Baznas Bangka Barat: berzakat untuk bantu pengentasan kemiskinan

Muntok (Antaranews Babel) - Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengatakan berzakat bermanfaat untuk membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan, menyucikan hati, dan harta orang berada.

"Dengan berzakat Insya Allah hartanya berkah. Untuk itu kami mengajak seluruh warga Muslim yang memenuhi syarat untuk menyalurkan zakat melalui lembaga resmi yang ditunjuk pemerintah agar mudah dikelola dan disalurkan kepada yang berhak," kata Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka Barat, Sobri Murot di Muntok, Kamis.

Menurut dia, melaksanakan kewajiban berzakat merupakan salah satu bentuk menyukuri nikmat Allah dari penghasilan yang sudah dibersihkan, menghapuskan sikap buruk, dengki, buruk sangka, dan lainnya.

Membayar zakat juga diyakini bisa meningkatkan etos kerja menjadi lebih tinggi sehingga perlu terus ditingkatkan agar semakin produktif dalam bekerja. "Dengan pengelola yang benar, kami yakin zakat yang terkumpul membawa kemanfaatan, efektif dan efisien dalam membangun negeri, salah satunya dalam upaya pengentasan kemiskinan di daerah," kata dia.

Untuk mencapai hal tersebut, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan mengajak seluruh warga Muslim yang memenuhi syarat untuk berzakat. "Mari manfaatkan momentum Ramadhan untuk membayar kewajiban berzakat agar penghasilan semakin berkah sekaligus membantu mustahiq," kata dia.

Wakil Ketua Baznas Babel, Ali Amran mengatakan masih rendahnya pengumpulan dana zakat di daerah salah satunya disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat dan pejabat yang memenuhi syarat untuk membayar zakat.

"Pemerintah daerah perlu mendorong kinerja unit pengumpulan zakat yang ada di setiap instansi pemerintah dan kepala daerah diharapkan mengeluarkan aturan bagi PNS muslim untuk berzakat," kata dia.

Sumber: 
babel.antaranews.com
Penulis: 
Donatus Dasapurna Putranta