Subscribe to Berita Kominfo Bangka Barat feed
Updated: 1 hour 24 min ago

Dinas Kominfo Kota Pangkalpinang Melakukan Kunjungan Kerja Ke Dinas Kominfo Kabupaten Bangka Barat

Tue, 05/23/2017 - 15:12

Muntok, (23/05/2017) Kominfo,  Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang hari ini (23/05/2017) melakukan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Barat. Peserta kunjungan adalah Sekretaris Diskominfo beserta rombongan sebanyak 16 orang yang terdiri dari para Kepala Bidang, Kepala Seksi, Kepala Sub Bagian, dan staff Diskominfo kota pangkalpinang dan diterima langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Barat.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bangka Barat Amir Hamzah. S.Sos menyambut baik atas kunjungan ini,  berterima kasih atas kunjungan dan silahturahmi Dinas Kominfo Kota Pangkalpinang.

Drs. Ubaidi selaku Sekretaris Dinas Kominfo Kota Pangkalpinang mengatakan bahwa tujuan kunjungan kerja ini untuk saling bertukar informasi tentang program kerja dan struktur organisasi  dinas dan mungkin ada program kerja  Dinas Kominfo Kabupaten Bangka Barat yang juga dapat diaplikasikan oleh Dinas Kominfo Kota Pangkalpinang.

Dalam kunjungan tersebut rombongan Diskominfo Kota Pangkalpinang dapat melihat langsung dan saling bertukar informasi tentang program kerja masing masing bidang yang ada di Dinas Kominfo Kabupaten Bangka Barat.**

Sumber: Diskominfo BabarPenulis: Donny FFotografer: SetyokoEditor: M. AmrullahBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

Upacara Bendera Memperingati 109 Tahun Hari Kebangkitan Nasional

Mon, 05/22/2017 - 16:44

Muntok, (22/05/2017) KOMINFO,  Upacara bendera memperingati 109 tahun Hari Kebangkitan Nasional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat digelar hari ini (22/05/2017) di lapangan Atletik Pemkab Bangka Barat.  Adapun tema yang diusung dalam Upacara Hari Kebangkitan Nasional  ini adalah “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional Dengan Mewujudkan Indonesia Yang Bekerja Nyata, Mandiri Dan Berkarakter”.  Upacara ini diikuti oleh PNS dan PHL dilingkungan Pemerintah Kabupten Bangka Barat,  TNI, Polri, siswa siswi SD, SMP, SMA di Kecamatan Muntok serta tamu undangan lainnya yang hadir.

Bupati Bangka Barat selaku inspektur upacara  dalam penyampaian sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengatakan sejak diproklamirkannya kemerdekaan, kita bangsa Indonesia telah berjanji dan berketetapan hati bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini adalah harga mati yang tidak dapat ditawar tawar lagi dalam kondisi dan keadaan apapun.

 “Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) telah lama berdiri sebagai bangsa, ancaman dan tantangan akan keutuhan NKRI tidak selangkah pun surut, bahkan melalui kemajuan teknologi digital. Ancaman radikalisme dan terorisme, misalnya, mendapatkan medium baru untuk menyebarkan paham dan praktiknya” Tegas Parhan Ali

Dalam rangkaian peringatan hari Kebangkitan Nasional ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis Kartu Indonesia Pintar dan penerima Program Indonesia Pintar dari Presiden Republik Indonesia untuk siswa-siswi berprestasi tingkat SD dan SMP sebanyak sembilan orang  oleh Bupati Bangka Barat.

Sumber: Diskominfo BabarPenulis: Donny FFotografer: SetyokoEditor: Henry FirsantoBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

Himbauan Agar Segera Melakukan Tindakan Pencegahan Terhadap Ancaman Malware Khususnya Ransomware Jenis WannaCRY

Mon, 05/15/2017 - 09:38

Seperti yang diberitakan di beberapa media baik di dalam ataupun luar negeri, telah terjadi fenomena serangan siber di beberapa negara, termasuk Indonesia. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan menyampaikan serangan siber ini bersifat tersebar dan masif serta menyerang critical resource (sumber daya sangat penting), maka serangan ini bisa dikategorikan teroris siber.

Di Indonesia, berdasarkan laporan yang diterima oleh Kominfo, serangan ditujukan ke Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais.  Dengan adanya serangan siber ini kami minta agar masyarakat tetap tenang dan meningkatkan kehati hatian dalam berinteraksi di dunia siber.

Semmy menjelaskan serangan siber yang menyerang Indonesia berjenis ransomware. Ransomware adalah sebuah jenis malicious software atau malware yang menyerang komputer korban dengan cara mengunci komputer korban atau meng-encrypt semua file yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali. Tahun ini sebuah jenis ransomware baru telah muncul dan diperkirakan bisa memakan banyak korban. Ransomware baru ini disebut Wannacry. Wannacry ransomware mengincar PC berbasis windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi SMB yang dijalankan di komputer tersebut. Saat ini diduga serangan Wannacry sudah memakan banyak korban ke berbagai negara. Oleh karena itu penting untuk melakukan serangkaian tindakan pencegahan dan juga penanganan apabila terjadi insiden.

Infeksi dan Penyebaran :

Wannacry menginfeksi sebuah computer dengan meng-enkripsi seluruh file yang ada di komputer tersebut dan dengan menggunakan kelemahan yang ada pada layanan SMB bisa melakukan eksekusi perintah lalu menyebar ke computer windows lain pada jaringan yang sama. Semua komputer yang tersambung ke internet yang masih memiliki kelemahan ini apalagi komputer yang berada pada jaringan yang sama memiliki potensi terinfeksi terhadap ancaman Wannacry. Setiap komputer windows yang sudah terinfeksi akan mendapatkan tampilan seperti gambar page di atas.

Dari tampilan diketahui bahwa Wannacry meminta ransom atau dana tebusan agar file file yang dibajak dengan enkripsi bisa dikembalikan dalam keadaan normal lagi. Dana tembusan yang diminta adalah dengan pembayaran bitcoin yang setara dgn 300 dollar amerika. Wannacry memberikan alamat bitcoin untuk pembayarannya. Disamping itu juga memberikan deadline waktu terakhir pembayaran dan waktu dimana denda tebusan bisa naik jika belum dibayar juga.

Tindakan Pencegahan sebelum infeksi :

Lakukan beberapa langkah berikut untuk tindakan pencegahan dari terinfeksi malware ransomare jenis wannacry,

  1. Cabut Kabel LAN/Wifi
  2. Lakukan Backup Data
  3. Update Anti-Virus
  4. Update security pada windows anda dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh microsoct. Lihat : https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx
  5. Jangan mengaktifkan fungsi macros
  6. Non aktifkan fungsi SMB v1
  7. Block 139/445 & 3389 Ports
  8. Ulangi, selalu backup file file penting di komputer anda dan di simpan backupnya ditempat lain

Tindakan Setelah Infeksi :

Saat ini belum ada solusi yang paling cepat dan jitu untuk mengembalikan file file yang sudah terinfeksi wannacry. Akan tetapi memutuskan sambungan internet dari komputer yang terinfeksi akan menghentikan penyebaran wannacry ke komputer lain yang rentan vulnerable

Sebagai tambahan yang sangat penting, ID-SIRTII menghimbau agar pada hari Senin besok dan kantor akan buka, mohon diwaspadai ancaman ini dan melakukan hal-hal sebagai berikut :

  • Agar PC-PC dan bentuk Komputer Personal dan Jaringan lainnya jangan terhubung ke LAN dan Internet dulu,
  • Terlebih dahulu lakukan backup data penting,
  • Pastikan software anti virus sudah update serta security patch yang disarankan oleh microsoft dilakukan terlebih dahulu.

Untuk konsultasi secara online bisa diakses ke : https://www.nomoreransom.org . Juga, apabila diperlukan informasi dan saran teknis, dapat diemail : incident@idsirtii.or.id .

Kontak Person apabila diperlukan,  

Direktur Keamanan Informasi : Aidil Cenderamata 0817758377
Wakil Ketua ID-SIRTII : Salahuddin (Didin) 0816945022

Sumber: BIRO HUMAS, KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKAPenulis: BIRO HUMAS, KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA Bahasa: Indonesia

Pesta Adat Pangkal Beras

Sun, 05/14/2017 - 10:31

Muntok (14/05/2017) KOMINFO.  Desa Pangkalberas Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat melaksanakan Pesta Adat Kampung yang diadakan di alun-alun tengah kampung hari Minggu lalu (14/05). Pelaksaan Perayaan Pesta Adat Kampung Pangkaberas yang diadakan oleh masyarakat Desa ini tak lepas dari dukungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat. Pelaksanaan Pesta Adat Kampung yang dilakukan setiap tahun ini merupakan sebuah tradisi yang dilakukan secara turun temurun, yang biasanya dilaksanakan pada 13 hari bulan Syakban untuk menyambut bulan puasa Ramadhan. Acara diawali dengan perayaan arak arakan khataman Al-Quran dengan menggunakan kendaran hias yang dibuat seperti becak dengan aneka bentuk hiasan. Arak-arakan dilakukan keliling kampung dan berakhir di masjid kampung alun alun Desa Pangkalberas untuk melakukan persiapan membaca kitab suci Al-Qur’an.

Kemudian acara dilanjutkan dengan ritual adat yang dipimpin oleh Bapak Gani selaku dukun atau ketua kampung Desa Pangkalberas, Menurut Bapak gani, ritual adat ini hingga kini telah dilaksanakan oleh 6 keturunan. Pelaksanaan ritual tersebut merupakan satu kepercayaan masyarakat setempat yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam berladang.

 Setelah itu acara dilanjutkan dengan pertunjukan Seni Tari Campak, Pertunjukan seni rudat, Pertunjukan Seni Beladiri dan pertunjukan Seni Pencak silat dari Pangkalberas, kemudian ditutup dengan membaca doa untuk keselamatan.

Kemeriahan acara Pesta Adat Kampung Pangkalberas ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka Barat Sunatro,S.IP., Camat Kelapa, Kapolsek Kelapa, Kepala Desa Pangkalberas,Ketua atau Dukun Adat Pangkalberas, Ketua penyelenggaraan Pesta Adat Pangkalberas, tamu undangan dari desa- desa tetangga dan dari warga Desa Pangkalberas sendiri.

Inti dari perayaan sedekah kampung ini lebih menonjolkan pada seni budaya daerah seperti Tari campak, musik dambus dan peragaan pencak silat. Rumah penduduk juga dibuka untuk menerima silahturahmi tetamu dengan aneka hidangan bak di hari raya..***

 

Sumber: Diskominfo Bangka BaratPenulis: Dedy SusantoFotografer: Dedy SusantoEditor: M.AmrullahBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia

Audiensi TIM Bedah Saraf RSCM dengan Bupati Bangka Barat

Wed, 05/10/2017 - 07:56

Muntok, (09/5/2017) KOMINFO, Tim Bedah Saraf Rumah Sakit Cipto Mangun Kusomo (RSCM) hari ini (09/5/2017) melakukan audensi dengan Bupati Bangka Barat. Tim Bedah Saraf yang beranggotakan dr. David Tandian, Sp.BS(K), dr Hanif G Tobing, Sp.BS(K), dr. Setyo Widi Nugroho, Sp. BS(K), DR. dr. Renindra A Aman, Sp. BS(K), dr. Affan Priyambodo, Sp.BS, dr. Muhammad Ilarisyah, dr. Harris Istianggoro, dan dr. Andre Fachniadin ini bertujuan untuk melaksanakan operasi Hydrocepalus, dimana pasien operasi berasal dari wilayah Kepulauan Bangka Belitung.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sejiran Setason dipilih sebagai tempat pelaksanaan operasi tersebut, yang mana operasi ini akan dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2017. Selama ini pasien Hydrocepalus di Kabupaten Bangka Barat  hanya bisa dilakukan di RSCM. Seluruh biaya perawatan  pasien hydrocephalus ini akan ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Barat.**

Sumber: Diskominfo BabarPenulis: Donny FFotografer: Dedi SusantoEditor: M. AmrullahBidang Informasi: Humas Bahasa: Indonesia