Bangka Barat tingkatkan minat baca melalui lomba

Muntok, Babel (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berupaya meningkatkan minat baca generasi muda melalui berbagai lomba.

"Budaya minat baca sangat penting karena sesuai misi daerah dalam membangun sumber daya manusia berkualitas. Melalui sejumlah lomba yang digelar kami harapkan mampu memotivasi generasi muda untuk terus membaca," kata Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Barat Rukiman di Muntok, Senin.

Tingginya minat baca, kata dia, akan berpengaruh besar terhadap perkembangan budaya di suatu daerah karena wawasan masyarakatnya semakin luas.

Melalui berbagai lomba yang digelar, berupa lomba duta baca, lomba stand up comedy dan story telling yang digelar diharapkan mampu memotivasi para peserta untuk terus membaca.

"Terus semangat membaca, karena membaca merupakan jendela dunia. Jadikan membaca sebagai hobi yang berkelanjutan," katanya.

Ia mengharapkan, para pegiat literasi yang sudah ada di daerah itu juga ikut aktif menjadi motivator yang menginspirasi lingkungan sekitar agar gemar membaca.

Dalam upaya melengkapi bahan literasi dan perkembangan teknologi informasi, Dinas Arsip dan Perpustakaan saat ini telah menyiapkan perpustakaan elektronik yang berisikan banyak judul buku yang bisa diunduh.

"Program ini sedang kami siapkan dan rencananya akan kami resmikan bersamaan dengan pelaksanaan puncak kegiatan Gebyar Bangka Barat Membaca, pada Rabu (7/11)," katanya.

Sumber: 
babel.antaranews
Penulis: 
Donatus Dasapurna Putranta