BMKG: BABEL BERPELUANG HUJAN DISERTAI ANGIN KENCANG

          Pangkalpinang, 4/6 (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kota Pangkalpinang, memprakirakan cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berawan berpeluang hujan disertai angin kencang.

         "Prakiraan ini berlaku selama 24 jam mulai Selasa (5/6) pukul 07.00 WIB," kata Koordinator Unit Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang Slamet Supriyadi di Pangkalpinang, Bangka Belitung, Senin.

         Ia mengimbau, warga waspada akan adanya awan gelap atau awan Cumulonimbus yang dapat menimbulkan angin kencang dan menambah tinggi gelombang di perairan tersebut.

         Prakiraan cuaca di daratan Pulau Bangka yang dibagi dalam kabupaten dan kota.

         Kabupaten Bangka diprakirakan berawan berpeluang hujan ringan dengan arah dan kecepatan angin dari tenggara hingga barat daya berkisar 7-20 kilometer per jam, suhu udara 24-32 derajat Celsius dan kelembaban udara mencapai 59-96 persen.

         Cuaca di daratan Kabupaten Bangka Selatan berawan berpeluang hujan ringan dengan arah dan kecepatan angin dari tenggara hingga barat daya berkisar 7-22 kilometer per jam, suhu udara 24-32 derajat Celsius dan kelembaban udara mencapai 57-96 persen.

         Kabupaten Bangka Tengah berawan berpeluang hujan ringan dengan arah dan kecepatan angin dari tenggara hingga barat daya berkisar 7-22 kilometer per jam, suhu udara berkisar 24-32 derajat Celsius, dan kelembaban udara mencapai 57-95 persen.

         "Cuaca di daratan Kabupaten Bangka Barat berawan berpeluang hujan ringan dengan arah dan kecepatan angin dari tenggara hingga barat daya berkisar 7-23 kilometer per jam, suhu udara 24-32 derajat Celsius, dan kelembaban udara mencapai 59-95 persen," ujarnya.

         Cuaca di daratan Kota Pangkalpinang berawan berpeluang hujan ringan dengan arah dan kecepatan angin dari tenggara hingga barat daya berkisar 7-20 kilometer per jam, suhu udara 24-32 derajat celsius, dan kelembaban udara mencapai 59-95 persen.

         Sementara itu, prakiraan cuaca di Kabupaten Belitung Timur diprakirakan berawan dan berpeluang hujan ringan dengan arah dan kecepatan angin dari tenggara hingga barat daya berkisar 7-30 kilometer per jam, suhu udara berkisar 23-32 derajat Celsius, dan kelembaban udara mencapai 60-98 persen.

         Kabupaten Belitung berawan berpeluang hujan ringan dengan arah dan kecepatan angin dari tenggara hingga barat daya berkisar 10-30 kilometer per jam, suhu udara berkisar 23-32 derajat Celsius, dan kelembaban udara mencapai 60-98 persen.

         Tinggi gelombang perairan Membalong, Kabupaten Belitung, berkisar 2,16 meter, tinggi pasang air laut maksimum di perairan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, berkisar 1,56 meter, perairan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, 1,92 meter, dan perairan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, berkisar 1,98 meter.

         Tinggi pasang air laut di perairan Belinyu, Kabupaten Bangka, berkisar 1,38 meter, tinggi pasang air laut Sungailiat, Kabupaten Bangka, mencapai 2,05 meter dan perairan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, berkisar 1,37 meter.

         Prakiraan tinggi gelombang Selat Karimata rata-rata berkisar 1,0-2,0 meter, arah dan kecepatan angin dari timur hingga selatan berkisar 10-30 kilometer per jam.

         "Tinggi gelombang di perairan Selat Bangka rata-rata berkisar 0,75 hingga 1,25 meter, kecepatan angin dari timur hingga selatan mencapai 10-25 kilometer per jam," ujarnya.

         Tinggi gelombang di perairan Selat Bangka bagian utara diprakirakan mencapai tinggi maksimum 0,75 hingga 1,5 meter dengan arah angin dari timur hingga selatan dengan kecepatan berkisar 10-28 kilometer per jam.

         Tinggi gelombang di perairan Selat Gelasa mencapai ketinggian maksimum berkisar 0,75-1,5 meter, arah kecepatan angin dari timur hingga selatan berkisar 10-25 kilometer per jam.

         Tinggi gelombang di perairan Selat Bangka bagian selatan rata-rata 0,75-1,5 meter, arah dan kecepatan angin dari timur hingga selatan berkisar 10-28 kilometer per jam.

Sumber: 
Antara
Penulis: 
Antara