BANGKA BARAT BENTUK LPSE WUJUDKAN TRANSPARANSI LELANG

Muntok, Bangka Barat, 7/2 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, membentuk Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) yang bertujuan mewujudkan lelang barang dan jasa di lingkungan pemkab setempat menjadi lebih transparan.

"Peresmian lembaga yang akan dilakukan pada 20 Februari 2012 tersebut bertujuan melayani pengadaan barang dan jasa secara lebih transparan sehingga dapat meminimalkan terjadinya korupsi, kolusi dan nipotisme," ujar Ketua LPSE Bangka Barat, Ismail, di Muntok, Selasa.

Ia menjelaskan, LPSE dibentuk untuk menciptakan persaingan sehat antarpelaku usaha yang berada dalam naungan asosiasi pengusaha seperti Gapeksindo, Gapensi, Gapeknas dan asosiasi jasa konsultan di daerah itu yang berminat mengikuti lelang yang diadakan pemkab.

"Kami berharap seluruh proses lelang diikuti banyak peserta sehingga agar terwujud lelang yang transparan," ujarnya.

Selain itu, katanya, proses lelang yang dilakukan secara "online" dimaksudkan untuk meminimalkan pertemuan langsung antara penyelenggara lelang dengan peserta yang berpotensi terjadinya KKN.

"Kami mengharapkan proyek pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Bangka Barat pada 2012 semuanya dapat segera menerapkan proses lelang di LPSE agar lebih efisiensi dan transparan," ujarnya.

Dengan terbentuknya LPSE, menurut dia, akan berdampak pada efisiensi belanja daerah dan diharapkan mendorong persaingan sehat antarpelaku usaha.

Untuk mendukung kelancaran proses tersebut, pemkab pada November 2011 berhasil membentuk tim LPSE yang didukung anggota yang memiliki kompetensi di bidang lelang dan mengusai teknologi pendukung lainnya.

"Unit LPSE dibentuk dari berbagai unsur instansi yang bertugas melaksanakan pengadaan barang dan jasa secara elektronik seperti yang telah diatur dalam Perpres Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelaksanaan Barang dan Jasa Pemerintahan," ujarnya.

Ia mengatakan, para petugas di LPSE Bangka Barat sudah dibekali dengan pelatihan yang diselenggarakan oleh Biro Ekbang Provinsi Babel dengan mendatangkan nara sumber dari LKPP Pusat pada Oktober 2011.

Sementara itu, Sekretaris LPSE Bangka Barat, Zanuari Anizar, menyatakan untuk mendukung kelancaran kegiatan LPSE, pada 20 Februari 2012 menurut rencana akan diresmikan situs www.lpsebangkabaratkab.go.id.

Kemudian dilanjutkan sosialisasi web tersebut ke seluruh SKPD dan asosiasi pengusaha dan konsultan jasa di daerah itu.

"Seluruh komponen LPSE Bangka Barat seperti pengurus, anggota dan sarana pendukung seperti komputer, jaringan internet, server dan ruangan kerja semua sudah siap," ujarnya.

Selain kegiatan peresmian LPSE, katanya, pemkab juga akan mengadakan sosialisasi LPSE ke sekitar 100 pengusaha yang tergabung dalam asosiasi jasa konsultan, Gapeksindo, Gapensi, Gapeknas dan perwakilan seluruh SKPD di daerah itu agar mereka paham mekanisme pengadaan barang di lingkungan Pewmkab setempat.
 

Sumber: 
Antara News
Penulis: 
Antara News