BI: PERAN PEMDA PENTING KENDALIKAN INFLASI

          Jakarta, 16/5 (ANTARA) - Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution menegaskan bahwa Pemerintah Daerah di provinsi maupun kabupaten dan kota memiliki peran sangat penting dalam pengendalian inflasi untuk menjaga stabilitas harga.

         Hal itu disampaikan Darmin saat memberikan sambutan dalam pembukaan Rakornas III Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Jakarta, Rabu.

         Menurut dia, perkembangan inflasi dalam lima tahun terakhir  menunjukkan tren menurun, seperti inflasi indeks harga konsumen yang turun dari 6 persen pada 2007 menjadi 4,05 persen sampai April 2012.

         Sementara, inflasi harga pangan atau "volatile food" turun dari 12 persen pada 2007 menjadi 7 persen saat ini.

         "Ini suatu kinerja yang membanggakan dan tidak lepas dari peran Pemda dalam mengendalikan harga. Peran Pemda dalam menentukan inflasi penting karena inflasi di daerah di luar Jakarta menyumbang 77 persen inflasi nasional," paparnya.

         Untuk kepentingan itu, Darmin menilai perlunya TPID dibentuk di sejumlah kota untuk menjaga stabilitas harga dan mencari jalan keluar penyebab terjadinya inflasi.

         Inflasi ke depan, lanjutnya masih terkendala terbatasnya produksi dan distribusi pangan, sehingga perlu penanganan yang terintegrasi dan bisa dilakukan oleh TPID yang berperan mencari sumber-sumber inflasi dan mencari solusi dengan melakukan koordinasi antarlembaga terkait dan antarwilayah atau daerah.

         Sejak didirikan 2008, menurut Darmin, TPID memiliki peran pentinf dalam mendukung pengendalian inflasi di beberapa daerah yang menunjukkan inflasi terkendali. "TPID di Indonesia Timur juga mendorong pelabuhan bekerja untuk memperlancar arus barang," ucapnya.

         Dalam acara yang dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu, Menko Perekonomian Hatta Rajasa memberikan penghargaan kepada sejumlah daerah yang TPID-nya berhasil dalam mengendalikan inflasi.

         Enam daerah itu adalah Sumut, Jabar, Sumsel, Kota Pematang Siantar, Solo, dan Balikpapan.

Sumber: 
Antara News
Penulis: 
Antara News