Wakil Bupati Bangka Barat,  Markus SH memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Desa Simpang gong yang telah berhasil menyelenggarakan kejuaraan sepakbola Simpang gong cup ke dua yang diikuti oleh klub sepak bola di Bangka Barat.  Saat menutup turnamen di Lapangan bola Desa Simpang gong,  Jumat (13/4), Markus mengatakan bahwa pemerintah turut mendukung diadakannya kegiatan olahraga termasuk sepakbola. 

"Sepakbola merupakan salahsatu olahraga yang banyak peminatnya,  pemerintah daerah juga sudah melaksanakan kegiatan dengan membuka liga sepakbola yang bisa diikuti masyarakat." ujarnya. 

Menurut Markus Pemkab Bangka Barat sangat mengapresiasi semua jenis olahraga yang dilakukan oleh masyarakat. "Tidak hanya sepakbola,  Pemkab juga mengadakan berbagai turnamen dan lomba olahraga seperti turnamen bola voli, turnamen gaple dan sebagainya. Sebagai bukti perhatian Pemerintah Bangka Barat untuk menyemangati  masyarakat agar dapat berkiprah dan berprestasi di tingkat nasional. Selamat kepada yang menang " katanya dihadapan ratusan penonton usai pertandingan babak final. 

Dalam simpang gong cup kedua ini,  tim AJFC dari Desa Pelangas mampu mempertahankan sebagai juara bertahan setelah mengalahkan tim RSUD  dengan skor 3-0.  Sedangkan posisi ketiga tim Pemuda Rambat,  dan tuan rumah All Star SLC Simpang gong pada peringkat keempat. Untuk top score diraih oleh Wazir Kahfi  dari AJFC  dengan jumlah 5 gol. 

Hadir juga dalam kesempatan itu,  Camat Simpangteritip,  Sumardi,  Kapolsek, unsur TNI,  kepala puskesmas Simpangteritip serta ratusan suporter dari kedua tim yang bertanding. (*)

Sumber: Bagian Komunikasi Humas dan ProtokolPenulis: M. MuhaiminFotografer: Aldo JBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

Kelompok Informasi Masyarakat Bangka Barat berpartisipasi dalam Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) Tahun 2017

Wed, 04/11/2018 - 15:32

Palembang (21/11/2017) KOMINFO. Dinas Komunikasi dan Informatika bersama Kelompok Infomasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Bangka Barat ikut berpartisipasi dalam acara Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) Tingkat Nasional Tahun 2017 di Palembang. Acara berlangsung di Hotel Novotel Palembang selama 4 Hari, dari tanggal 21 sampai dengan 24 November 2017. Acara SAIK 2017 yang di buka langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Bpk Dr. H. Asman Abnur, SE, M.SI dan di hadiri oleh Deputi Kementerian Seketariat Negara Prof. Dadan Wildan,  Gubernur Sumatra Selatan, Bpk H.Alex Nurdin dan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Republik Indonesia Ibu Rosarita Niken Widiastuti. Dirjen Perhubungan Darat Bpk Budi Setiadi, Para pejabat Opd, Kapolda, Para kepala Dinas Kominfo seluruh Indonesia, Kepala Humas Kementerian Lembaga Perguruan Tinggi, Para Bloger, Kelompok Informasi Masyarakat, dan Kelompok Media Tradisional.

Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2017 bertemakan mewujudkan masyarakat informasi di Era Digital dan untuk mensukseskan Asean Games 2018.  Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya memberikan penguatan agar KIM melakukan aktivitas sesuai dengan fungsi umum dan fungsi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini, dan bertujuan untuk membangun pemahaman yang utuh dan benar untuk arah pengembangan dan pemberdayaan KIM secara terintegrasi dan sinergi oleh pemerintah pusat, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Sumber: KominfoPenulis: SetyokoFotografer: Novie Adrian, S.DesEditor: M. AmrullahBidang Informasi: Kominfo Bahasa: Indonesia

Wujudkan Pengelolaan Keuangan Berkualitas, PPK dibekali Akuntansi berbasis Akrual

Tue, 04/10/2018 - 15:35

Muntok, 10 April 2018 - Guna mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang berkualitas, Pemkab Bangka Barat melalui Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah mengadakan pelatihan akuntansi berbasis akrual kepada para Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang berlangsung selama 4 hari dari tanggal 10 sampai 13 April 2018.

Saat membuka pelatihan , Bupati Bangka Barat, H Parhan Ali mengharapkan dari pelatihan ini nantinya terlahir sumberdaya aparatur yang kompeten dan memahami penerapan sistem akuntansi keuangan daerah dan sistem akuntansi pemerintah yang handal untuk mewujudkan pengelolaan keuangan yang berkualitas

"diharapkan mampu mengatasi kesulitan dan kekurangpahaman aparatur dalam pengelolaan keuangan daerah. Apa yang kita lakukan ini merupakan upaya meningkatkan kompetensi sumber daya aparatur guna mewujudkan pengelolaan keuangan daerah dan laporan keuangan secara transparan, akuntabel dan akurat. " ujar Bupati di graha aparatur pemkab Bangka Barat, Selasa (10/4).

Dia menambahkan bahwa peningkatan SDM tidak hanya sebatas pada pengembangan kompetensi aparatur saja tetapi harus disertai peningkatan kualitas sistem dan kelembagaan yang berorientasi pada pemanfaatan teknologi informasi.

" Pemkab Bangka Barat selalu berupaya meningkatkan kompetensi pegawai yang berwawasan teknologi informasi. Beberapa waktu lalu dilaksanakan pelatihan bendahara berbasis aplikasi, ini artinya kita tanggap akan pentingnya peningkatan kualitas sdm aparatur yang berwawasan IT" katanya.

Sistem akuntansi berbasis akrual merupakan cara yang diyakini kehandalannya baik keakuratan data maupun tingkat presisi yang tinggi dalam menghasilkan laporan keuangan. Sistem akrual ini sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah nomor 71 tahun 2010 tentang standar akuntansi pemerintah.

Sumber: HumasPenulis: MuhaiminFotografer: triEditor: heruBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

Pasar Tradisional Baru Kecamatan Kelapa Telah Diresmikan

Fri, 03/16/2018 - 08:35

Muntok (16/03/2018) Diskominfo. Warga Kecamatan Kelapa kini memiliki pasar tradisional baru, yang terbilang cukup modern. Pasar yang dibangun tahun 2017 lalu itu diresmikan Bupati Bangka Barat, Drs. H. Parhan Ali, M.M., pada Kamis kemarin (15/03). Pasar itu merupakan revitalisasi dari pasar lama Kecamatan Kelapa yang berada dalam satu kawasan dengan terminal Kecamatan Kelapa.

Pasar baru yang dinamakan Pasar Sehat Kelapa itu merupakan hasil pembangunan kembali oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perindustrian dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2017 senilai Rp. 1.365.621.900,00.

Menurut Miwani, S.E., selaku Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perindustrian, revitalisasi pasar ini merupakan pekerjaan tahun lalu. Pekerjaan itu dimulai Agustus 2017 dan rampung pada Desember 2017. “Revitalisasi pasar Kelapa itu untuk memperbaiki sarana dan prasaranan perdagangan di Kecamatan Kelapa. Mengingat pasar yang lama kurang layak,” ujarnya.

Miwani, S.E. juga mengungkapkan bahwa pembangunan ulang pasar tradisional itu sendiri berada di atas lahan milik Kecamatan Kelapa seluas 2750 meter persegi dengan luas revitalisasi bangunan pasar 43,54 x 19 meter. “Kita bekerja sama dengan Kecamatan Kelapa dalam merevitalisasi pasar itu karena status lahannya masih milik Kecamatan Kelapa,” tuturnya.

Acara peresmian kemarin ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Bangka Barat dan penandatangan kontrak pengelolaan pasar antara Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perindustrian dengan Asosiasi Pedagang Pasar Kelapa. Untuk ke depannya, pemanfaatan pasar akan dikelola oleh asosiasi tersebut.

Salah satu perwakilan pedagang pasar Kelapa, Badrun Baha, berharap revitalisasi pasar Kelapa ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat Kecamatan Kelapa. “Mudahan-mudahan dengan adanya revitalisasi pasar ini dapat menghidupkan kembali terminal Kelapa dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kelapa,” harapnya. ***

Sumber: Diskominfo Kab. Bangka BaratPenulis: Novie Adrian, S.DesFotografer: Wahyu Nugraha, SIPEditor: Muhammad ErfanBidang Informasi: Kominfo Bahasa: Indonesia

Pasar Sehat Kelapa Diresmikan Bupati

Thu, 03/15/2018 - 14:19

Muntok (15/03/2018) Diskominfo. Pemerintah Kabupaten Bangka Barat sukses meresmikan Pasar Sehat Kelapa hari ini, Kamis (15/03), di Kecamatan Kelapa. Peresmian itu ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Bangka Barat, Drs. H. Parhan Ali, M.M., sebagai simbol telah resminya pemanfaatan pasar baru tersebut. Pasar ini sebenarnya merupakan hasil revitalisasi pasar lama menuju pasar modern yang dikerjakan oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat tahun 2017 lalu dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017.

Dalam sambutannya, Bupati Bangka Barat berharap dengan adanya pasar baru ini dapat meningkatkan pemasaran hasil produksi petani dan peternak di wilayah Kecamatan Kelapa. “Para pedagang pasar juga harus berkomitmen memelihara, menjaga, dan merawat sarana dan prasarana pasar yang  ada,” lanjut Drs.H. Parhan Ali, M.M.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perindustrian  Kabupaten Bangka Barat, Drs. Muhammad Zakaria, juga mengungkapkan bahwa revitalisasi pasar Kecamatan Kelapa ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kelapa dan sekitarnya. “Sebanyak 48 petak meja dan 14 petak toko telah disediakan. Untuk pemanfaatn petak yang ada, kami serahkan kepada Asosiasi Pedagang pasar Kelapa untuk mengelolanya,” tambahnya.

Penandatangan kontrak pengelolaan petak pasar juga dilakukan hari itu antara Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perindustrian dengan Asosiasi Pedagang Pasar Kelapa disaksikan oleh Bupati Bangka Barat beserta tamu undangan.

Acara peresmian yang didukung oleh Cabang Pembantu Bank Sumsel Babel Kecamatan Kelapa itu dihadiri oleh Asisten Sekretariat Daerah, Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perindustrian kabupaten Bangka Barat, Camat Kelapa, Lurah Kelapa, Pimpinan Cabang Pembantu Bank Sumsel Babel, perwakilan Asosiasi Pedagang Pasar Kelapa, dan tokoh masyarakat Kecamatan Kelapa. ***

Sumber: KominfoPenulis: Wahyu NugrahaFotografer: Novie AdrianEditor: Muhammad ErfanBidang Informasi: Kominfo Bahasa: Indonesia

POIN KESEPAKATAN DALAM RAKOR DISKOMINFO SE-BABEL

Fri, 03/09/2018 - 11:26

Muntok (09/03/2018) Diskominfo. Hari kedua pelaksanaan, Jumat (09/03), Rapat Koordinasi (rakor) Dinas Komunikasi dan Informatika se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berlokasi rakor di Ruang Pertemuan Hotel Pasadena, Muntok Kabupaten Bangka Barat menghasilkan 16 poin kesepakatan bersama.

Diantaranya adalah pertama, menyelesaikan peraturan daerah tentang teknologi informasi dan peraturan bupati/perwalikota tentang pelaksanaan road map, tata kelola sistem pemerintahan berbasis elektronik bidang komunikasi, informatika, statistik dan persandian. Kedua, melakukan kolaborasi dan inovasi dalam mewujudkan Babel Smart Province dan Kabupaten/Kota Smart City. Ketiga, melakukan koordinasi usulan alokasi DABA provinsi khusus bidang komunikasi dan informatika untuk pengembangan infrastruktur/jaringan fiber optic Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten/Kota. Keempat, melakukan percepatan pemenuhan sumber daya manusia untuk bidang komunikasi, informatika, statistik dan persandian di OPD Diskominfo Kabupaten/Kota. Kelima, melaksanakan diklat dan bimtek terhadap jabatan fungsional pranata humas dan pranata komputer. Keenam, melakukan komunikasi dan koordinasi terkait usulan calon peserta diklat teknis kompetensi sandi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dalam rangka pemenuhan personil sandi dan peningkatan kompetensi SDM sandi baik untuk sandiman maupun pejabat struktural non sandi. Ketujuh, melakukan koordinasi intensif dengan Kemenkominfo terkait percepatan pemenuhan infrastruktur di daerah blank spot. Kedelapan, melakukan koordinasi dengan OPD terkait untuk mendata titik-titik koordinat dan GPS lokasi penyelenggaraan pelayanan publik (Kantor, Sekolah, Puskesmas, dsb). Kesembilan, melakukan integrasi sistem penyelenggaraan e-Government (e-planning, e-budgeting, e-audit, dsb). Kesepuluh, mengoptiomalkan peran dan fungsi PPID dalam rangka menjembatani kebutuhan informasi bagi masyarakat dan melakukan sharing konten dan informasi Kabupaten/Kota di website Provinsi (babelprov.go.id). kesebelas, melakukan penguatan dan pemberdayaan Kelompok Iinformasi Masyarakat dan mengoptimalkan jaring komunikasi sosial yang terbentuk di masyarakat. Keduabelas, melaksanakan sosialisasi dan pendampingan bersama relawan TIK serta pembangunan dan pengembangan Sistem Informasi Desa. Ketigabelas, mengatur kewenangan urusan statistik antara Pemerintah Kabupaten/Kota dan Pemerintah Provinsi dengan Bappeda dan BPS. Keempatbelas, melaksanakan optimalisasi forum data. Kelimabelas, pemenuhan dan peningkatan tempat kerja sandi beserta pendukungnya dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan urusan persandian. Terakhir keenambelas, rakor selanjutnya Tahun 2019 akan dilaksanakan di Pemerintah Kabupaten Belitung Timur.

Rekomendasi kesepakatan ini dibuat untuk dapat menjadi arahan kebijakan pembangunan di Pemerintahan Provinsi, Kabupaten dan Kota Tahun 2018. Penandatanganan kesepakatan ini bertujuan menyinkronisasikan program Pemerintah Provinsi dengan program Pemerintah Kabupaten/Kota.

Rakor ditutup oleh Kabid Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi Diskominfo Prov. Babel, Dr. Ahmad Fauzan S, S.Si, M.Env. M. Dalam sambutannya, Ahmad Fauzan yang mewakili Kepala Dinas Komunikasi dan Infromatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berharap kesepakatan bersama yang telah ditandatangani dapat dimanfaatkan sepenuhnya.

Selesai penutupan, para peserta rakor diajak menikmati keindahan alam Kota Muntok. Rencananya mereka di bawa menuju objek wisata sejarah yang terdapat di Kota Muntok.*** 

Sumber: KominfoPenulis: Novie Ardian, S.DesFotografer: Wahyu Nugraha, SIPEditor: Muhammad ErfanBidang Informasi: Kominfo Bahasa: Indonesia

RAKOR DISKOMINFO SE-BABEL DIGELAR PERDANA DI BANGKA BARAT

Thu, 03/08/2018 - 11:22

Muntok (08/03/2018) Diskominfo, Hari ini Kamis (08/03), Dinas Komunikasi dan Informatika se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar rapat koordinasi (rakor). Lokasi rakor itu diselenggarakan di Ruang Pertemuan Hotel Pasadena, Muntok Kabupaten Bangka Barat. Kegiatan itu bertujuan menyinkronisasikan program Pemerintah Provinsi dengan program Pemerintah Kabupaten/Kota.

Rakor dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Drs. H. Yunan Helmi, M.Si, dalam sambutannya, Yunan Helmi berharap sinkronisasi antara Kabupaten/Kota dengan Pemerintah Provinsi akan menyelaraskan pelaksanaan kegiatan ini. “Ini adalah strategi komunikasi yang tepat, agar program pemerintah beserta hasil-hasil yang akan dicapai, diketahui dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat,” ungkap Yunan Helmi.

Berdasarkan agenda acara, Marsma (TNI) Dr. Sigit Priyono selaku Asisten Deputi Koordinasi Telekomunikasi dan Informatika Kementerian Koordinator Politik dan Hukum Keamanan RI menyampaikan paparan sinergitas pengelolaan telekomunikasi dan informatika dalam mendukung keamanan informasi. Dilanjutkan dengan paparan dari Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri mengenai urgensi urusan sektor komunikasi dan informatika di daerah menurut Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga mengulas materi mengenai kebijakan pembangunan sektor Kominfo di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain itu, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga memaparkan materi kedudukan data statistik dalam penyusunan arah pembangunan daerah.

 “Rencananya hari kedua rakor besok, akan dilakukan penandatanganan kesepakatan hasil sejumlah masukan demi kepentingan penyusunan program kerja ke depan dan dilanjutkan dengan city tour bagi peserta rakor,” kata Amir Hamzah.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat dijadikan sarana menjaring aspirasi dan koordinasi sehingga mampu memberikan kontribusi positif,” harap Amir Hamzah.

Setelah ishoma, masing-masing Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan diberikan waktu untuk memaparkan presentasi. “Waktu pemaparan bagi masing-masing Diskominfo Kabupaten/Kota selama 15 menit dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab,” sebut Amir Hamzah, S.Sos selaku Kepala Diskominfo Kab. Bangka Barat.

 

Sumber: KominfoPenulis: Novie Ardian, S.DesFotografer: Wahyu Nugraha, SIPEditor: Muhammad ErfanBidang Informasi: Kominfo Bahasa: Indonesia

RAPAT BINA PAMONG DI DESA BUKIT TERAK

Wed, 02/28/2018 - 15:15

Simpangteritip (28/02/2018) Diskominfo. Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat hari ini, Rabu (28/02), melaksanakan kegiatan  Rapat Bina Pamong yang pertama kali diselenggarakan di tahun 2018 setelah di tahun 2017 yang lalu pelaksanaan Bina Pamong diselenggarakan di 12 Desa di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Bangka Barat. Rapat Bina Pamong kali ini diselenggarakan di Desa Bukit Terak, Kecamatan Simpangteritip.

Rapat Bina Pamong yang diselenggarakan di Desa Bukit Terak ini dibuka langsung oleh Bupati Bangka Barat, Drs. H. Parhan Ali., M.M. Bina Pamong merupakam salah satu sarana untuk bertatap muka langsung dengan pemerintah daerah terutama OPD yang bertujuan untuk menjalin komunikasi agar tercipta kesinambungan terkait dengan perencanaan maupun pelaksanaan program dan kegiatan yang sedang dan yang akan dilaksanakan. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan agar komunikasi yang bersifat langsung ini merupakan suatu hal mendasar yang sangat perlu sekali terutama untuk membina sebuah hubungan yang harmonis dan dinamis.

“Melalui Bina Pamong ini, diharapkan aspirasi yang muncul dari tingkat bawah masyarakat akan lebih tergambar dan terwakili dalam kerangka pembangunan daerah, selain itu percepatan penyelesaian permasalahan yang timbul di kecamatan maupun di desa dapat langsung disampaikan baik dari masyarakat kepada pemerintah daerah dan OPD maupun sebaliknya,” ujar H. Parhan Ali dalam sela sambutan pembukaan Rapat Bina Pamong di Desa Bukit Terak.

Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat melalui Bina Pamong ini masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik dan dapat berinteraksi langsung dengan kepala daerah maupun OPD. Saran maupun kritik dapat tersalurkan sesuai dengan kaidah ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Bina Pamong kali ini juga menghadirkan instansi lain, yakni BPN dan PLN yang juga memiliki peranan penting dalam pembangunan di Kabupaten Bangka Barat. Pihak BPN tahun 2018 ini memiliki program yang sangat penting bagi masyarakat, yakni Pendaftaran Tanah Sistematis Langsung (PTSL). PTSL merupakan kegiatan pendaftaran tanah yang dilakukan secara serentak yang meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftar maupun yang telah terdaftar dalam suatu wilayah desa/kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu.

Bina Pamong ini tidak semata hanya sekedar menjadi agenda rutin, namun harus mampu memberikan perubahan ke arah positif yang nyata serta bersifat konstruktif bagi kemajuan dan perkembangan masyarakat desa khususnya dan kabupaten umumnya.

Selain Bupati Bangkat Barat yang menghadiri dan membuka langsung acara tersebut, Rapat Bina Pamong ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Bangka Barat, Asisten Sekda, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Camat Simpang Teritip beserta seluruh jajarannya, Kapolsek Simpangteritip, Danramil Kabupaten Bangka Barat, para kepala desa, BPD, LPM dan masyarakat Simpangteritip.***

Sumber: Diskominfo Kab. Bangka BaratPenulis: Wahyu Nugraha, SIPFotografer: Novie Adrian, S.DesEditor: Muhammad ErfanBidang Informasi: Kominfo Bahasa: Indonesia