BANGKA TENGAH GELAR FESTIVAL SELAWANG SEGANTANG

         Namang, Bangka Tengah, 30/5 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Festival Selawang Segantang 2012.

         Festival kesenian daerah selama dua hari, Rabu (30/5) hingga Kamis (31/5) di Kecamatan Namang tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Bangka Tengah Patrianusa Sjahrun.

         "Saya berharap dengan adanya festival seni ini nantinya akan ada pembinaan karakter para peserta yang mayoritas adalah generasi muda," kata Patrianusa di Namang, Bangka Tengah, Rabu.

         Ia mengatakan, karakter generasi muda yang berbudi luhur tinggi dapat membentuk bangsa menjadi masyarakat berbudaya.

         "Oleh karena itu, guna mewujudkannya harus ada kerja sama antara pemerintah, masyarakat, pemuda, dan pelaku seni untuk meningkatkan kreativitas budaya sebagai modal daerah untuk membuat terkenal nama kabupaten kita," kata dia.

         Ia mengatakan, festival seni seperti itu dapat memberi pembelajaran kepada generasi muda menyangkut kompetisi secara sportif.

         Kepala Bidang Pariwisata, Seni, dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Tengah Zaidi menjelaskan, festival itu bertujuan menanamkan nilai-nilai luhur dan pembinaan karakter.

         "Tujuan utamanya adalah untuk mewujudkan generasi muda dan pelaku seni yang andal dan berkualitas," katanya.

         Festival Selawang Segantang 2012 diikuti oleh 30 sanggar dengan jenis kesenian seperti dambus, campak, rudat, dan tari kreasi.

         Pembukaan festival antara lain ditandai dengan penampilan Tari Sambut yang dipentaskan oleh 12 penari dengan mengenakan busana khas Melayu dan membawa mangkuk bunga yang menyimbolkan pembukaan acara.

Sumber: 
Antara
Penulis: 
Antara