50 Orang Belajar Mengelola Sampah

MUNTOK (27/09/2017) PPID – Sebanyak 50 orang yang terdiri dari Tenaga Pendidik Sekolah, anggota LSM, Tenaga Fungsional dan Pasukan Kuning di Bangka Barat mengikuti Bimbingan Teknis Persampahan yang diadakan oleh Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Bangka Barat. Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Bangka Barat, Drs. H. Parhan Ali, M.M. itu dilaksanakan pada mulai hari ini, Rabu (27/9), bertempat di Hotel Pasadena Muntok. Kegiatan Bimbingan Teknis Persampahan itu sendiri akan berlangsung selama dua hari, Rabu dan Kamis.

Drs. H. Parhan Ali, M.M. mengingatkan akan pentingnya pengelolaan sampah yang selama ini dianggap sepele oleh sebagian orang dan mempunyai dampak yang sangat besar terhadap kelangsungan hidup manusia.

“Marilah kita mengelola sampah dengan benar mulai dari sekarang, dimulai dari diri kita sendiri dan mengajak orang-orang terdekat kita baik keluarga maupun lingkungan sekitar tempat tinggal kita,” ujar orang nomor satu di Bangka Barat itu.

Masih menurut Drs. H. Parhan Ali, M.M., bahwa masyarakat bisa saling bekerjasama dengan pemerintah dalam upaya mengelola sampah ini menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dan berharga, sehingga dapat menghasilkan produk yang bernilai ekonomis.

“Jadikan sampah sebagai potensi yang mempunyai nilai dan manfaat. Sehingga dapat meningkatkan nilai perekonomian. Melalui UKM bisa dikelola dibuat bermacam–macam produk. Seperti di Pameran Pembangunan kemarin sudah ada sampah yang bisa dibuat tas, kotak tisu dan produk lainnya. Ini merupakan kebanggaan bagi kita bisa mendaur ulang sampah menjadi barang yang berharga. Kita bisa bekerjasama dengan PKK maupun Dharma Wanita mendaur ulang sampah untuk meningkatkan penghasilan,” jelas Bupati.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Bangka Barat, Ir. Megawati, menjelaskan bahwa selain melibatkan masyarakat, kegiatan Bimtek tahun ini juga melibatkan unsur pendidik yang mengikutsertakan dari sekolah adiwiyata di Bangka Barat.

“Melalui Bimtek ini, semoga peserta dapat menyampaikan kepada masyarakat, terutama guru pendidik dari sekolah adiwiyata. Melalui tenaga pendidik mereka bisa menyampaikan kepada anak didiknya sesuai ilmu yang diperoleh dari Bimtek ini kepada anak didiknya melalui program prakarya siswa” tutur Ir. Megawati.

Ir. Megawati menambahkan, Bimbingan Teknis Persampahan ini mendatangkan tenaga ahli dari Pendiri dan pengarah Bank Sampah Percontohan Rawa Jati Jakarta. Di mana nantinya para peserta akan belajar bagaimana mengelola sampah, manajemen bank sampah dan praktek pengelolaan sampah organik dan anorganik.(ppid/muhaimin)

 

Sumber: 
PPID KAB.BANGKABARAT
Penulis: 
MUHAIMIN
Editor: 
Muhammad Erfan

Berita

07/12/2017 | PPID Kab. Bangka Barat
07/12/2017 | PPID Kab.Bangka Barat
06/12/2017 | PPID Kab.Bangka Barat
06/12/2017 | PPID Kab.Bangka Barat
06/12/2017 | Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Bangka Barat
05/12/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol Bangka Barat
02/12/2017 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol Bangka Barat
30/11/2017 | Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Bangka Barat
30/11/2017 | Komunikasi dan Informatika Bangka Barat