Subscribe to KOMINFO feed
RSS Berita
Updated: 2 hours 27 min ago

Impor Ponsel Turun Drastis, Produksi Nasional Tembus 60 Juta Unit

Sun, 02/18/2018 - 11:32
Industri telepon seluler (ponsel) di dalam negeri mengalami pertumbuhan jumlah produksi yang cukup pesat selama lima tahun terakhir. Hal ini tidak terlepas dari upaya pemerintah memacu pengembangan di sektor telekomunikasi dan informatika (telematika) tersebut.

Presiden Ingin Peluang Revolusi Industri 4.0 Dimanfaatkan Untuk Perkokoh Karakter Bangsa

Fri, 02/16/2018 - 20:08
Kemunculan revolusi industri 4.0 ditandai dengan perkembangan cepat teknologi di seluruh dunia. Presiden Joko Widodo meminta kehadiran revolusi industri 4.0 ini dapat diantisipasi. Menurut dia, globalisasi sudah tidak terhindarkan lagi. Kompetisi antarnegara semakin ketat dan semua negara ingin jadi pemenang, termasuk Indonesia. Karena itu, ia ingin peluang revolusi industri 4.0 ini dapat dimanfaatkan untuk memperkokoh karakter bangsa. Apalagi, digitilalisasi, computing power dan data analytic telah melahirkan terobosan-terobosan yang mengejutkan di berbagai bidang, yang mengganggu kehidupan masyarakat. "Bahkan men-disrupsi peradaban kita. Yang mengubah lanskap ekonomi global, nasional, dan daerah serta laskap politik global, nasional dan daerah. Lanskap interaksi global, nasional, dan daerah. Semuanya akan berubah," ujar Jokowi pada peresmian pembukaan Konvensi Kampus XIV dan temu tahunan XX Forum Rektor Indonesia tahun 2018 di Gedung Baruga Andi Pangeran Pettarani, Universitas Hasanuddin, Kota Makassar, Kamis, 15 Februari 2018. Ia mengakui revolusi industri 4.0 ini membawa beberapa dampak negatif. Media sosial menjadi pembawa berita bohong, hingga pergeseran model-model bisnis yang mengakibatkan beberapa jenis pekerjaan tidak lagi dibutuhkan. Ia mengakui revolusi industri 4.0 ini membawa beberapa dampak negatif. Media sosial menjadi pembawa berita bohong, hingga pergeseran model-model bisnis yang mengakibatkan beberapa jenis pekerjaan tidak lagi dibutuhkan. "Namun juga banyak kesempatan positif yang bisa kita pakai untuk menjadikan sebagai pemenang. Apabila kita bisa memanfaatkan peluang-peluang ini," kata dia. Teknologi cyber physical, misalnya ditandai dengan munculnya autonomous vehicle atau mobil tanpa awak. three d printing, yang bisa membuat barang secara sempurna dengan cara yang cepat dan murah. Adapula, advanced robotic yang bisa mengambil alih peran manusia. Kemudian, internet of things, big data, artificial intellegence dan virtual reality yang terus berkembang. Hal itu mulai diaplikasikan dalam block chain dan crypto currency yaitu mata uang tanpa bank sentral, yang saat ini diperebutkan banyak orang.

Jelang AG 18, Kementerian PUPR Terus Lengkapi dan Perbaiki Fasilitas Wisma Atlet Kemayoran

Fri, 02/16/2018 - 19:25
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan meski telah digunakan, wisma atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, masih akan mengalami perbaikan sebelum Asian Games 2018. Menteri Basuki terlihat mencatat beberapa kerusakan pada fasilitas di Wisma saat meninjau wisma bersama Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. "Ini gunanya test event (pemansan Asian Games 2018)," kata Basuki. Menurut Basuki, kerusakan itu misalnya ada sedikit kebocoran di lantai lima salah satu tower wisma atlet. Wisma itu sedang ditempati oleh para atlet dari 19 negara. Basuki juga menyatakan perlunya perluasan lokasi parkir bus atlet. Ia berencana membongkar parkiran bus dan memperbaikinya. "Kalau 5 ribu atlet dan (kapasitas) satu bus cuma 50 orang, berarti berapa bus tiap hari di sini," ujar Basuki. Tak hanya itu, ada juga keluhan kamar atlet yang belum terpasang gorden. Basuki mengaku ada miskomunikasi dengan Indonesian Asian Games Organizing Committee (Inasgoc). Jogging track dan konblok pun perlu dibongkar agar tampak lebih rapi. Tes event digelar untuk menguji kesiapan arena dan panitia. Turnamen menjelang Asian Games 2018 ini berlangsung dari Kamis, 8 Februari hingga Kamis, 15 Februari 2018. Delapan cabang olahraga akan dipertandingkan di turnamen yang digelar di Jakarta ini. Selama test event maupun penyelenggaraan Asian Games 2018 pada Agustus mendatang, tiap atlet memang diwajibkan menetap di Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Presiden Tegaskan Perlunya Deregulasi dan Debirokratisasi untuk Dukung Perguruan Tinggi

Fri, 02/16/2018 - 19:04
Saat ini tidak ada pilihan lain bahwa kita untuk harus cepat berbenah, bekerja secara cepat dan efisien, berani melakukan perubahan besar dan terus melakukan inovasi. Bahkan tanpa adanya kompetisi maka budaya yang berkembang adalah budaya yang lamban dan tidak inovatif karena tidak ada kompetitor. Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo ketika memberikan sambutan pada Peresmian Pembukaan Konvensi Kampus XIV dan Temu Tahunan XX Forum Rektor Indonesia Tahun 2018 yang dilaksanakan di Gedung Baruga Andi Pangeran Pettarani, Universitas Hasanuddin, Kota Makassar, Kamis 15 Februari 2018. Presiden teringat ketika dirinya masih duduk di bangku SMP, bank milik pemerintah tutup pada pukul 13 karena tidak adanya bank pesaing. Tapi setelah muncul bank-bank swasta, bank-bank pemerintah langsung berbenah diri dan tetap memenangkan kompetisi. "Ternyata alhamdulillah keuntungan terbesar ada di BRI bukan bank swasta, bukan bank asing. Artinya bank pemerintah bisa berkompetisi dengan bank asing ataupun bank swasta," ujar Presiden. Di bidang perguruan tinggi, Presiden telah menerima usulan dari Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir. "Pak, ini perguruan tinggi kalau enggak berubah kita kasih kompetisi dengan universitas asing,” ucap Presiden menyampaikan usulan Menristekdikti. Namun Presiden tidak lantas menyetujuinya dan meminta Menristekdikti berbicara dengan semua rektor, baik negeri maupun swasta.

Presiden Minta Para Rektor Perguruan Tinggi Lakukan Terobosan Besar di Bidang Pendidikan

Fri, 02/16/2018 - 18:16
residen Joko Widodo meminta para rektor dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk melakukan terobosan-terobosan. Sebab, pengembangan sumber daya manusia (SDM) selalu menjadi prioritas dalam kebijakan pemerintah. Hal ini disampaikan Presiden Jokowi pada Peresmian Pembukaan Konvensi Kampus XIV dan Temu Tahunan XX Forum Rektor Indonesia Tahun 2018. Acara itu dilaksanakan di Gedung Baruga Andi Pangeran Pettarani, Universitas Hasanuddin, Kota Makassar, Kamis (15/2/2018). “Namun mulai tahun ini, terutama tahun depan terobosan-terobosan besar harus kita lakukan di bidang pendidikan dan lebih spesifik lagi dalam pendidikan tinggi,” ucap Presiden Jokowi. Kebijakan-kebijakan pemerintah dalam mengembangkan SDM diwujudkan dalam berbagai upaya membuka akses. Seperti akses masyarakat terhadap layanan kesehatan antara lain melalui Program Kartu Indonesia Sehat (KIS). Kemudian akses masyarakat terhadap layanan pendidikan dilakukan melalui Program Kartu Indonesia Pintar (KIP). Lalu adanya beasiswa pendidikan vokasional dan training vokasional terus ditingkatkan.

Produk Indonesia Siap Dijual di Platform E-Dagang Terkemuka AS

Tue, 02/13/2018 - 12:17
Los Angeles, 12 Februari 2018 – Indonesia Trade Promotion Center Los Angeles (ITPC LA) semakin gencar melakukan promosi produk ke berbagai platform e-dagang (e-commerce) di pasar Amerika Serikat (AS). Inkubator produk artisan binaan ITPC LA, Everina yang menghasilkan berbagai macam tas buatan tangan asal Indonesia, berhasil melewati proses kurasi produk dan manajemen usaha sehingga dapat menjual ke salah satu platform e-dagang raksasa dunia, Amazon Handmade. Amazon Handmade merupakan bagian dari platform e-dagang raksasa dunia, Amazon, yang mengkhususkan pada penjualan produk buatan tangan. Beberapa tahun terakhir, konsumen AS sangat tertarik dengan produk buatan tangan karena memiliki keunikan tersendiri.

Sambut Juara Bulutangkis Beregu Asia 2018, Menpora Beri Bonus Tim Indonesia Rp 5 Miliar

Tue, 02/13/2018 - 11:51
Tim Badminton Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa di kancah internasional setelah tim putra Indonesia meraih meraih juara Badminton Asia Team Championship 2018, sedangkan tim putri mendapat medali perunggu setelah di semifinal dikalahkan jepang dengan skor 0-3. Menanggapi hasil postif tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi langsung menyambut kedatangan tim Badminton Indonesia dari Malaysia di Kantor Kemenpora, Senin (12/2/2018). "Kalian sudah berjuang dan memberikan yang terbaik bagi Indonesia tapi kalian tidak banyak permintaan pada pada pemerintah kecuali dukungan. Ini yang saya kira betul-betul menjadi pondasi penting bagi kita semuanya. Namun demikian pemerintah juga sudah memikirkan apresiasi tersebut. Dan saya sudah perintahkan pada Deputi saya untuk ada penghormatan berupah bonus sebenar Rp 5 miliar bagi 42 orang dalam satu tim termasuk pelatih," kata Imam Nahrawi. Dalam sambutannya ini, orang nomor satu di lingkungan Kemenpora tersebut mengatakan bahwa ini mewakili kegembiraan Pemerintah dan rakyat Indonesia atas prestasi yang mereka dapatkan. “Sambutan saya ini mewakili kegembiraan pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia. Tadi saat rapat di istana, Presiden dan Wapres memberi apresiasi kepada para pelatih dan pemain. Selain itu, tentu saya ingin apa yang sudah diraih ini bisa menyebar ke seluruh cabang olahraga yang lain. Karena kami sedang mensupport olahraga lain agar terus memberikan kegembiraan bagi negeri yang kita cintai ini dimana tahun 2018 ini adalah tahun olahraga dimana kita akan menghadapi Asian Games dan Asian Para Games 2018,” kata Imam Nahrawi.

Presiden Tegaskan 2019 Pemerintah Fokus Pada Pembangunan SDM

Tue, 02/13/2018 - 11:29
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menggelar Sidang Kabinet Paripurna bersama seluruh jajarannya di Istana Negara, Jakarta. Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah tahun 2019 merupakan bahasan utama pada rapat kali ini. Sebagaimana disampaikan dalam siaran pers Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Kepala Negara mengingatkan bahwa mulai tahun 2019 mendatang, pemerintah harus mulai memberikan fokus perhatian kepada pembangunan sumber daya manusia. "Tahapan kedua setelah pembangunan infrastruktur di kerja besar kita adalah pembangunan sumber daya manusia. Kementerian-kementerian harus mulai merancang apa yang akan dikerjakan dalam kerja besar pembangunan sumber daya manusia," kata Presiden pada Senin, 12 Februari 2018. Dalam kaitannya dengan momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin meningkat dari sebelumnya 5,06% pada triwulan ketiga 2017 menjadi 5,19% di triwulan keempat, Presiden juga berharap agar kinerja dan momentum ini untuk dapat terus dipertahankan. Demikian halnya dengan konsumsi rumah tangga yang diharapkan semakin membaik seiring dengan implementasi program padat karya tunai yang telah digulirkan di sejumlah daerah. "Untuk hal ini, saya telah melihat kemarin beberapa titik oleh Kementerian PU, satu titik oleh Kementerian Desa, dan saya belum lihat kementerian lain. Program padat karya dari kementerian yang lain agar disampaikan untuk bisa dilihat," tuturnya. Lebih lanjut, Presiden kembali menyampaikan kepada jajarannya bahwa kunci untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi agar dapat lebih meningkat ialah meningkatkan investasi dan ekspor. Untuk itu, jajaran pemerintah diminta untuk tetap berupaya memperbaiki iklim kemudahan berusaha dan investasi dari pusat hingga ke daerah.

Kementerian PUPR Tangani Banjir dan Rob Kota Semarang

Tue, 02/13/2018 - 11:10
Untuk mengurangi genangan di sebagian ruas Jalan Kaligawe, Semarang akibat intensitas hujan yang tinggi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Minggu malam (11/2) mengirimkan lima mobil pompa dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane, Jakarta. Sebelumnya telah dilakukan penambahan pompa submersible dengan kapasitas 200 liter per detik pada Sistem Sringin sebanyak tiga unit dan Tenggang sebanyak lima unit. "Kita akan pasang dua pompa permanen berkapasitas 12 meter kubik per detik dan 10 meter kubik detik yang akan datang dan berfungsi bulan depan. Apalagi bila Tol Semarang-Demak sudah selesai dibangun, rob akan tertangani karena sekaligus berfungsi sebagai tanggul rob," papar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai membuka acara Konsultasi Regional Kementerian PUPR di Semarang, Senin (12/2). Desain sebagian jalan tol Semarang-Demak berada di laut yang akan berfungsi sebagai tanggul penahan limpasan pasang air laut. Saat ini dalam tahap proses penetapan lokasi oleh pemda dan nantinya akan dilakukan pelelangan dengan nilai investasi yang dibutuhkan

Presiden Minta Menlu Terus Lanjutkan Kontribusi RI untuk Perdamaian dan Kemanusiaan Dunia

Mon, 02/12/2018 - 22:38
Presiden Joko Widodo mengharapkan Kementerian Luar Negeri terus melanjutkan diplomasi perdamaian yang diemban Indonesia. Kepala Negara berharap Indonesia selalu berperan aktif dalam menjalankan misi perdamaian di ranah global seperti di Rakhine di Myanmar dan Afghanistan, sejalan dengan amanat konstitusi yang mengamanatkan Indonesia untuk mewujudkan perdamaian dunia. "Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia yang moderat, majemuk, sekaligus negara terbesar ketiga di dunia memiliki tanggung jawab besar untuk menjadi bagian dari solusi bagi berbagai permasalahan global," paparnya dalam keterangan resmi, Senin (12/2/2018). Jokowi menuturkan dalam tiga tahun memimpin Indonesia dan berkunjung ke sejumlah negara untuk menghadiri pertemuan, para pemimpin negara lain memuji diplomasi perdamaian dan kemanusiaan yang dilakukan oleh Indonesia. Bahkan, menurutnya, Presiden Palestina Mahmoud Abbas sampai menyebut Indonesia sebagai teman sejati Palestina.

Presiden Minta Diplomat Lakukan Pendekatan Diplomasi Sesuai Zaman

Mon, 02/12/2018 - 22:18
Presiden Joko Widodo mengatakan, tugas diplomat zaman sekarang harus mampu menyesuaikan perkembangan zaman. Ia menjelaskan, warga Indonesia berharap diplomat memperjuangkan kepentingan bangsa. "Masyarakat Indonesia yang berjumlah 260 juta mengharapkan agar para diplomatnya menjadi diplomat yang mampu memperjuangkan kepentingan Indonesia, kepentingan rakyat Indonesia. Oleh karena itu tindakan baru reformasi kita harus terus kita sesuaikan sesuai dengan tantangan zaman yang ada," ujarnya di Gedung Pancasila, Jl Pejambon, Jakarta Pusat, Senin (12/2/2018). Ia meminta para diplomat cepat tanggap. Para diplomat juga diminta memberi perlindungan bagi WNI. "Diplomasi yang cepat, responsif, tanggap, bukan diplomasi lagi yang membuang uang, tapi diplomasi yang menghasilkan uang. Diplomasi yang berpihak pada perlindungan warganya di luar negeri. Diplomasi yang tidak akan mundur seinci pun untuk membela kedaulatan negaranya. Diplomasi yang dapat memberikan kontribusi bagi perdamaian," terangnya.

Presiden: Kita Negara Besar

Mon, 02/12/2018 - 22:04
Presiden Joko Widodo memperingatkan menteri, dubes dan jajarannya untuk tak lagi mencari-cari bantuan dari negara-negara lainnya. Mantan wali kota Solo ini pun pula meminta para perwakilan RI di luar negeri itu untuk tak malu unjuk gigi. "Saya sudah sampaikan kepada Bu menlu, kepada seluruh menteri agar kita ini tidak lagi mencari-cari bantuan. Kita itu sudah harus seharusnya membantu," katanya di hadapan ratusan diplomat, di gedung Pancasila, Kemlu, Pejambon, Jakarta Pusat, Senin (12/2/2018). Presiden beralasan Indonesia sudah menjadi negara besar yang layak diperhitungkan di dunia. "Saya ingatkan kita ini sudah masuk sebagai negara G21, artinya kita ini sudah masuk golongan negara besar," ucap mantan Walikota Solo ini. Presiden terus mengulangi ucapannya dan meminta para diplomat serta menteri bahwa Indonesia bukan negara kecil. "Jangan lagi merasa inferior, jangan lagi merasa kita ini negara kecil, sekali lagi saya ulang kita ini negara besar. Kita ini sudah masuk negara G21, kita membantu jangan dibalik, jangan lagi (diberi bantuan)," katanya.

Presiden Minta Pemuka Agama Ingatkan Nikmatnya Perdamaian dan Kerukunan

Mon, 02/12/2018 - 10:01
Presiden Joko Widodo menyatakan, aparat pemerintah dan para pemuka agama harus selalu bekerja sama untuk membangun Indonesia yang kokoh, bukan saja toleran dan saling pengertian semata, tetapi juga terus saling bekerja sama, bersinergi menjaga pendidikan dan sikap umat kita masing-masing.

Presiden Serahkan Sertifikat Tanah Wakaf di Sumbar

Fri, 02/09/2018 - 21:24
Presiden Joko Widodo menyerahkan 18 sertifikat tanah untuk rumah ibadah di Masjid Raya Sumatera Barat, Jumat (9/2/2018). Pemberian sertifikat tanah dilakukan setelah Presiden bersama rombongan melaksanakan salat Jumat di masjid tersebut. "Pada siang hari ini, kami akan menyerahkan 18 sertifikat untuk masjid, musholah, surau yang ada di Sumatera Barat," ucap Jokowi. Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo juga menegaskan bahwa tadi pagi, ia telah memerintahkan menteri BPN untuk menyiapkan sertifikat bagi seluruh masjid, musholla dan surau se Indonesia. Jokowi menyebutkan memberikan jangka waktu dalam dua tahun sertifikat tersebut harus sudah siap. Karena menurut Presiden, dari informasi yang didapatnya bahwa tanah-tanah wakaf yang tidak disertifikatkan terkadang masih ada sengketanya. Tentunya dengan kepemilikan sertifikat ini menjadi pegangan bagi para pengurus agar terhindar dari sengketa.

Presiden: Pers Pilar Penegak Penyampaian Kebenaran

Fri, 02/09/2018 - 19:16
Puncak perayaan Hari Pers Nasional 9 Februari 2018 tidak kalah meriah dari tahun-tahun berikutnya. Bahkan, tahun ini dikatakan oleh Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Margiono sebagai kegiatan tahunan yang paling ramai dibandingkan pesta lainnya sejak 9 tahun lalu. Kehadiran Presiden Joko Widodo sebagai tamu kehormatan pun membuat penutup rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Pers Nasional 2018 semakin riuh di Danau Cimpago Kota Padang, Jumat (09/02/2018).

Presiden: Pers sebagai Pilar Penegak Penyampaian Kebenaran

Fri, 02/09/2018 - 19:16
Puncak perayaan Hari Pers Nasional 9 Februari 2018 tidak kalah meriah dari tahun-tahun berikutnya. Bahkan, tahun ini dikatakan oleh Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Margiono sebagai kegiatan tahunan yang paling ramai dibandingkan pesta lainnya sejak 9 tahun lalu. Kehadiran Presiden Joko Widodo sebagai tamu kehormatan pun membuat penutup rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Pers Nasional 2018 semakin riuh di Danau Cimpago Kota Padang, Jumat (09/02/2018).

Kemenpar Tetapkan Top Five Pasar Utama Wisman

Fri, 02/09/2018 - 14:39
Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menetapkan Tiongkok, Eropa, Australia, Singapura, dan India sebagai Top Five (5) pasar utama wisatawan mancanegara (wisman) 2018. Penetapan Top 5 pasar utama (dari 14 pasar utama) wisman berdasarkan kriteria 3 S (size, sustainability, dan spending).

Presiden Tinjau Pelaksanaan Proyek Padat Karya Tunai Tanah Datar

Fri, 02/09/2018 - 11:04
Di bawah guyuran hujan lebat, Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan padat karya tunai di Daerah Irigasi Pincuran Tujuh, Nagari Limo Kaum, Kecamatan Limo Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat, Kamis sore 8 Februari 2018.

Presiden Meninjau Pelaksanaan Padat Karya Tunai di Tanah Datar

Fri, 02/09/2018 - 11:04
Di bawah guyuran hujan lebat, Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan padat karya tunai di Daerah Irigasi Pincuran Tujuh, Nagari Limo Kaum, Kecamatan Limo Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat, Kamis sore 8 Februari 2018.

Ini Tiga Prinsip Penghimpunan Zakat ASN Muslim

Fri, 02/09/2018 - 11:00
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan bahwa ada tiga prinsip yang harus dijalankan pada saat regulasi penghimpunan dana zakat ASN muslim ditetapkan. Ketiga prinsip itu menjadi syarat dasar yang harus ditegakkan.

Pages