Subscribe to Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung feed
Updated: 2 hours 30 min ago

Beltim Dapat Bantuan Proyek Penyehatan Lingkungan Rp. 2,7 Miliar

8 hours 18 min ago

MANGGAR – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Cipta Karya akan membangun proyek Pengembangan Penyehatan Lingkungan Pemukiman senilai total Rp 2,7 miliar di Kabupaten Belitung Timur.

DKP Babel Siap Dukung Prioritas Pembangunan Daerah Tahun 2019

8 hours 32 min ago

PANGKALPINANG- – Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Kerja 2019 menyatakan siap dan akan mendukung prioritas daerah tahun 2019 yaitu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. “Tahun 2019 Pemprov Babel menargetkan pertumbuhan PDRB sebesar 5,25. Target itu nanti yang akan kita support melalui kegiatan-kegiatan DKP tahun 2019,” kata Padli belum lama ini di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Babel.

Pemprov Babel Targetkan 60 Persen Koperasi Tersertifikasi NIK

8 hours 45 min ago

PANGKALPINANG-- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menargetkan 60 persen koperasi yang aktif di wilayah Babel segera mendapatkan sertifikat nomor induk koperasi (NIK) guna mendorong optimalisasi pemanfaatan koperasi.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bangka Belitung Hj. Elfiyena menyebutkan berdasarkan data ODS sampai Februari 2018, baru 199 koperasi yang sudah bersertifikat NIK yang dikeluarkan Kementerian Koperasi dan UKM.

Wagub Minta Optimalkan SAKIP dan LAKIP

9 hours 13 min ago

PANGKALPINANG – Terdapat beberapa pesan penting disampaikan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah saat menjadi pembina pada upacara mingguan di halaman Kantor Gubernur Babel Senin (19/2). Sejumlah pesan tersebut terkait pelaksanaan roda pemerintahan yang dinilai masih belum maksimal. 

“Kita harus segera melakukan evaluasi mengenai pelaksanaan pemerintahan. Sebab dalam menjalankan sebuah organisasi, evaluasi menjadi sangat penting. Sehingga kebijakan dan kegiatan sesuai perencanaan,” kata Wagub.

Sekda Apresiasi Keberhasilan Pembangunan Sosial di Babel

Thu, 02/15/2018 - 17:28

PANGKALPINANG - Euforia kegembiraan tersirat di wajah 195 (seratus sembilan puluh lima) orang peserta yang terdiri dari Supervisor, Korteks (Koordinator TKSK), dan TKSK (Tenaga kesejahteraan Sosial kecamatan) dalam acara yang digelar oleh Direktrorat Jendral Fakir Miskin Perdesaan Kementerian Sosial RI dalam acara Bimbingan dan Pemantapan Pendamping Bantuan Sosial (Bansos) Pangan Wilayah I Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Jawa Barat, antara lain Kabupaten Bogor, Kabupaten Kerawang, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, Kota Bekasi dan Kota Depok.

Pernah Menguasai 40 Persen Pangsa Pasar Dunia, Muntok White Pepper Ingin Bangkit Lagi

Thu, 02/15/2018 - 16:25

BOGOR – Produksi lada Bangka Belitung sempat menguasai 40 persen pangsa pasar dunia. Angka tersebut berdasarkan data International Pepper Community (IPC) tahun 2014. Kini, berbagai kebijakan terhadap sektor ini diharapkan dapat membangkitkan kejayaan lada.

Menurut Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman saat menyampaikan kuliah umum di Kampus Institute Pertanian Bogor, perkembunan lada dan produk turunannya masih sangat potensial untuk dikembangkan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Meningkatkan Daya Saing Pasar Lada, Gubernur Jalankan Penguatan Strategi Hilir

Thu, 02/15/2018 - 16:24

BOGOR – Penguatan strategi hilir menjadi salah satu kebijakan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman meningkatkan daya saing lada Bangka Belitung di pasaran internasional. Sejumlah strategi tersebut dipaparkan saat menyampaikan kuliah umum di Institute Pertanian Bogor, Kamis (15/2/2018).

“Kita melakukan pembentukan lada centre, melaksanakan sistem resi gudang syariah, membentuk koperasi lada berkah serta menciptakan hilirisasi produk lada,” kata Gubernur di hadapan sejumlah mahasiswa.

Dihadapan Ratusan Mahasiswa Gubernur Babel Beberkan Empat Permasalahan Lada, Yang Nomor 4 Gubernur Minta Segera Dioptimalkan

Thu, 02/15/2018 - 16:22

BOGOR - Pada tahun 2013, PDB yang diperoleh dari perdagangan lada adalah yang paling besar ke lima setelah kelapa sawit, karet, kopi, kakao dan kelapa, yaitu sebesar 342 juta USD atau 1,5 persen dari total PDB yang diperoleh dari subsektor perkebunan (Ditjenbun 2014).

Serius Memikirkan Nasib Petani Lada, Begini Empat Strategi Inovasi

Thu, 02/15/2018 - 16:20

BOGOR – Sedikitnya terdapat empat strategi inovasi Gubernur Kepualuan Bangka Belitung Erzaldi Rosman untuk meningkatkan daya saing lada. Sejumlah strategi tersebut di antaranya kebijakan di hulu, on farm, hilir dan strategi yang bersifat menunjang.

Gubernur menekankan, menyepakati serta menetapkan lada sebagai komoditi unggulan. Selain itu mendorong peran lembaga terkait dalam pengadaan sarana dan prasarana. Untuk melaksanakan strategi hulu ini, terdapat beberapa poin harus dilakukan.

Mempunyai Rasa Lebih Pedas, Muntok White Pepper Terkenal di Pasaran Internasional

Thu, 02/15/2018 - 16:18

BOGOR - Sekarang tak lagi susah mempromosikan hasil produksi perkebunan lada di Bangka Belitung. Pasalnya pasaran internasional sudah mengenal Muntok White Pepper sejak dulu. Kenapa? Karena rasa lada Bangka Belitung mempunyai rasa pedas yang khas.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan, komoditas lada putih dari Indonesia untuk pasar internasional sudah terkenal sejak dulu, yaitu lada putih Bangka. Untuk di tingkat pasar internasional lebih dikenal dengan sebutan Muntok White Pepper.

Lada Bangka Terkenal Sejak Dulu, Rasanya Pedas-pedas Gitu..

Thu, 02/15/2018 - 16:16

BOGOR - Komoditas lada putih dari Indonesia sudah terkenal dipasar internasional sejak dulu, yaitu Lada Putih Bangka (Muntok White Pepper). Muntok White Pepper menjadi brand image yang terkenal di perdagangan internasional, karena cita rasanya yang khas dengan rasa yang lebih pedas. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan penghasil dan pengekspor utama komoditi lada putih di Indonesia.

Gubernur Kuliah Umum di Depan Ratusan Mahasiswa IPB, Sampaikan Target Babel jadi Provinsi Lada

Thu, 02/15/2018 - 16:13

BOGOR – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menjelaskan komitmen Pemprov Bangka Belitung untuk mengembalikan kejayaan lada Babel. Gubernur juga mentargetkan Babel menjadi Provinsi Lada di Indonesia.

Program Babel mengembalikan kejayaan lada ini disampaikan Gubernur Babel Erzaldi saat memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), di Kampus IPB, Kamis (15/2/2018).

Pentas Seni Budaya Jaga Kelestarian Budaya Babel

Thu, 02/15/2018 - 15:26

PANGKALPINANG--Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) melalui Kepala Bidang Pengembangan Kebudayaan Zuardi mengatakan tentang pentingnya pementasan seni budaya demi melestarikan khasanah budaya lokal, khususnya warisan budaya Bangka Belitung. Menurutnya, dengan adanya pentas seni budaya dapat menjaga eksistensi kearifan lokal di zaman yang serba modern ini.

Pemprov Babel Sambut Baik Pelayanan Bus Perintis Oleh Perum Damri

Thu, 02/15/2018 - 14:50

PANGKALPINANG-- – Sepuluh unit bus perintis di Pangkalpinang dan empat bus perintis di Belitung pada  Kamis (15/2) sudah resmi di launching. Bus ini beroperasi dengan trayek baru yang selama ini belum dibuka seperti lima trayek di Bangka yaitu; Pangkalpinang – RSUD Prov Babel, Pangkalpinang – Sempan, Pangkalpinang – Sebagin, Pangkalpinang Beriga, Pangkalpinang Kundi. Dan dua trayek di Belitung yaitu; Selat Nasik – Tanjung Nyato, Tanjung Pandan – Kampit (via Sijuk).

Dishub Babel Launching Bus Perintis

Thu, 02/15/2018 - 14:49

PANGKALPINANG-– Transportasi merupakan salah satu kebutuhan penting masyarakat dalam berkendara untuk mobilitasnya. Kebutuhan akan transportasi umum tersebut saat ini masih belum maksimal untuk dapat memenuhi berbagai akses tujuan masyarakat Babel. Maka dari itu, pada  Kamis (15/2) Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar launching angkutan perintis di wilayah Provinsi Bangka Belitung yang digelar di Alun-alun Taman Merdeka (ATM) Kota Pangkalpinang.

Harus Cerdas dan Bijak dalam Memilih Informasi

Thu, 02/15/2018 - 14:04

PANGKALPINANG—Di era digitalisasi sekarang ini masyarakat hendaknya bisa secara cerdas dan bijak untuk memilah maupun memilih sumber informasi. Apalagi bila informasi itu akan disampaikan kembali kepada masyarakat luas melalui kelompok atau organisasi. Termasuk disampaikan melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang menjadi ujung tombak pelayanan informasi hinga ke tingkat desa/kelurahan.

Diskominfo Usulkan Raperda Pengelolaan Teknologi dan Komunikasi

Thu, 02/15/2018 - 12:39

PANGKALPINANG--Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajukan Raperda Pengelolaan Teknologi dan Komunikasi. Raperda  ini  didasari atas kepentingan yang sangat mendesak setelah pertemuan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lantaran sejauh ini Diskominfo baru memiliki master plan dan belum memiliki regulasi.

Pasien RSJD Sukses Kelola Kebun Sayur

Thu, 02/15/2018 - 10:44

SUNGAILIAT-- Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kian hari terus melakukan inovasi. Antara lain upaya rehabilitasi mental sosial pasien rawat inap mengelola sebidang tanah untuk dijadikan kebun hasil pertanian.

Kebun tersebut sukses dikelola oleh pasien rawat inap yang sudah mulai membaik dan pegawai RSJD sendiri.

Hasil kebun yang sudah panen dijual melalui bazaar yang rutin digelar dengan konsumennya kalangan pegawai, pasien rawat jalan, dan pengunjung yang tengah berada di RSJD.

Amanah Mendagri di Pundak Pecinta Sastra dan Pak Ustadz

Wed, 02/14/2018 - 20:37

PANGKALPINANG—Wajah kedua pria yang mengenakan stelan jas lengkap itu tampak sumringah. Senyum terus mengembang dan dengan ramah menerima uluran tangan orang-orang yang memberikan ucapan selamat. Maklum, kedua pria itu yakni Asyraf Suryadin baru saja diberi amanah menjabat sebagai Pjs Walikota Pangkalpinang dan Sahirman Jumli sebagai Pjs Bupati Belitung.

Pemprov Babel Imbau Perusahaan di Babel Laksanakan PKBL Sesuai Peraturan

Wed, 02/14/2018 - 15:32

PANGKALANBARU --– Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan ucapan terimakasih atas yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura II Bangka Belitung  yang telah membangun sarana dan fasilitas umum bagi masyarakat Bangka Tengah. apalagi adanya keterbatasan APBD provinsi maupun kabupaten/kota untuk pembiayaan pembangunan.

Pages