Subscribe to Berita Dinkes Bangka Barat feed
Updated: 2 hours 50 min ago

LOMBA SEKOLAH SEHAT TINGKAT NASIONAL

Mon, 07/29/2019 - 14:59

Lomba Sekolah Sehat dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan tujuan  untuk menilai prestasi sekolah dalam melaksanakan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Tahun ini oleh SD Muhammadiyah Muntok mewakili  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam lomba sekolah sehat tingkat nasional.

Tanggal 23 Juli 2019, tim penilai Lomba Sekolah Sehat  yang terdiri dari 3 orang dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan 2 orang dari Kementerian Kesehatan mengunjungi SD Muhammadiyah Muntok terkait dengan Lomba Sekolah Sehat.  Penilaian ini dilakukan selama 1 hari dengan tahapan penilaian di SD Muhammadiyah Muntok, penilaian pada Tim Pembina UKS tingkat Kecamatan yang dilanjutkan dengan penilaian pada Tim Pembina UKS tingkat Kabupaten. Hasil penilaian ini dapat diketahui pada bulan Oktober 2019 nanti.

Sumber: DinkesBabarPenulis: @ntBidang Informasi: KesmasTags: Lomba Sekolah Sehat Bahasa: Indonesia

LOMBA SENAM LANSIA

Mon, 07/29/2019 - 14:52

Memperingati Hari Kesehatan Lansia, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat mengadakan Lomba Cerdas Cermat Lansia dan Lomba Senam Lansia . Lomba ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 17 Juli 2019 yang dilaksanakan di Pantai Batu Rakit, Kecamatan Muntok.

Acara ini melibatkan  17 kelompok usila binaan di Puskesmas Muntok Kabupaten Bangka Barat. Bertindak sebagai juri pada lomba cerdas cermat adalah 2 orang perwakilan dari Dinas Kesehatan dan 1 orang dari Puskesmas Muntok. Sedangkan juri untuk lomba senam lansia adalah 2 orang perwakilan dari Dinas Kesehatan dan 1 orang dari Satuan Polisi Pamong Praja.

Sumber: DinkesBabarPenulis: @ntBidang Informasi: KesmasTags: Senam lansia Bahasa: Indonesia

WORKSHOP TEKNIS KESELAMATAN PASIEN

Fri, 06/28/2019 - 14:52

               Tanggal 17 sampai dengan 18 Juni tahun 2019 Dinas Kesehatan melalui bidang Pelayanan Kesehatan melaksanakan “Workshop Teknis Keselamatan Pasien” yang dilaksanakan di Hotel Pasadena – Muntok.  Dilaksanakannya Workshop Teknis Keselamatan Pasien ini mengingat aspek peningkatan mutu dan keselamatan pasien menjadi poin penting dalam penerapan mutu di fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama (FKTP).

             Workshop diisi oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepuluan Bangka Belitung yaitu dr. Nurhasanah dan dr. Hj. Renny Meilia Yuliawatie, dan diikuti oleh 8 (delapan) puskesmas di Kabupaten Bangka Barat yang masing-masing puskesmas mengirimkan 6 orang  yaitu : Kepala Puskesmas, Ketua Mutu, Ketua Audit Internal, Ketua Pokja Admin,Ketua Pokja UKP dan Ketua Pokja UKM.

Sumber: HumasProPenulis: @ntBidang Informasi: YankesTags: keselamatan pasien; puskesmas Bahasa: Indonesia

WORKSHOP AUDIT INTERNAL DAN TINJAUAN MANAJEMEN

Fri, 06/28/2019 - 14:38

            Untuk  meningkatkan  efektifitas penerapan sistem manajemen mutu di suatu organisasi, baik dari sisi kekuatan, kelemahan dan perbaikan yang diperlukan dalam penerapan sistem manajemen mutu. Untuk meningkatkan manajemen di puskesmas Kabupaten Bangka Barat, maka Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat yang dikoordinir oleh bidang Pelayanan Kesehatan melaksanakan “Workshop Audit Internal dan Tinjauan Manajemen”.  Workshop ini dilaksanakan pada hari Rabu sampai Jum’at, tanggal 12 sampai dengan 14 Juni 2019 yang dilaksanakan di Ruang OR II Pemkab. Bangka Barat.

          Workshop diikuti oleh 8 puskesmas di Kabupaten Bangka Barat, dimana setiap puskesmas mengirimkan 6 orang yang berkaitan lansung dengan pelaksanaan akreditasi puskesmas yaitu : Kepala Puskesmas, Ketua Mutu, Ketua Audit Internal, Ketua Pokja Admin,Ketua Pokja UKP dan Ketua Pokja UKM. Narasumber Workshop Audit Internal dan Tinjauan Manajemen dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu Yeni Arsika Wati, SKM dan Rahmawati, SKM, M. Si.

          Diharapkan setelah pelaksanaan workshop peserta memahami dan mampu menjalankan peran sebagai auditor mutu internal dalam pemeliharaan dan peningkatan sistem manajemen mutu, yang nantinya peserta memahami dan mampu menyusun Program Audit meliputi perencanaan, persiapan dan pelaksanaan audit internal serta menyusun laporan audit mutu internal.

Sumber: HumasProPenulis: @ntBidang Informasi: YankesTags: audit internal; puskesmas Bahasa: Indonesia