BANGKA BARAT JADIKAN DURIAN VARIETAS UNGGUL NASIONAL

          Muntok, Bangka Barat, 18/6 (ANTARA) - Dinas Pertanian dan Peternakan Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, berupaya menjadikan durian lokal sebagai tanaman buah varietas unggul nasional melalui berbagai lomba yang akan diikuti di dalam dan luar daerah.

         "Kami sudah memiliki durian lokal yang sudah masuk kategori varietas unggul nasional yaitu durian namlung, dan kami masih memiliki banyak jenis durian lain yang tidak kalah kelasnya dibandingkan dengan namlung," ujar Kepala Bidang Hortikultura Distannak Bangka Barat Saukani di Muntok, Senin.

         Ia menjelaskan, daerah itu masih memiliki berbagai jenis durian selain namlung, seperti durian segantar bumi, si jantung, si liur, dan putri dewa yang rasa dan besarnya tidak kalah dengan durian namlung.

         Ia menjelaskan, untuk mendapatkan pengakuan dari Balai Penelitian Buah (Balitbu), durian lokal tersebut akan diikutkan dalam berbagai kontes atau lomba buah tingkat nasional yang biasa diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia.

         "Kami juga merencanakan pada musim durian tahun ini akan menyelenggarakan kontes buah durian lokal dengan mendatangkan petugas dari Balitbu untuk menilai durian lokal tersebut masuk dalam kategori varietas unggul nasional," ujarnya.

         Ia mengatakan, durian namlung merupakan durian asli Bangka Barat yang sudah mengikuti dan berhasil memenangkan berbagai kontes buah tingkat nasional, sedangkan pada 2000 dinobatkan sebagai durian varietas unggul nasional.

         Dengan potensi besar tersebut, pihaknya optimistis dari beberapa jenis buah durian lokal tersebut mampu menembus tingkat nasional karena dari segi rasa, bentuk, dan isinya tidak berbeda jauh dengan durian namlung.

         "Ikut kontes atau lomba buah merupakan salah satu cara untuk mengangkat pamor buah lokal ke tingkat nasional, dan ajang tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai promosi potensi yang kita miliki, dan membantu petani mempermudah pemasaran" ujarnya.

         Menurut dia, berbagai jenis durian tersebut pada saat panen tiba dapat dipastikan menjadi rebutan di pasaran dan selalu habis, bahkan sering kekurangan stok barang.

         "Potensi tersebut menjadi modal berharga dan menjadi terbukti bahwa durian lokal Bangka Barat tidak kalah dengan durian luar daerah, bahkan jika musim panen tiba tidak ada durian luar daerah yang datang ke bangka Barat karena takut kalah bersaing," ujarnya.

         Pihaknya berencana menggandeng pihak swasta untuk menggelar kontes atau lomba tingkat lokal terlebih dahulu guna mengetahui sejauh mana potensi yang dimiliki sekaligus mencari wakil ke tingkat nasional.

         "Kami yakin dengan digelarnya kontes dan lomba durian akan mampu meningkatkan animo warga menanam durian unggul lokal dengan harapan ke depan Bangka Barat dapat mewujudkan menjadi daerah sentra durian dan petani tidak kesulitan dalam pemasarannya," kata Saukani.

Sumber: 
Antara News
Penulis: 
Antara News