50 Peserta Belajar Aplikasi SIKD

Muntok, 27/11/19__Bimbingan teknis Sistem Informasi Kearsipan Dinamis yang di laksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat diikuti sebanyak 50 peserta yang berasal dari OPD dilingkungan Pemkab Bangka Barat, rabu (27/11), di ruang OR II kantor Bupati Bangka Barat.

Para peserta bimtek diajarkan cara mengelola arsip, pembuatan surat sampai tindak lanjut surat melalui aplikasi SIKD.

Aplikasi SIKD ini dibuat berdasarkan peraturan kepala ANRI nomor 15 Tahun 2015 tentang aplikasi SIKD dan SIKS yang sejalan dengan program pemerintah yang menghendaki proses surat menyurat di lingkungan pemerintah daerah dalam dilaksanakan secara elektronik sehingga lebih cepat, aman dan sesuai dengan prosedur.

Menurut narasumber bimtek SIKD dari ANRI Supriyono, S.ST, Ars mengatakan bahwa aplikasi SIKD ini bertujuan untuk mempermudah pengelolaan arsip termasuk pengelolaan arsip di tiap OPD, yang akan dan dapat terintegrasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, sehingga akan mempermudah dalam pencarian arsip yang diperlukan.

"Aplikasi SIKD ini sebelumnya sudah di serahkan ke Pemerintah Kabupaten Bangka Barat pada tahun 2018, dan aplikasi ini kedepannya bisa digunakan oleh seluruh instansi di lingkungan Pemda Bangka Barat." Ujarnya.

Supriyono juga menambahkan bahwa aplikasi ini bisa digunakan mulai dari pembuatan surat, registrasi, distribusi, disposisi, hingga pemanfaatan surat sebagai sarana komunikasi antar OPD maupun antar bidang di instansi. "Namun untuk untuk tanda tangannya, memang bisa pakai spesimen, tapi di SIKD, karena untuk kepentingan hukum, tandatangannya pakai tandatangan basah. Tetapi, setelah itu bisa di-upload kembali. Artinya di-print dulu, scan, baru upload lagi." Sambung Supriyono usai mengisi materi bimtek.

Sumber: 
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
Penulis: 
Roe
Fotografer: 
Roe