30 MURID SD BANGKA BARAT TIDAK IKUT UN

         Muntok, 10/5 (ANTARA) - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah raga Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung menyebutkan sebanyak 30 siswa tidak mengikuti Ujian Nasional tingkat Sekolah Dasar karena mengundurkan diri.

         "Sebanyak 30 siswa sudah terdaftar dalam daftar peserta, namun mereka mengundurkan diri sebelum di gelar UN, salah satu diantaranya meninggal," ujar Kepala BIdang Pendidikan Dasar dan Menengah pada Disdikpora Bangka Barat Amrullah Sidik di Muntok, Kamis.

         Ia menjelaskan, UN tingkat SD dilaksanakan mulai Senin (7/5) sampai Rabu (9/5), meliputi mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 3.122 peserta, namun mengundurkan diri 30 siswa sehingga jumlah keseluruhan 3.092 siswa.

         Menurut dia, dari 30 siswa yang mengundurkan diri dan tidak mengikuti UN SD tersebut berasal dari Kecamatan Muntok 6 siswa, Simpang Teritip 5 siswa, Tempilang 3 siswa, Kelapa 3 siswa, Jebus 6 siswa, Parittiga 3 siswa dan dari SDLB 4 siswa.

         "Dari enam siswa SDLB yang terdaftar dalam UN hanya 2 siswa yang ikut sementara 4 siswa lainnya mengundurkan diri, sementara satu siswa meninggal berasal dari Kecamatan Simpang Teritip sebelum dilaksanakan UN," ujarnya.

         Ia mengatakan, mereka tidak dapat mengikuti UN susulan yang akan dilaksanakan pada 14 sampai 16 Mei 2012 karena siswa tersebut mengundurkan diri, bukan karena sakit.

         "Kami berharap seluruh siswa yang mengikuti UN tersebut dapat lulus semua sesuai yang ditargetkan dan semuanya dapat melanjutkan ke tingkat SMP sehingg program pencanangan wajib belajar 12 tahun dapt tercapai," ujarnya.

         Sementara itu, sebanyak 3.122 siswa peserta UN tingkat SD berasal dari enam kecamatan seluruh Bangka Barat, sekolah dasar swasta dan negeri meliputi Kecamatan Muntok 728 siswa, Simpang Teritip 453 siswa, Tempilang 498 siswa, Kelapa 632 siswa, Jebus 317 siswa dan Parittiga 474 siswa.

         Di Bangka Barat terdapat 132 unit SD yang tersebar di tiap kecamatan meliputi Kecamatan Muntok 27 unit terdiri dari 22 unit SD negeri, 4 unit SD swasta dan 1 unit SDLB negeri, Simpang Teritip 17 unit SD negeri dan 1 unit SD swasta, Tempilang 21 unit SD negeri, Kelapa 28 unit SD negeri, Jebus 16 unit SD negeri dan Parittiga 19 unit SD negeri dan 3 unit SD swasta.

         "Secara keseluruhan jumlah peserta UN tingkat SD terdapat 3.122 siswa terdiri dari 1.527 siswa pria dan 1.595 siswa wanita yang berasal dari 132 unit sekolah terdiri dari 123 unit SD Negeri, 8 unit SD Swasta dan 1 SDLB Negeri," ujarnya.

Sumber: 
Antara News
Penulis: 
Antara News