253 Perkara Perceraian Terdaftar di Pengadilan Agama Muntok

 

Muntok- Pengadilan Agama Muntok hingga akhir agustus 2013 sebanyak 253   kasus perceraian yang sudah. terdaftar  di Pengadilan Agama Muntok .

Demikian dikatakan Wakil Ketua Pengadilan Agama Muntok , Thamrin Abbas saat ditemui potal.bangkabaratkab.go.id  diruang kerjanya Rabu (18/9). Lebih lanjut Thamrin Abbas menjelaskan  bahwa  dari 253 perkara diantaranya 178 perkara cerai gugat , 47 perkara  cerai talak,. kasus yang ditolak karena tidak terbukti berjumlah 3 perkara, 2 perkara dicoret karena tergugat tidak serius dalam mengajukan  cerainya dan 23 perkara masih dalam persidangan

Perkara yang terbesar adalah  tidak adanya keharmonisan sebanyak 70 perkara,menyusul adanya pihak ketiga sebanyak 21 perkara, tidak adanya tanggung jawab terhadap keluarga sebanyak 44 perkara,  masalah perekonomia sebanyak 21 perkara,Kekerasan Dalam Rumah Tangga atau KDRT  sebanyak 1 perkara dan cacat biologis sebanyak 3 perkara.

Dalam menangani suatu perkara percerai pengadilan agama muntok berusaha melakukan upaya mediasi kepada pihak penggugat maupun kepada pihak tergugat,upaya mediasi tersebut berdasarkan pada peraturan pemerintah nomor 9 tahun 1975 dan undang=undang nomor 7 tahun 1984 tentang mediasi.

“Jika Pengadilan Agama tidak melakukan upaya mediasi pada awal persidangan hingga akhir persidangan maka keputusan pengadilan agama  dapat dinyatakan batal demi hukum.” pungkasnya(lmyusuf)

 

 

Oleh              : Laksamana Muhammad Yusuf

 

 

Sumber: 
Humas dan Protokol
Penulis: 
Humas dan Protokol