BANGKA BARAT BUTUH ARMADA PEMADAM KEBAKARAN

          Muntok, Bangka Barat, (15/5) - Anggota DPRD Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, Ivan Wahyudi mengungkapkan daerah itu membutuhkan armada pemadam kebakaran seiring meningkatnya jumlah penduduk dan permukiman.

         "Pengadaan armada pemadam kebakaran (damkar) akan menjadi bentuk kepedulian dari pemkab dalam mengantisipasi peningkatan kerawanan kebakaran terutama di lokasi permukiman padat," ujarnya di Muntok, Selasa.

         Selain untuk menyelamatkan harta benda milik warga, katanya, armada damkar juga penting untuk antisipasi dan menyelamatkan aset pemda jika terjadi kebakaran.

         Ia mencontohkan kejadian kebakaran rumah yang terjadi Senin (14/5) malam yang terjadi di Kampung Ulu, Muntok.

         Dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa maupun luka, namun dua unit sepeda motor dan bagian dapur rumah dihanguskan api.

         Kebakaran itu berlangsung cepat. Upaya pemadaman api dilakukan oleh warga setempat dibantu anggota Satpol PP Bangka Barat yang kebetulan sedang melintas dan unit armada damkar milik Pusmet Muntok yang datang terlambat.

         "Melihat kejadian seperti ini, pemkab sudah saatnya segera merealisasikan pembelian armada damkar agar jika terjadi sesuatu dapat segera bertindak dan tidak meluas ke mana-mana," ujar Ivan.

         Menurut dia, selama ini pemkab belum memiliki armada tersebut dan di daerah itu hanya ada satu unit armada Damkar milik Pusat Metalurgi (Pusmet) PT Timah yang diprioritaskan untuk penyelamatan dan pengamanan aset internal.

         Ia mengatakan, pengadaan unit damkar sebenarnya sudah lama menjadi wacana dan sempat dibicarakan, namun sampai saat ini belum ada realisasinya.

         "Belajar dari pengalaman, mengapa kita butuh damkar? Karena selama ini dari beberapa kali kejadian kebakaran di Muntok, rumah sudah habis terbakar damkar baru datang," ujarnya.

         Ia mengharapkan, pengadaan armada damkar dapat segera direalisasikan untuk kepentingan warga di daerah itu.

         Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bangka Barat Noviar Ishak mengungkapkan pada 2012 merencanakan untuk membeli satu unit damkar.

         "Anggaran sebesar Rp1,5 miliar sudah disetujui Dewan dengan anggaran dari Anggaran Mendahului Perubahan APBD Kabupaten 2012," ujarnya.

         Menurut dia, pengadaan armada damkar ini masuk dalam program peningkatan sarana dan prasarana aparatur.

         "Untuk langkah awal kami prioritaskan untuk Kecamatan Muntok seiring tingginya tingkat kerawanan kebakaran di daerah itu," ujarnya.

Sumber: 
Antara News
Penulis: 
Antara News