Bangka Barat siapkan 263 formasi penerimaan CASN

Muntok (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan sebanyak 263 formasi pada penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN) 2018.

"Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak di seluruh wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kami berharap semua formasi yang disediakan bisa diisi agar pelayanan pemerintah semakin baik," kata Bupati Bangka Barat, Parhan Ali di Muntok, Selasa.

Formasi sebanyak 263 itu cukup realistis dan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pelayanan pemerintah dan sesuai dengan kebutuhan ketersediaan pegawai di lingkungan pemkab setempat.

Ia menjelaskan, jumlah formasi untuk tenaga pendidik atau guru menempati urutan pertama yang dibutuhkan, yaitu sebanyak 184 guru yang terdiri 90 formasi untuk sarjana pendidikan guru SD, 51 formasi untuk sarjana pendidikan agama islam dan 43 formasi untuk guru SMP.

Selanjutnya, sebanyak 60 formasi untuk tenaga keaehayan, antara lain dokter spesialis, dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan ahli dan bidan terampil.

"Sisanya 18 formasi untuk tenaga teknis, diutamakan untuk mengisi kebutihan pegawai di dinas pekerjaan umum dan dinas permukiman dan perhubungan," katanya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bangka Barat, Heru Warsito, mengatakan pada penerimaan CASN tahun ini seluruh calon peserta diwajibkan mendaftar dan melengkapi berkas secara "online" atau daring, serta pemberkasan manual.

"Tahap seleksi juga akan dilakukan dengan tes secara online di SMA Negeri 1 Muntok, kami sudah cek sarana dan prasarana pendukung cukup memadai dan dinyatakan layak menggelar tes daring," katanya.

Pemilihan lokasi tes di sekolah itu dinilai akan lebih menguntungkan bagi pendaftar lokal karena lebih dekat dan tidak perlu mengeluarkan ongkos transportasi ke luar daerah.

"Selain itu datangnya pendaftar dari berbagai daerah juga akan memberi dampak perekonomian masyarakat di daerah itu, khususnya di sekitar lokasi seleksi," katanya.

Ia berharap, seluruh formasi yang disediakan bisa terpenuhi seiring bertambahnya tuntutan penjngkatan pelayanan di daerah ditambah banyaknya pegawai yang memasuki masa purnatugas.

"Kami hitung mulai 2017 hingga 2021, sebanyak 423 orang pegawai memasuki batas usia pensiun," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk informasi ketersediaan formasi CASN Kabupaten Bangka Barat dan persyaratan yang harus dipenuhi para calon peserta bisa diakses di website sscn.bkn.go.id, mulai Rabu (19/9).

Sumber: 
babel.antaranews.com
Penulis: 
Donatus