Antisipasi Penyebaran Virus Corona (Covid-19), Perpusda Bangka Barat Melakukan Penyemprotan Ruangan Layanan Secara Mandiri

Pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bangka Barat yang dikoordinir oleh Kabid Layanan, Kerjasama dan Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Farouk Yohansyah ,ST menyemprotkan disinfektan secara manual di ruangan layanan perpustakaan daerah dan bahan pustaka, Jum’at (27 Maret 2020).
Farouk Yohansyah mengatakan bahwa disinfektan yang digunakan merupakan campuran berupa air bersih, cairan bayclin, cairan wipol dan cairan antiseptik, dengan perbandingan 1 liter air, 2 tutup botol cairan bayclin, 1 tutup botol cairan wipol, dan 1 tutup botol antiseptic.
“Penyemprotan ini merupakan kali pertama dilakukan, dalam rangka sterilisasi bahan pustaka, ruangan layanan perpustakaan daerah untuk pencegahan penyebaran virus corona covid-19. Selain upaya tersebut, mulai tanggal 19 Maret 2020, Dinas Perpustakaan dan Kersipan Kab. Bangka Barat menutup sementara layanan perpustakaan, baik untuk masyarakat umum terlebih lagi terhadap pelajar, walaupun aktifitas kerja di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan berjalan seperti biasanya”, Jelas Farouk.
Membaca situasi dan kondisi sekarang, walaupun pelayanan secara manual ditutup, seharusnya layanan perpustakaan bisa diakses lewat internet, e-book yang dimiliki perpustakaan daerah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan pelajar yang memerlukan buku-buku untuk tugas sekolah dan lainnya, namun hal ini belum bisa dilakukan karena keterbatasan bandwidth dari perpusda.
“Pelayanan di Perpustakaan Daerah akan dibuka kembali apabila perlengkapan standar pelayanan public sesuai protokol covid-19 tersedia, dan upaya penyediaan alat-alat tersebut sedang diajukan ke Dinas Kesehatan Kab. Bangka Barat”, Ungkap Farouk.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Karlena yulia
Editor: 
Wahyu Pratiwi