Bawaslu dan Kajari Bangka Barat Berkomitmen Laksanakan PILKADA dengan Lancar dan Aman

Jumat_ (06/03/20) Tepatnya di Sasana Menumbing, Bawaslu Bangka Barat mengadakan Rapat Kerja Penguatan Kajian Hukum Peraturan Pemilihan dan Keterbukaan Informasi Publik serta Penandatangan  MoU Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara ( Datun) antara Bawaslu Kabupaten Bangka Barat dengan Kejaksaan Negeri Bangka Barat .
Kegiatan rapat tersebut dihadiri oleh Kajari Bangka Barat, Anggota  Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) RI periode 2017-2022, Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  Ketua Bawaslu Bangka Barat, Perwakilan Dandim 0431 Bangka Barat, serta para anggota lainnya.
Dalam sambutan Kajari Bangka Barat, Helena Octavianne,S.H.,M.H mengatakan menyambut baik atas kedatangan Anggota Bawaslu RI beserta rombongan. Dia juga menyampaikan harapan agar pilkada berlangsung baik dan lancar. 
"Kami akan selalu mengawasi dan menjaga keamanan selama Pilkada berlangsung", katanya.
Fritz Edwar Siregar sebagai Ketua Pengawas Pemilu  (Bawaslu) RI dalam sambutan dan paparannya berkata bahwa penanganan temuan dugaan tindak pidana pemilihan harus berdasarkan landasan hukum Perwaslu Nomor 14 tahun 2017 tentang penanganan laporan pelanggaran pemilihan Gubenur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota dengan pasal 201.
Pemungutan suara serentak akan dilaksanakan pada bulan September tahun 2020. Badan Pengawas Pemilu  (Bawaslu) sebagai pengawas pemilu akan mengawasi tahapan pemilihan yang akan terjadi dalam Pemilu seperti yang tren dalam pelanggaran pidana : politik uang, pelibatan ASN , Kades, perubahan hasil suara, perbuatan yang menguntungkan, kampanye luar jadwal, serta penggunan ijazah palsu.
Fritz juga bangga dan berterima kasih bahwa apa yang terjadi, khususnya Kabupaten Bangka Barat, selalu aman dan terkendali jauh dari kasus-kasus seperti diatas.
"Saya juga berharap Bangka Barat dapat sukses dan bisa bersungguh-sungguh melaksanakan Pemilu dengan lancar dan aman sehingga akan mendapatkan pemimpin yang baik di Bangka Barat", tutupnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Dedra
Fotografer: 
Dedy
Editor: 
Wahyu