BANGKA BARAT BELUM TARGETKAN PDAM TAMBAH PAD

Muntok, Bangka Barat, 9/2 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, pada 2012 belum menargetkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Muntok memberi kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) setempat.

"Kami sedang mengusahakan perbaikan pengelolaan perusahaan dengan menunjuk kepala kantor yang baru, setelah sempat vakum sejak 2003. Jadi belum ada target pendapatan dari perusahaan tersebut," ujar Kepala Bagian Ekonomi Peembangunan dan BUMD Bangka Barat, Ismail di Muntok, Rabu.

Dengan menunjuk Chairul Amri Rani sebagai Kepala PDAM Muntok, pihaknya mengharapkan adanya peningkatan layanan dengan memperbaiki aset yang ada karena sejak pemekaran daerah dari Kabupaten Bangka pada 2003 sampai sekarang belum ada perbaikan instalasi yang dilakukan.

Selain itu, katanya, pemimpin kantor yang baru juga diharapkan mampu memperbaiki kinerja perusahaan dengan manajemen yang lebih rapi dengan memanfaat sumber daya manusia yang ada saat ini.

"Jika dua masalah tersebut dapat diatasi, kami yakin ke depan perusahaan tersebut mampu memberikan kontribusi pada PAD," ujarnya.

Ia menambahkan, banyak permasalahan yang dihadapi PDAM Muntok saat ini, seperti minimnya pasokan air karena sumber air masih mengandalkan tadah hujan sehingga selalu kekurangan air begitu memasuki musim kemarau.

Untuk mengatasi hal ini, PDAM Muntok sedang mengupayakan mencari alternatif sumber air baru dari sungai-sungai kecil di sekitar Bukit Menumbing untuk dialirkan ke kolong penampungan yang ada sekarang.

Selain itu, rencana pemanfaatan sumber air dari kolong Terabek, Air Belo dan kolong-kolong besar di sekitar itu juga sebaiknya segera dilakukan untuk menjamin ketersediaan air bersih sepanjang tahun.

"Melihat banyaknya kekurangan yang harus dibenahi di perusahaan itu, untuk saat ini kami berharap PDAM dapat memenuhi kebutuhan biaya operasional sendiri, setelah ada perbaikan di bidang manajemen dan produksi, baru ada target penambahan PAD dan penambahan jumlah pelanggan," ujarnya.

Saat ini PDAM Muntok memiliki sekitar 2.000 pelanggan di kota tersebut, target yang diberikan ke depan dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi sekitar 5.000 pelanggan seperti rencana bupati setempat.

Ia mengatakan, saat ini PDAM Muntok secara bertahap sedang melakukan pembenahan di segala bidang, seperti perbaikan instalasi, pemetaan, penambahan kolong, administrasi, struktur organisasi, instalatir, teknik lapangan lainnya dan manajeman.

"Dengan pembenahan yang terus dilakukan dan dukungan penuh dari pemkab dan berbagai pihak, kami yakin direksi yang ditunjuk dan staf mampu menjalankan perusahaan lebih sehat dan diharapkan pada 2013 mulai ada PAD dari perusahaan tersebut," ujarnya.

Sumber: 
Antara News
Penulis: 
Antara News