Subscribe to Berita Humas Bangka Barat feed
Updated: 2 hours 47 min ago

SEKDA LATIHAN TEMBAK, SATU PELURU TEPAT SASARAN

Thu, 09/12/2019 - 11:19

Muntok, 12/9/19__ Sekretaris Daerah Bangka Barat Drs. H. Yunan Helmi bersama Dandim 0431/BB Letkol Inf. Agung Wahyu Perkasa melakukan latihan tembak dilapangan tembak Kodim 0431 Bangka Barat, kamis pagi (12/9).

Latihan tembak yang diselenggarakan oleh Kodim 0431 Bangka Barat ini bertujuan untuk mengasah kemampuan prajurit Kodim 0431/BB, karena menembak merupakan kemampuan dasar yang sudah diberikan sejak pendidikan dan harus dikuasai setiap prajurit.

Sebelum melaksanakan latihan tembak, Dandim Letkol Inf. Agung Wahyu Perkasa menjelaskan SOP atau tata cara menembak yang benar. Selain Sekretaris Daerah Bangka Barat Drs. H. Yunan Helmi kegiatan tersebut dihadiri Camat Muntok. Kepala Lapas Muntok, Ormas, Satpam PLN, Satpam Timah, ASDP, insan pers, dan seluruh anggota Kodim 0431/BB.

Sekda Yunan juga berkesempatan mencoba menembak dengan posisi menembak tiarap ke sasaran yang sudah dipersiapkan dengan jarak 100 M menggunakan sejara laras panjang M16.

“Ini pertama kalinya mencoba menembak dengan senjata laras panjang, dan alhamdulillah dari 3 peluru tadi 1 tepat sasaran dapat nilai 10.” Ujar Yunan saat memeriksa hasil tembakan didampingi Dandim Letkol Inf. Agung Wahyu Perkasa.

Sumber: Humas SetdaPenulis: roeFotografer: 3/@mBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

YUNAN BUKA GALA SISWA CUP I

Tue, 09/10/2019 - 16:30

Muntok, 10/9/19__Ikatan Persaudaraan Alumni Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Kabupaten Bangka Barat menyelenggarakan tournament sepak bola Gala Siswa Cup I Tahun 2019, yang di laksanakan di lapangan sepak bola pait, selasa (10/9).

Gala siswa ini diikiuti dari Sekolah Dasar dari Kecamatan Muntok dan Kecamatan Simpang Teritip baik sekolah negeri maupun swasta total sebanyak 20 kesebelasan, langsung dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Drs. H. Yunan Helmi, M. Si.

Dalam sambutannya, Yunan menyampaikan apresiasi kepada panitia terutama para alumni SPG, yang sudah menyelenggarakan turnament ini, dan juga kepada guru-guru yang sudah mengirimkan anak didik nya untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Saya harap kepada anak-anak agar menjaga sportifitas, kekompakan dan persaudaraan, bermain dengan baik dan jangan mudah terpancing emosi, kalah menang hal yang biasa dalam pertandingan. Nanti pemain yang bagus akan dipilih untuk diseleksi dan dijadikan satu tim nantinya akan bertanding pada level yang lebih tinggi.

Sementara itu, ketua pelaksana Sugeng Rianto mengatakan bahwa turnament gala siswa ini dilaksanakan berdasarkan hasil kesepakatan antara Ikatan Persaudaraan Alumni Sekolah Pendidikan Guru (SPG) agar Gala siswa cup diselenggara pada tahun ini.

“Total peserta semua 20 kesebelasan, dari 16 SD dari kecamatan muntok dan 2 kesebelasan dari SD kecamatan simpang teritip, dari sekolah-sekolah yang ikut ada sekolah yang mengirimkan 2 kesebelasan.”ujar Sugeng.

Dalam pembukaan gala siswa cup 1 tersebut, selain sekda Bangka barat turut hadir Camat Munto Sukandi Kades Belo Ibnu, serta para Ikatan Persaudaraan Alumni Sekolah Pendidikan Guru (SPG).

Sumber: Humas SetdaPenulis: roeFotografer: 3Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

YUNAN AJAK MASYARAKAT MUNTOK, AGAR MEMBAWA KOTA MUNTOK MENJADI LEBIH BAIK

Mon, 09/09/2019 - 13:30

Muntok, 9/9/19__Tidak seperti biasanya suasana apel mingguan yang diikuti seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Bangka Barat dilapangan parkir timur, senin (9/9), tampak seluruh peserta apel mingguan baik dari Sekretaris Daerah Drs. H. Yunan Helmi, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Kepala OPD dan seluruh staf ASN maupun PHL tidak menggunakan pakaian dinas namun menggunakan pakaian adat melayu.

Penggunaan pakaian adat melayu tersebut di lakukan setiap tahun bertepatan dengan HUT Kota Muntok yang ke-285, tepatnya tanggal 7 September 2019 sesuai dengan Peraturan Daerah nomor 6 tahun 2010 pasal 3 tentang Hari Jadi Kota Muntok.

Menurut Yunan Helmi, dalam rangka HUT kota Muntok ke-285 tahun 2019, tepatnya tanggal 7 september semua pegawai dilingkungan Pemkab Bangka Barat baik ASN maupun PHL wajib menggunakan pakaian adat melayu.

“Harusnya pakaian ini digunakan setiap tanggal 7 September, namun pada tanggal tersebut jatuh pada hari sabtu jadi pemakaian disesuaikan hari ini 9 September. Surat edarannya sudah disampaikan kesetiap OPD agar semua pegawai menggunakan pakaian adat melayu.”

Yunan juga berharap dan mengajak seluruh masyarakat khusunya masyarakat muntok agar bersama-sama membawa Kota Muntok ini menjadi lebih baik, menjadi kota penuh arti, kota sejarah, kota industri yang dapat memberikan dampak pembangunan dikota Muntok ini,  Dirgahayu kota muntok.” Ujar Yunan saat ditemui diruangannya.

Sumber: Humas SetdaPenulis: roeBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

PERINGATAN 1 MUHARRAM 1441 H, PERKUAT UKHUWAH DAN SILAHTURAHMI

Thu, 09/05/2019 - 13:30

Muntok, 5/9/19__Pembacaan Kalam Illahi membuka kegiatan peringatan Tahun Baru Islam 1441 Hijriah, di rumah dinas Bupati Bangka Barat, kamis (5/9) sekaligus bersilahturahmi dengan para jemaah haji Bangka Barat  tahun 2019 yang baru saja pulang melaksanakan ibadah haji.

Dalam sambutannya Markus mengucapkan selamat datang kembali dan semoga menjadi haji yang mabrur, serta dapat meningkatkan semangat beragama, peduli terhadap sesama, serta menjadi suri tauladan bagi masyarakat minimal dilingkungan sekitar sebagai representasi haji mabrur dan mabruroh.

“Peringatan tahun baru merupakan momentum tepat untuk melakukan introspeksi dan transformasi diri ke arah lebih baik lagi, dengan menjadikan spirit nilai-nilai ketuhanan yang terpatri di dalam kitab suci sebagai landasan dan cara pandang hidup dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.”

Markus juga menambahkan dalam membangun sebuah peradaban yang berkemajuan dibutuhkan keunggulan sumber daya manusia handal, tidak hanya pada aspek intelektual namun juga secara spiritual, sebagai sosial kontrol di dalam kehidupan dan untuk merealisasikan hal tersebut dibutuhkan upaya bersama diawali dengan memperbaiki kualitas diri juga dengan mempersiapkan generasi berkarakter. Saya juga mengucapkan selamat datang kembali ke Bangka Barat bagi para Jama‘ah Haji Bangka Barat tahun 2019 mudah-mudahan perjalanan religi yang bapak ibu laksanakan dapat meningkatkan semangat beragama.

Kegiatan yang dihadiri oleh Bupati Bangka Barat, Markus, Unsur Forkimda, Sekda H. Yunan Helmi, para Staf Ahli Bupati, asisten Sekda, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka Barat, BUMN dan BUMD, Tokoh agama dan Tokoh Masyarakat serta Jemaah Haji Bangka Barat tahun 2019 yang mengangkat tema “dengan semangat hijrah, mari perkuat ukhuwah dan silahturahmi antar sesama dengan mewujudkan Bangka barat yang lebih baik”, diisi dengan tausiyah Ust. Kemas Mahmud Al-Hanif.

Sumber: Humas SetdaPenulis: roeBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

BANGKA BARAT KOMITMEN UNTUK JADI KABUPATEN LAYAK ANAK

Thu, 09/05/2019 - 10:30

Muntok, 5/9/19__Kabupaten Bangka Barat melaksanakan peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Bangka Barat di gedung Graha Aparatur Pemkab Bangka Barat, kamis pagi (5/9), sekaligus deklarasi Kecamatan dan Kelurahan/Desa layak anak.

Dengan kegiatan Hari Anak Nasional ini Pemerintah Kabupaten Bangka Barat berkomitmen untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak dengan fokus pencapaian yang disyaratkan sebanyak 24 indikator.

Penegasan Kabupaten Layak Anak tersebut di tandai dengan penandatanganan penggalangan komitmen bersama dan deklarasi Kecamatan dan Kelurahan/Desa Layak anak lewat oleh Bupati Bangka Barat, Kepala DP2ACSKB Provinsi Babel, Kasdim 0431/BB, KEpala PN Muntok, Ketua PA Bangka Barat, Perwakilan Kejari Bangka Barat, Kepala Dinas P2KBP3A Bangka Barat, perwakilan Bhayangkari Polres Bangka Barat, serta perwakilan PKK Bangka Barat.

Markus mengatakan Deklarasi ini menjadi wujud nyata akan perhatian dan peran serta Pemkab Bangka Barat, para pemangku kepentingan lintas sektoral serta seluruh komponen masyarakat lainnya dalam upaya memastikan dan menyediakan lingkungan yang menjamin tumbuh kembang dan perlindungan anak.

Sedangkan Kepala Dinas DP2ACSKB Provinsi Babel, Dra. Susanti, M. Ap, menyampaikan Kita apresiasi dukungan upaya-upaya perlindungan anak, dan kita sepenuhnya siap membantu. Tapi jangan lupa, untuk mewujudkan daerah ramah anak, semuanya harus juga dimulai dari keluarga.

“Beberapa prinsip Kabupaten Layak Anak yang harus dipenuhi diantaranya non diskriminasi, berorientasi pada kepentingan terbaik untuk anak, melindungi hak-hak anak diantaranya hak untuk hidup, melangsungkan hidup serta tumbuh kembang.” Tambahnya.

Sumber: Humas SetdaPenulis: roeBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

19 PEJABAT FUNGSIONAL DINAS PENDIDIKAN DILANTIK

Wed, 09/04/2019 - 16:30

Muntok, 4/9/19__Sebanyak 19 Pejabat Fungsional Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat dilantik menjadi Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, dan Penilik oleh Bupati Bangka Barat, rabu siang (4/9). Di Gedung Graha Aparatur Pemkab Bangka Barat.

Dalam sambutannya Bupati mengucapkan selamat kepada pejabat fungsional yang baru dilantik, semoga dapat memacu kinerja saudara untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan sesuai kompetensi yang dimiliki. Sekolah negeri ini perhatian pemerintah lebih besar karena semua fasilitas disiapkan negara. Jangan sampai kita kalah dengan sekolah swasta, ayo tingkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Babar.

Markus juga menghimbau agar pejabat fungsional yang dilantik serta seluruh tenaga kependidikan di Bangka Barat agar melaksanakan tugas dengan ikhlas dan professional, dan upayakan ide itu dari kita sendiri bukan mencontek dari orang lain agar terwujudnya pendidikan yang bermutu serta menciptakan peserta didik yang berwawasan luas.

Ke 19 Pejabat fungsional yang dilantik tersebut antara lain, 1 orang penilik, 4 Pengawas Sekolah, 5 Kepala Sekolah SMP dan 9 Kepala Sekolah SD.

Sumber: Humas SetdaPenulis: -Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

WARGA SEKAR BIRU SAMPAIKAN ASPIRASI MELALUI BINA PAMONG

Wed, 09/04/2019 - 13:40

Muntok, 4/9/19__Setelah mendengarkan deklarasi dan ikrar Desa Open Defecation Free (ODF) atau “stop Buang Air Besar Sembarangan” oleh warga Desa Sekar Biru di halaman kantor Desa Sekar Biru, rabu (4/9), Bupati Bangka Barat Markus mendengarkan keluhan dan masukan warga melalui program Bina Pamong.

Menurut Markus saat menyampaikan sambutannya kegiatan ini dilaksanakan sebagai pendekatan partisipatif kita untuk pemberdayaan masyarakat. Kenapa harus dilakukan di desa, karena kita ingin dengar langsung dari warga untuk cari solusi soal permasalahan di desa. Melalui bina pamong juga diharapkan dapat dilakukan pembinaan dan pengawasan baik terhadap tertib administrasi maupun realisasi pelaksanaan kegiatan baik di kecamatan maupun di desa-desa.”

“Keterlibatan masyarakat merupakan faktor cukup dominan bagi kemajuan daerah, masyarakat harus lebih proaktif dan responsif dalam menyikapi setiap dinamika yang ada, serta dibutuhkan komitmen tegas dan nyata dari masing-masing pihak agar pembangunan dapat terealisasi maksimal”.tambahnya.

Markus juga menghimbau kepada masyarakat agar jangan segan-segan mengutarakan permasalahan yang ada, silahkan ungkapkan. Karena disini ada OPD terkait, perwakilan dari Provinsi pun ada, dari Badan Pertanahan Bangka Barat, Polsek Jebus Parittiga, Baznas dan FKUB Bangka Barat.

Senada dengan apa yang diungkapkan Bupati, Sekda Bangka Barat, Yunan Helmi mengatakan aspirasi masyarakat yang bersifat konstruktif, optimalisasi pemerintah daerah dalam mengakomodir serta didukung perencanaan dan penganggaran yang maksimal akan menghasilkan sinergitas optimal untuk kemajuan daerah.

“Dengan begitu pembangunan yang sedang dan akan kita laksanakan dapat memberikan hasil yang optimal sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terwujud dan pemerataan pembangunan dapat terealisasi sejalan dengan visi dan misi Bangka Barat Hebat.” Ujar Yunan.

Kegiatan Bina Pamong ini rutin digelar oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Barat merupakan program sebagai sarana komunikasi untuk mendengarkan aspirasi, saran, keluhan serta permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat secara langsung, hal ini terbukti banyak pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan masyarakat.

Sumber: Humas SetdaPenulis: -Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

DESA SEKAR BIRU DEKLARASIKAN DIRI SEBAGAI DESA ODF

Wed, 09/04/2019 - 13:30

Muntok, 4/9/19__Giliran Desa Sekar Biru Kecamatan Parittiga mendeklarasikan diri sebagai Desa Open Defecation Free (ODF) atau “stop Buang Air Besar Sembarangan” di halaman kantor Desa Sekar Biru, rabu pagi (4/9).

Pembacaan deklarasi atau ikrar ODF ini dibacakan langsung Kepala Desa yang diikuti oleh perwakilan masyarakat desa Sekar Biru dihadapan Bupati Bangka Barat, Sekretaris Daerah, dan tamu undangan lainnya.

Bupati Bangka Barat Markus saat menyampaikan sambutannya mengungkapkan terimakasihnya dan memberikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh masyarakat desa sekar biru yang sudah mendeklarasikan diri sebagai Desa ODF.

“Deklarasi desa ODF ini terjadi karena berkat dari dukungan dan komitmen semua masyarakat itu sendiri, yang sudah mendukung program pemerintah dibidang kesehatan. Diharapkan kedepan tingkat kesehatan masyarakat dapat meningkat signifikan.” Tambahnya.

Selanjutnya harapan kedepan Desa Sekar biru yang sudah mendeklarasikan Desa ODF dapat meningkatkan statusnya menjadi desa STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yang terdiri dari lima pilar yaitu tidak buang air besar sembarangan (STOP BABS), cuci tangan pakai sabun (CTPS), pengelolaan air minum tingkat rumah tangga (PAM RT), pengelolaan sampah tingkat rumah tangga (PS-RT), pengelolaan limbah tingkat rumah tangga (PAL-RT).” Ujar Markus.

Sementara itu Kades Sekar Biru mengungkapkan bahwa pada tahun 2017, kami sudah membuat jamban bagi warga yang belum mempunyai jamban sebanyak 29 jamban dengan menggunakan dana desa dan ada 11 jamban lagi dari bantuan koramil, dan tahun 2019 dibuat lagi 3 jamban dan kamar mandi umum.

“Diharapkan dengan deklarasi ODF ini masyarakat sekar biru sadar akan pentingnya kesehatan, karena dengan buang air besar sembarangan akan mengakibatkan penyebaran penyakit menular seperti diare, jadi dengan ODF atau stop buang air besar sembarangan dapat memutuskan rantai pola penyakit dengan menerapkan pola hidup sehat dengan cara tidak buang air besar sembarangan.” Sambungnya.

Dalam kegiatan tersebut juga ditandai dengan penandatanganan spanduk deklarasi ODF dan berita acara deklarasi ODF oleh Kades Sekar Biru, Camat parittiga, Tokoh Masyarakat yang disaksikan oleh Bupati Bangka Barat, Sekda Bangka Barat, Kapolsek Jebus-Parittiga, Kepala Dinas Kesehatan Bangka Barat, Danramil pariitiga, serta tamu undangan lainnya, dan Kades Sekar Biru juga menerima setifikat Deklarasi ODF secara langsung dari Bupati Bangka Barat.

Sumber: HumasPenulis: -Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

BUPATI SAMPAIKAN 3 RAPERDA PERUBAHAN APBD 2019

Tue, 09/03/2019 - 15:30

Muntok, 3/9/19__Bertempat di Gedung Mahligai DPRD Kabupaten Bangka Barat, digelar Rapat Paripurna oleh DPRD Bangka Barat dengan agenda penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan APBD tahun anggaran 2019, selasa (3/9)

Menurut Bupati Bangka Barat Markus, dalam penyampaian nota keuangan rancangan perubahan APBD tahun anggaran 2019 ada 3 hal mendasar yaitu pertama penyesuaian terhadap estimasi alokasi pendapatan daerah, baik mengakomodir kegiatan pusat dan provinsi serta penyesuaian PAD, Kedua, penyesuaian belanja, mengakomodir perubahan – perubahan yang telah dilakukan dalam mendahului perubahan APBD serta perubahan program kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 dan yang ketiga, penyesuaian Sisa Lebih Perhitungan Anggaran ( SILPA ) definitif hasil audit BPK tahun 2018 yang harus dimanfaatkan dalam tahun berjalan.” Ujar Markus saat menyampaikan sambutannya.

Bupati Markus berharap, dengan diserahkannya nota keuangan rancangan perubahan APBD Bangka Barat tahun 2019 ini, semoga dapat segera dibahas bersama antara tim anggaran pemerintah daerah dengan badan anggaran DPRD beserta OPD lainnya sesuai mekanisme yang berlaku.

Rapat paripurna yang di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Bangka Barat Syamsir dan dihadiri unsur Forkopimda, Sekda Bangka Barat, Wakil 1 dan 2 DPRD dan anggota DPRD, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Bangka Barat, BUMN dan BUMD, insan pers serta tamu undangan lainnya.

Sumber: Humas SetdaPenulis: roeBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

BUPATI : PESTA ADAT MERUPAKAN TRADISI MASYARAKAT

Sun, 09/01/2019 - 13:30

Muntok, 1/9/19__”Kabupaten Bangka Barat merupakan salah satu daerah yang ada di Provinsi Bangka Belitung yang memiliki adat istiadat dan tradisi budaya salah satunya termasuk pesta adat sedekah kampung, dan ini masih terjaga dan masih dilestarikan dan dijaga sebagai aset budaya daerah.”

Ungkapan tersebut di sampaikan Bupati Bangka Barat Markus saat menghadiri pesta adat sedekah kampung di Simpang Tiga Kecamatan Simpang Teritip, minggu (1/9).

Markus juga mengatakan pelestarian suatu tradisi dalam masyarakat sangat penting, karena didalamnya terkandung nilai-nilai kehidupan sosial dalam masyakat itu sendiri. Tradisi ini merupakan sebagai ajang silahturahmi dan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki berupa hasil pertanian yang berlimpah.”

Kepala Desa Simpang Tiga Sartojoyo mengungkapkan rasa terimakasihnya dan memberikan apresiasi kepada Bupati Markus, yang telah hadir dan mendukung tradisi turun temurun ini. Ditengah kesibukan beliau menyempatkan hadir ditengah-tengah masyarakat.

Dalam pesta adat tersebut di gelar juga acara khitanan massal dan pertunjukan keseniaan tradisional serta makanan khas yaitu dodol sebagai jamuan untuk tamu yang hadir.

Sumber: HumasPenulis: -Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

BUKA FESTIVAL SEJIRAN SETASON, MARKUS : PELESTARIAN SENI BUDAYA TANGGUNG JAWAB SEMUA

Thu, 08/29/2019 - 12:30

Muntok, 29/8/19__Sebanyak 36 Sanggar seni dari enam kecamatan se-Bangka Barat mengikuti lomba Campak, Dambus, Rudat dan Rebana dalam Festival Bumi Sejiran Setason dilapangan Gelora Muntok, kamis (29/8).

Pembukaan Festival Bumi Sejiran Setason sendiri merupakan event tahunan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat ini secara resmi dibuka langsung oleh Bupati Bangka Barat Markus.

Bupati Bangka Barat Markus mengungkapkan dukungan nya terhadap kekayaan budaya yang dimiliki oleh Bangka Barat, dan memberikan apresiasi kepada peserta terutama generasi muda yang sudah melestarikan dan mencintai budaya yang ada di Bangka Barat.

“Melestarikan Budaya bukan hanya tanggung jawab Pemerintah saja, namun tanggung jawab semua baik itu Pemerintah daerah, pihak swasta dan masyarakat itu sendiri, karena ini adalah warisan nenek moyang dan merupakan warisan kita bersama.” ujar nya.

Menurut Markus, kekayaan dan keberagamaan seni dan budaya adalah tanggung jawab bersama, terutama generasi muda. Saya harap kedepan semakin banyak sanggar seni, semakin terjaga keaslian seni yang ada di Bangka Barat, sehingga semakin diminati.

Sementara itu Kabid Kebudayaan Dinas Parbud Bambang Haryo Suseno menjelaskan bahwa Festival Bumi Sejiran Setason tahun ini mengangkat tema “bekesah” atau bercerita yang diikuti sebanyak 36 grup seni, paling banyak mengikuti seni dambus sebanyak 13 grup, sisanya campak 8 grup, rudat 8 grup dan rebana 7 grup

“Tujuan festival ini untuk serta melestarikan budaya asli daerah serta untuk menumbuhkan kesadaran generasi muda untuk mencintai seni budaya serta dapat mendorong generasi muda agar dapat berkreasi di bidang seni.” Tambah Seno.

Sumber: HumasPenulis: -Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

PESERTA TUNJUKKAN KREATIFITAS DALAM PAWAI PEMBANGUNAN

Thu, 08/22/2019 - 15:30

Muntok, 22/8/19__Kemeriahan pelaksanaan dalam memperingati HUT RI yang ke 74 Kabupaten Bangka Barat terus berlanjut. Pada hari sebelumnya Pemkab Bangka Barat melaksanakan perlombaan gerak jalan, lomba Marching Band dan hari ini kamis (23/8) Pemkab Bangka Barat kembali menggelar pawai pembangunan dan kendaraan hias.

Pawai pembangunan dan kendaraan hias tersebut diikuti peserta mulai dari tingkat PAUD/TK, SD, SMP, SMA/K, Instansi-instansi, Ormas dan tingkat umum dengan total jumlah peserta sebanyak 80 peserta.

Seperti biasa, para peserta menampilkan berbagai macam kreatifitas dan atraksi di depan Bupati Bangka Barat, Markus, SH, Sekda H. Yunan Helmi, unsur Forkopimda, segenap Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka Barat dan tamu undangan lainnya yang berada dipanggung kehormatan.

Setiap tahun event pawai pembangunan dan kendaraan hias dalam memperingati HUT RI selalu menarik perhatian masyarakat, termasuk pawai pembangunan dan kendaraan hias. Masyarakat berbondong–bondong untuk menyaksikan kemeriahan kegiatan ini mulai dari garis start dan di sepanjang jalan yang dilewati para peserta.

Tak ketinggalan juga para peserta pun menampilkan kreativitas mereka dengan mengusung berbagai macam tema seperti yang di seperti dari SLBN Muntok yang mengusung tema “Mewujudkan Sumber Daya Manusia Mandiri dan Berprestasi”, sedangkan dari SDN 24 Muntok mengusung tema “mari kita dukung kearifan seni dan budaya lokal guna terwujudnya SDM yang unggul menuju Indonesia maju dan Bangka Barat Hebat 2021”.

Sumber: HumasPenulis: -Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

PISAH SAMBUT DANDIM 0431/BB MARKUS : KOMUNIKASI DAN SILAHTURAHMI JANGAN SAMPAI TERPUTUS

Thu, 08/22/2019 - 09:30

Muntok, 21/8/19__”Pak Bontor Karo Karo merupakan prajurit yang ramah dan bersahaja dan selalu intens menjalin berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Pemkab Bangka Barat. sehingga situasi keamanan di daerah ini tetap terjaga dan kondusif. Salah satu tugas penting yang dilakukan beliau adalah turut membantu keamanan terselenggaranya tahapan Pilpres serta Pileg secara serempak beberapa saat lalu.”Ungkap Markus.

            Ungkapan tersebut disampaikan Markus saat acara Pisah sambut Komandan Kodim 0431 Bangka Barat  dari Letkol Arm. Bontor Karo Karo yang di gantikan oleh Letkol Inf. Agung Wahyu Perkasa yang dilaksanakan di rumah dinas Bupati Bangka Barat, rabu malam (21/3).

 Bupati Markus juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Dandim pertama di Bangka Barat sejak menjabat pada Desember 2018 lalu, saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih sudah mengabdi di Bangka Barat.

“Semoga ditempat yang baru Pak Bontor Karo Karo kedepan semakin sukses dan diharapkan komunikasi dan silahturahmi jangan sampai terputus walaupun tidak bertugas di wilayah Bangka Barat. Dan kepada Pak Agung sebagai Dandim baru saya mengucapkan selamat datang di Bangka Barat Negeri Sejiran Setason.

Segenap unsur forkopimda, sekda Bangka barat, Kepala OPD, BUMN dan BUMD, Kepala Kantor Vertikal, Pimpinan Bank, tokoh agama dan masyarakat juga turut hadir dalam acara pisah sambut Komandan Kodim 0431 Bangka Barat.

Sumber: HumasPenulis: -Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

8 MARCHING BAND BERAKSI DEPAN PANGGUNG UTAMA

Wed, 08/21/2019 - 17:30

Muntok, 21/8/19__8 grup marching band beraksi menunjukkan kebolehan di depan Bupati Bangka Barat dan tamu undangan yang berada di panggung utama. Unjuk kebolehan ke-8 marching band ini masuk ke dalam rangkaian  HUT RI ke 74, lomba marching band tingkat Kabupaten, rabu siang (21/8).

Ini merupakan tahun ke dua pelaksanaan lomba marching band, yang di ikuti 8 grup marching band, yang terdiri dari 3 grup dari tingkat SD, 3 grup dari tingkat SMP dan 2 grup dari tingkat SMA/K.

Bupati Bangka Barat mengatakan aktraksi yang mereka tampilkan sangat memukau dan menarik perhatian, itu terlihat dari antusias masyarakat yang menonton dekat panggung utama, karena para mayoret dan pemain alat drumbandnya menunjukkan kebolehan didepan panggung utama.

“Saya apresiasi kepada peserta yang mengikuti marching band ini walaupun tahun ini lebih sedikit yang ikut, untuk kedepan diharapkan peserta marching band ini bertambah dan bukan hanya peserta dari kecamatan Muntok saja tapi dari kecamatan yang lainnya.” Harap Markus.

Sementara itu Kepala Kespangpol Yusup Yudono mengatakan bahwa jumlah peserta yang minim ini, dikarenakan tidak semua sekolah yang ada di Bangka Barat ini memiliki alat marching band. Jangankan di Kecamatan lain, di Kecamatan Muntok sendiri hanya beberapa sekolah yang ada alatnya.

Sumber: HumasPenulis: -Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

BUPATI KUKUHKAN PENGURUS FKUB DAN BWI

Wed, 08/21/2019 - 13:30

         Muntok, 21/8/19__Bupati Bangka Barat mengukuhkan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Badan Waqaf Indonesia (BWI) di ruang OR I Sekretariat Daerah, rabu (21/8).

          Menurut Markus saat ini FKUB mempunyai fungsi yang sangat strategis dalam membantu Pemerintah untuk menjaga keharmonisan dan kerukunan umat beragama. Kerukunan antar seluruh elemen masyarakat menjadi kunci utama dalam percepatan pembangunan Bangka Barat. Kerukunan umat harus menjadi prioritas utama. Setelah itu, barulah soal kesejahteraan.

            “Terimakasih dan apresiasi yang tinggi untuk segala dedikasinya tugas bersama ke depan adalah merawat kerukunan yang sudah ada dan dihidupi masyarakat Bangka Barat, memang kuncinya ada dua; kerukunan dan kesejahteraan. Tapi menurut saya, kerukunan adalah hal yang paling utama dan penting untuk menyukseskan pembangunan di daerah.” Ujar Markus.

            Markus juga mengingatkan agar FKUB dan BWI dapat menjalankan perannya sehingga tercipta suasana yang harmonis dan membantu pemerintah dalam pembangunan serta demi terciptanya kondisi kondusif. Untuk itu, saya mengajak FKUB dan BWI Babar yang baru dikukuhkan untuk lebih bekeria keras, bekeria cerdas, bekeria ikhlas dan bekerja tuntas untuk mencapai tujuan bersama.

            Bupati Markus juga berharap sebelum ada konflik FKUB harus turun untuk melakukan sosialisasi kegiatan di masyarakat, mencegah lebih baik daripada sudah terjadi. Kita perlu pencegahan. Sebab itu Pemkab berharap sekali dengan FKUB ini bisa seiring sejalan untuk mencegah konflik – konflik di masyarakat.

          Turut hadir pada acara pengukuhan tersebut Ketua FKUB Provinsi Bangka Belitung, Kepala Kemenag Bangka Barat serta perwakilan Forkopimda dan sejumlah Kepala OPD.

Sumber: HumasPenulis: -Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

MASYARAKAT ANTUSIAS SAKSIKAN LOMBA GERAK JALAN

Tue, 08/20/2019 - 17:30

Muntok, 20/8/19__Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melaksanakan lomba gerak jalan tingkat Kabupaten dalam rangka HUT RI ke 74, yang di ikuti sebanyak 180 regu mulai dari kategori SD, SMP, SMA, Instansi dan Umum, selasa (20/8).

Warna-warni seragam yang dikenakan peserta, serta derap langkah yang teratur dan rapi nampaknya cukup menarik dan menghibur bagi masyarakat yang menonton. Selain itu kegiatan ini dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai perjuangan pahlawan bangsa, disiplin dan kreatifitas para peserta.

Bupati Bangka Barat saat di temui disela-sela kegiatan mengatakan bahwa Gerak jalan ini sudah rutin dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Barat. Kita bersyukur begitu banyak peserta yg meramaikan acara ini. Dan juga masyarakat sangat antusias melihat aksi para peserta, ini terlihat di kiri kanan panggung utama dipenuhi oleh masyarakat.

“Kalah atau menang merupakan hal yang biasa. Sebab yang jauh lebih penting ialah menjaga sportivitas bersama. Jangan lupa selalu menjaga sopan santun di jalan, masalah penilaian, serahkan dan percayakan pada tim juri. Jaga sportivitas hingga selesainya perlombaan.” ungkapnya

Selain Markus turut hadir di panggung utama Unsur Forkopimda, Sekda Yunan, Kepala OPD, Kepala Kantor Vertikal, BUMN dan BUMD, PKK Bangka Barat, DWP Bangka Barat, Bhayangkari Polres Bangka Barat serta Organisasi wanita lainnya. 

Sumber: HumasPenulis: -Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

MALAM RESEPSI KENEGARAAN BUPATI BERIKAN PENGHARGAAN KEPADA VETERAN

Sun, 08/18/2019 - 08:30

Muntok, 17/8/19__Pemerintah Kabupaten Bangka Barat menggelar resepsi Kenegaraan dalam rangka HUT RI ke 74, sabtu malam (17/8) di rumah dinas Bupati Bangka Barat.

Digelarnya malam resepsi kenegaraan merupakan rangkaian dari acara peringatan HUT RI ke 74 Pemkab Bangka Barat,sebelumnya pada pagi hari melaksanakan peringatan detik-detik proklamasi dengan pengibaran bendera pusaka dilanjutkan tabur bunga di dermaga unit metalurgi (Unmet), pemberian remisi, dan upacara penurunan bendera pusaka pada sore harinya.

Malam resepsi kenegaraan tersebut di hadiri Bupati Bangka Barat, unsur Forkopimda, Sekda Bangka Barat, anggota DPRD, Kepala OPD, Kepala kantor Vertikal, BUMN dan BUMD, Organisasi wanita se-Bangka Barat, Para Veteran, tokoh agama, tokoh masyarakat, Anggota Paskibraka, dan orang tua paskibraka.

Bupati Bangka Barat Markus dalam sambutannya mengajak masyarakat Bangka Barat mensyukuri nikmat kemerdekaan Indonesia sembari bertanggungjawab mengisi kemerdekaan tersebut. Wujud ekspresi rasa syukur atas kemerdekaan ini antara lain dengan terus menjaga karakter dan idetitas bangsa, serta mengokohkan persatuan sembari terus bersinergi dalam menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat Bangka Barat.

“Komponen terpenting dari suatu negara yang merdeka dan berdaulat adalah rakyatnya. Maka mensejahterakan rakyat adalah tugas bersama yang sejatinya terus diperjuangkan menuju Bangka Barat Hebat.”tambahnya.

Markus juga berharap tiap pihak bahu membahu melaksanakan peran masing-masing sebaik mungkin dan bekerja sama menciptakan sebuah sinergi yang harmoni agar tercapai tujuan demi kemakmuran seluruh rakyat di Kabupaten Bangka Barat. Pemotongan tumpeng dilakukan atas wujud tanda syukur atas Kemerdekaan Republik Indonesia dan diberikan kepada Paskibraka Kabupaten Bangka Barat yang telah sukses melaksanakan Upacara Penaikan dan Penurunan Bendera Merah Putih.” Ujarnya.

Disela-sela kegiatan Markus juga memberikan penghargaan kepada Veteran yang telah mengabdi untuk berjuang demi kemerdekaan Indonesia, dan juga Siswa berprestasi yang telah mengharumkan nama Bangka Barat ke tingkat Provinsi dan Nasional. Serta bantuan uang pembinaan kepada sekolah penerima penghargaan Adiwiyata.

Sumber: HumasPenulis: -Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

PASKIBRAKA SUKSES LAKSANAKAN TUGAS

Sat, 08/17/2019 - 19:30

Muntok, 17/8/19__Bupati Bangka Barat beserta unsur forkopimda dan tamu undangan lainnya menghadiri upacara penurunan Bendera Merah Putih di Lapangan Gelora Muntok, sabtu sore (17/8). Dan yang bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Kapolres Bangka Barat AKBP. Firman Andreanto.

Upacara penurunan bendera yang diikuti TNI/Polri, SatPol-PP, ASN dan PHL dilingkungan Bangka Barat, Ormas serta siswa-siswi SD, SMP dan SMA/K ini berjalan lancer dan tertib. Tidak ketinggalan masyarakat pun datang memenuhi kiri dan kanan lapangan upacara untuk melihat anggota paskibraka menurunkan bendera merah putih.

Menurut seorang warga yang melihat langsung dilapangan gelora mengatakan bahwa ini merupakan moment langka setahun sekali melihat anggota paskibraka secara langsung untuk menaikan dan menurunkan bendera.”ungkapnya.

Selesai mengikuti upacara penurunan bendera Bupati Bangka Barat beserta unsur forkopimda berfoto bersama dengan anggota paskibraka sebagai bentuk penghargaan dan kenang-kenangan.

Sumber: HumasPenulis: -Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

MARKUS SERAHKAN SECARA SIMBOLIS SK REMISI

Sat, 08/17/2019 - 16:30

Muntok, 17/8/19__Bupati Bangka Barat Markus memberikan secara simbolis surat keterangan remisi atau pengurangan masa hukuman kepada perwakilan narapidana di Rumah Tahanan (RUTAN) Cabang Muntok, usai melaksanakan upacara tabur bunga, sabtu (17/8).

Pemberian SK remisi kepada 89 orang  tersebut diberikan Markus dihadapan Kepala Rutan Muntok, Unsur Forkopimda, Sekda Bangka Barat, Kepala OPD, Organisasi-Organisasi Wanita dan tamu undangan lainnya.

Markus menyampaikan pemberian remisi ini sebagai apresiasi terhadap warga binaan Lapas yang berhasil menunjukan perubahan sikap, memperbaiki dan meningkatkan kompetensi diri dengan mengembangkan ketrampilan untuk hidup mandiri.

"Lewat pemberian remisi ini, diharapkan warga binaan di cabang Rutan Muntok selalu taat pada norma hukum sebagai bentuk tanggungjawab kepada Tuhan dan sesame’. Ungkap Markus saat menyampaikan sambutan Menkumham RI.

Sedangkan Kepala Rutan Cabang Muntok Asep H.A melaporkan, ke-89 orang yang mendapatkan remisi umum I tersebut yakni remisi 1 bulan sebanyak 41 orang, remisi 2 bulan 16 orang, remisi 3 bulan 26 orang, remisi 4 bulan sebanyak 4 orang. Sementara remisi umum II terdiri dari remisi 1 bulan untuk 1 orang, remisi 2 bulan untuk 1 orang.

Sumber: HumasPenulis: -Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

UPACARA TABUR BUNGA, SEBAGAI PENGHORMATAN KEPADA PARA PAHLAWAN

Sat, 08/17/2019 - 15:30

Muntok, 17/8/19__Setelah Bupati Bangka Barat Markus menjadi Inspektur Upacara Penaikan Bendera Merah Putih, giliran Kepala Kejari Bangka Barat Helena Oktavianne yang menjadi inspektur upacara Tabur Bunga di Pelabuhan Unit Metalurgi (UNMET) Muntok, sabtu (17/8).

Upacara tabur Bunga dilaksanakan bertujuan untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia berjalan sukses dan khikmat, ditandai dengan pelarungan karangan bunga ke laut.

Setelah upacara tabur bunga selesai, Bupati Bangka Barat beserta unsur forkopimda, Sekda Bangka Barat, dan tamu undangan lainnya melakukan tabur bunga sebagai rasa penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur.

Sumber: HumasPenulis: -Bidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

Pages