Asyiknya Ramai-Ramai Peduli Kebersihan Lingkungan

Muntok (17/03/2018) Dinas Lingkungan Hidup. Gotong royong membersihkan Tempat Penampungan Sementara (TPS) Kampung Sawah, Kelurahan Tanjung Muntok, dilaksanakan hari ini, Sabtu (17/03). Kegiatan itu merupakan insiatif dari  rekan-rekan organisasi profesi kesehatan Bangka Barat yang bekerjasama dengan masyarakat di seputaran Kampung Sawah dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Barat.

Menurut koordinator gotong royong, Chandra Wirawan, SKM., kegiatan itu dilakukan sebagai bentuk peduli dan pengabdian kawan-kawan profesi kesehatan terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar pemukiman masyarakat.

“Kegiatan gotong royong ini telah kami koordinasikan dengan Lurah Tanjung,  RT/RW setempat di mana posisi TPS  berada, dan Dinas Lingkungan Hidup. Alhamdulillah, semua mendukung kegiatan ini,” ujar Ketua IAKMI Pengcab Bangka Barat itu.

Sekitar 50 orang ikut serta dalam  gotong royong itu, di antaranya Pengurus Cabang Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Kabupaten Bangka Barat, Pengurus Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Bangka Barat, Pengurus Kesatuan Pemuda Daerah Bangka Barat (Tuan Muda Bangka Barat) dan Sejawat Puskesmas Muntok. Kegiatan itu sendiri dimulai pukul 07.10 WIB dan berakhir siang hari sekitar pukul 11.00 WIB.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memotivasi warga sekitar agar selalu menjaga kesehatan lingkungan dan dengan sadar dapat membuang sampah pada tempatnya,” harap Chandra.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir. Megawati, ketika dikonfirmasi menyampaikan ucapan terima kasih atas pertisipasi masyarakat, Lurah Tanjung dan teman-teman organisasi profesi kesehatan dalam menghidupkan budaya gotong royong dan meningkatkan perbaikan kualitas lingkungan sekitar. Beliau menyampaikan agar masyarakat lebih meningkatkan kesadaran dalam membuang sampah ke dalam TPS, bukan meletakkannya di luar TPS.

Ir. Megawati juga menghimbau kepada masyarakat apabila membuang sampah dengan volume yang banyak, agar dapat disetor ke truk sampah Dinas Lingkungan Hidup. “Karena kapasitas TPS kita terbatas, truk kita selalu standbye di lapangan bola Gelora Muntok dari Senin sampai Jum’at. Atau jika ingin membuang sampah dalam jumlah banyak secara mandiri dengan menggunakan kendaraan truk atau pick up pribadi, dapat membuang langsung ke lokasi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Air Belo. TPS yang ada sebenarnya hanya untuk menampung sampah-sampah rumah tangga dengan volume yang kecil saja, tapi kenyataannya masyarakat sering membuang ke lokasi tersebut dengan pick up bahkan truk. Oleh karena itu, walaupun TPS di sweeping oleh Pasukan Kuning setiap hari, tetap tidak dapat tertangani dgn baik. Dengan kondisi yang telah bersih setelah gotong royong ini, diharapkan masyarakat kita semakin tertib dalam membuang sampah di TPS dan memperhatikan volume sampahnya sndiri,” ungkapnya.

Ir. Megawati berharap semoga semakin banyak partisipasi berbagai pihak dalam meningkatkan kebersihan lingkungan kota Muntok dari sampah secara umum dan Dinas Lingkungan Hidup siap mendukung itu, “Kita siap mendukung untuk hal tersebut sesuai dengan kemampuan kita,” ujar kepala dinas itu.*

Sumber: 
Dinas Lingkungan Hidup
Penulis: 
Idwin
Editor: 
Muhammad Erfan