Bina Pamong di Desa Tanjung Niur: Sarana Menjalin Komunikasi dan Silaturahmi

Tanjung Niur, Tempilang_ Kegiatan Rapat Bina Pamong di Desa Tanjung Niur Kecamatan Tempilang hari ini (28/02/20) bertempat di halaman Kantor Desa Tanjung Niur. 

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Bangka Barat, Markus, S.H.,  Asisten Sekretaris Daerah bidang Pemerintahan dan Sosial , Kepala OPD Bangka Barat, Camat Tempilang, Unsur Forkopimka,  Kepala Desa, BPD, LPM Se -kecamatan Tempilang, Tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat.

Bupati Bangka Barat, Markus, S.H  saat menyampaikan sambutannya  melalui Rapat Bina Pamong ini dapat mendekatkan dan mempererat hubungan yang harmonis antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat  di Desa Tanjung Niur.

Bina Pamong merupakan salah satu sarana untuk dapat menjalin komunikasi melalui tatap muka langsung antara masyarakat dan Kepala Daerah.

Dalam sambutannya, Bupati Markus menyampaikan beberapa program Bupati Barat yang dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan, terutama di bidang Kesehatan, Pendidikan, dan ekonomi. Di bidang pendidikan, Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat telah menjalin kerjasama kepada pihak AKP ( Akademi Komunitas Presiden) dengan memberikan Beasiswa kepada sarana dan prasarana penunjang pendidikan. 

Dalam hal kesehatan, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat bersama dinas kesehatan memberikan secara simbolis BPJS kesehatan gratis sebanyak 32 orang yang telah menerima bantuan untuk desa tanjumg niur melalui dana ABPD. Selain itu, di bidang ekonomi, Bupati Markus juga menyampaikan tentang sejumlah investor yang akan berinvestasi di Bangka Barat.

Secara menyeluruh, dalam kesempatan ini Markus juga menjawab semua permaslahan dan keluhan-keluhan masyarakat desa tanjung Niur. Beberapa permasalahan yang disampaikan antara lain masalah jalan, pertanian dan perikanan kelautan.

"Saya sangat senang animo masyarakat. berharap kedepannya masyarakat desa tanjung niur lebih maju lagi dan semakin lebih baik lagi di masa depan", katanya.

Bina Pamong di Desa Simpang Yul

 

Setelah menghadiri Bina Pamong di Desa Tanjung Niur, Bupati Markus bersama jajaran didampingi dengan Forkopimka Tempilang kembali hadir dalam rapat Bina pamong di halaman Mts. Arrahman Desa Simpang Yul petang (28/02/20).

Kepala Desa Simpang Yul, Fathurrohim, mengatakan bahwa 99 persen masyarakat Simpang Yul adalah petani,  nelayan, dan berkebun khususnya karet.

Dalam sambutannya, Bupati Markus menyatakan selama hampir satu tahun dirinya menjabat sebagai Bupati, pencapaian dan program-program pembangunan di kabupaten Bangka Barat telah terealisasikan dengan baik bersama dengan Kepala OPD. Pencapaian tersebut diantaranya adalah masalah kesehatan terkait dengan pencegahan stunting, pertanian, dan perikanan.

Bupati Markus juga menyampaikan harapannya kepada masyarakat Desa Simpang Yul untuk terus hidup rukun serta  damai. 

"Pemerintah Daerah Bangka Barat akan selalu siap membantu dan menampung semua aspirasi masyarakat di desa tersebut agar semua dapat berjalan secara optimal dan bersinergi", katanya. 

Di sesi tanya jawab, semua Kepala OPD  dilibatkan dalam menjawab semua pertayaan dari masyarakat Desa Simpang yul. Beberapa hal yang ditanyakan terkait masalah pembakaran lahan untuk membuka lahan pertanian, mekanisme pengajuan dana hibah pembangunan masjid di Desa serta masalah BPJS kesehatan.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Dedra | Sugianto
Fotografer: 
Dony | Sugianto
Editor: 
Wahyu Pratiwi