361 Pelajar Ikuti Lomba Iman dan Taqwa

MUNTOK (04/10/2017) PPID – Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) terus berupaya menumbuhkan semangat membaca dan mempelajari Al-Qur’an terutama untuk anak-anak sekolah dan generasi muda. Melalui kegiatan Lomba Iman dan Taqwa Jenjang Pendidikan SD/MI dan SMP /MTS yang diselenggarakan selama dua hari, 3-4 Oktober 2017.

Acara yang dibuka oleh Bupati Bangka Barat, Drs. H. Parhan Ali, M.M., pada Selasa kemarin (3/10) itu dilaksanakan di Halaman Masjid Baitul Hikmah, Muntok. Sebanyak 224 peserta SD/MI dan 137 peserta SMP/MTS se-Kabupaten Bangka Barat berkumpul untuk mengikuti 6 cabang lomba seni diantaranya Lomba Adzan, Tilawah, Pidato Agama Islam, Cerdas Cermat Agama, Tahfiz 1 juz dan Tartil Al-Qur’an.

Dalam sambutannya di acara pembukaan, Bupati mengingatkan pentingnya generasi muda untuk meningkatkan iman, taqwa dan menanamkan nilai-nilai budaya dan seni Islami. Diharapkan para remaja  belajar dan memahami Al-Qur’an dengan cara memakmurkan masjid dan memperbanyak melakukan aktifitas keagamaan.

"Mari bersama-sama mendorong dan memotivasi agar anak-anak dan generasi muda untuk belajar Al-Qur’an serta memakmurkan masjid dan mushola dengan berbagai aktivitas keagamaan,  sehingga ke depan akan lahir generasi yang mencintai masjid dan gemar membaca Al-Qur’an. Peran generasi muda melalui remaja masjid perlu kita galakkan kembali," ujarnya Drs. H. Parhan Ali, M.M.

Masih menurut Bupati, bahwa masyarakat khususnya umat Islam agar mampu meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaannya dengan meningkatkan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari.

"Umat Islam wajib memperbaiki kualitas pribadi umatnya secara menyeluruh.  Kunci perbaikan kualitas menuju sumber daya insani yang tangguh,  tanggap dan ber-akhlakul karimah hanyalah jika Al-Qur’an dan Hadist dibaca,  dipahami maknanya dan diamalkan," kata Drs. H. Parhan Ali, M.M.

Hadir pula dalam pembukaan lomba dari pelajar Tingkat SD/MI dan SMP/MTS se-Kabupaten Bangka Barat itu antara lain, Ketua DPRD, Hendra Kurniadi, Sekretaris daerah, H. Yunan Helmi, unsur Forkompimda, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dan tenaga pengajar di wilayah Bangka Barat. (ppid /muhaimin/ foto:azuar).

Sumber: 
PPID KAB.BANGKA BARAT
Penulis: 
MUHAIMIN
Fotografer: 
AZUAR