Bangka Barat Kaya Sumber Pangan Alternatif

Muntok (23/11/2107) PPID - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, melalui Dinas Pertanian dan Pangan menggelar Kegiatan Penyuluhan Sumber Pangan Alternatif yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Bangka Barat,  Drs. H. Yunan Helmi, M.Si., Kamis (23/11) di Hotel Pasadena Muntok. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Gerakan Diversifikasi Konsumsi Pangan  yang berlangsung selama dua hari dengan menghadirkan peserta dari perwakilan Kelompok Wanita Tani/Kelompok PKK Desa penerima Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Tahun 2017, Pendamping desa dan pelaku usaha pangan lokal di Kabupaten Bangka Barat.

Dalam sambutannya, H. Yunan Helmi menjelaskan bahwa Kegiatan Penyuluhan Sumber Pangan Alternatif dan Gerakan Diversifikasi Konsumsi Pangan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memasyarakatkan sumber pangan alternatif lokal yang keberadaannya cukup banyak di Kabupaten Bangka Barat. 

“Bangka Barat memiliki potensi pangan lokal sumber karbohidrat non beras yang cukup besar. Akan tetapi, keberadaannya sampai saat ini masih kurang perhatian dan kurang terberdayakan. Pemanfaatan sumber-sumber pangan lokal seperti umbi-umbian, jagung, dan sagu sebagai sumber pangan karbohidrat masih rendah, hal ini dipicu oleh persepsi yang berlaku umum di masyarakat, yaitu pandangan sebagian masyarakat yang menganggap bahwa pangan lokal sebagai pangan inferior,” katanya.

Sekretaris Daerah juga mengharapkan dengan Kegiatan Penyuluhan Sumber Pangan Alternatif ini dapat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan gizi keluarga sekaligus dapat meningkatkan tingkat perekonomian keluarga.

“Melalui kegiatan ini diharapkan kelompok wanita atau ibu rumah tangga khususnya yang memegang peranan penting dalam pemenuhan gizi keluarga dapat diberdayakan, bukan hanya sebatas dalam pemenuhan konsumsi pangan keluarga yang beragam, bergizi, seimbang dan aman saja, tetapi juga diharapkan dapat memberikan tambahan pendapatan bagi keluarga. ” jelasnya.

Dalam kesempatan  itu juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada tiga Kelompok KRPL terbaik Tingkat Kabupaten Bangka Barat, Kampanye/Edukasi Gerakan Diversifikasi Konsumsi Pangan kepada pelajar, gelar pangan lokal yang menyajikan berbagai olahan pangan lokal non beras - non terigu serta simbolis Gerakan Memasyarakatkan Diversifikasi Konsumsi Pangan. (ppid / Muhaimin)

 

Sumber: 
PPID Kab. Bangka Barat
Penulis: 
Muhammad Muhaimin
Editor: 
Muhammad Erfan

Berita

14/08/2018 | Bagian Komunikasi, Humas, dan Protokol
13/08/2018 | Bagian Komunikasi, Humas, dan Protokol
07/08/2018 | babel.antaranews.com
07/08/2018 | babel.antaranews.com
07/08/2018 | Bagian Komunikasi, Humas, dan Protokol
03/08/2018 | Bagian Komunikasi, Humas, dan Protokol
01/08/2018 | Bagian komunikasi humas dan protokol
31/07/2018 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol