Bagian Hukum

Info Kontak
Alamat

Kompleks Perkantoran Pemerintah Daerah
Kabupaten Bangka Barat
Jl. Daya Baru, Pal. 4 Muntok - Bangka

Telp/Fax.
Telp. (0716) 7323046 || Fax. (0716) 7323046
E-Mail
Website
Pimpinan SKPD

Nama
NIP
Pangkat / Golongan
Pendidikan Terakhir
Pengalaman
Selayang Pandang

Bahwa dalam pelaksanaan urusan Pemerintah Daerah , diperlukan suatu organisasi perangkat daerah yang mampu menyelenggarakan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugas masing-masing unsur perangkat daerah tersebut. Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kab.Bangka Barat sebagai salah satu unsur perangkat daerah mempunyai tanggung jawab dalam penyelenggaraan urusan Pemerintah Daerah di bidang hukum. Sasaran yang ingin dicapai dalam bidang hukum adalah penciptaan dan penataan peraturan perundang-undangan di daerah sebagai landasan pengambilan kebijakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Barat .

Adapun strategi untuk mencapai sasaran dalam Bidang Hukum adalah terwujudnya sistem hukum daerah.dalam kerangka sistem hukum nasional yang terpadu meningkatkan kesadaran dan pengetahuan Hukum masyarakat terpenuhinya kualitas dan kuantitas aparat penegak hukum serta meningkatkan pelayanan konsultasi hukum terhadap masyarakat.

Dalam pelaksanaannya bagian hukum sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat berupaya meningkatkan intergitas dan kredibilitas sehingga dapat bekerja secara efisien dan profesional.

Dasar Hukum pembentukan Bagian hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat adalah Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2008 tentang organisasi dan Tata kerja Sekretariat Daerah dan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bangka Barat yang telah diubah dengan Peraturan Daerah Kabupaten Bangka Barat Nomor 15 Tahun 2013 tentang Perubahan atas peraturan Daerah Kabupaten Bangka Barat tentang organisasi dan Tata kerja Sekretariat Daerah dan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bangka Barat.

 

Visi dan Misi

Visi :

Sekretariat daerah yang CERDAS (Cermat, Efisien,Responsif, Disiplin,antisipatif dan Solid)

Misi :

  • Merumuskan kebijakan –kebijakan di berbagai sektor sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat
  • Mewujudkan ketatalembagaan dan ketatalaksanaan serta aparatur yang profesional dalam rangka penyelenggaraan pemerintah dan layanan publik yang transparan dan akuntabel
  • Menciptakan hubungan yang harmonis antar lembaga Intern/Ekstern pemerintah daerah hingga pada tingkat terkecil dan masyarakat dalam rangka upaya menciptakan suasana yang kondusif,aman dan tentram
  • Meningkatkan fasilitasi peran tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam pembinaan masyarakat di bidang keagamaan
Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas :

  • Melaksanakan dan mengkoordinasikan perumusan Peraturan Perundang-undangan tentang hukum
  • Melaksanakan tugasa lain sesuai dengan tugas dan fungsinya

Fungsi :

  • Pengkoordinasian perumusan Peraturan Daerah, Peraturan Bupati dan Keputusan Bupati
  • Pengolahan dan pengevaluasian pelaksanaan peraturan Perundang-undangan
  • Menyiapkan bahan rancangan Peraturan Daerah
  • Menyiapkan bahan pertimbangan dan bantuan hukum kepada semua unsur Pemerintahan Daerah atas masalah Hukum yang timbul dalam melaksanakan tugas 
Program Kerja

Rencana kerja Sekretariat Daerah

Dokumen perencanaan tahunan yang merupakan penjabaran dari renstra Sekretariat Daerah untuk melaksanakan program dan kegiatan tahunan yang disusun sebagai derivasi rencana strategis dan memuat rencana kegiatan tahunan dan indikatif anggaran.

Struktur Organisasi