85 Peserta SAIK Berwisata Sejarah Di Kota Muntok

Muntok (25/10/2019), Sebanyak 85 peserta Sinergi Aksi Informasi Komunikasi Publik (SAIK) tahun 2019 dari berbagai Kementerian, Lembaga dan Instansi pemerintah daerah berkunjung ke kota Muntok yang merupakan salah satu agenda kegiatan SAIK tahun 2019 yaitu field trip wisata ke kabupaten/kota di provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Para peserta SAIK ini disambut oleh Bupati Bangka Barat yang diwakili oleh Asisten Administrasi dan Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat dan didampingi oleh para Kepala OPD.

Penyambutan para tamu field trip Wisata Bangka Belitung ini dilaksanakan di  lapangan parkir Bukit Menumbing, Jumat (25/10).

Dalam sambutnya Asisten Administrasi dan Umum, Ir. Herson, menjelaskan tentang sejarah singkat kota Muntok yang merupakan salah satu saksi sejarah kemerdekaan Republik Indonesia, dimana para pemimpin pertama Republik Indonesia Ir, Soekarno, Moehammad Hatta, Agus Salim, Ali Sastro Admijoyo, Moehammad Roem, Mr. AG. Pringdigdo, Komodor Surya Darma dan Mr. Assa’at pernah diasingkan di kota ini, tepatnya di Pesanggrahan Menumbing dan Pesanggrahan Muntok.

“Jauh sebelum berdirinya Republik Indonesia, kota Muntok juga sudah sangat terkenal, yaitu pada zaman VOC, dimana di kota Muntok terdapat pelabuhan perdagangan internasional terutama perdagangan rempah- rempah. Bahkan rempah-rempah yang sangat terkenal yaitu lada putih yang berasal dari kota Muntok dan sangat terkenal didataran Eropa dengan nama Muntok White Pepper,” jelas Herson.

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat saat ini sedang giat-giatnya membangun kepariwisataan, khususnya wisata sejarah. Dan saat ini kota Muntok sudah terdaftar pada jaringan kota pusaka yang diakui oleh UNESCO.

“Kami berharap  bapak dan ibu yang berkunjung disini, nantinya dapat berkunjung lagi kesini, dan bercerita tentang kesannya kepada kerabat, sahabat dan relasi di daerah asal bapak dan ibu sekalian,” harap  Herson.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
d_lm
Fotografer: 
Yoko