BNNP BABEL KOBARKAN SEMANGAT ANTINARKOBA MELALUI HANI

 

    Muntok,  (Antara) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepulauan Bangka Belitung berupaya mengobarkan semangat antinarkoba melalui rangkaian kegiatan Hari Antinarkoba Internasional (HANI) yang akan digelar di Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat.
    "Rangkaian kegiatan selama sepekan itu akan kami selenggarakan mulai Rabu (11/9) dengan menggelar berbagai acara dengan melibatkan masyarakat di daerah ini," ujar Pelaksana Badan Narkotika Kabupaten Bangka Barat Agus Sunawan di Muntok, Selasa.
    Ia menjelaskan, kegiatan Hani tingkat Provinsi Babel tahun ini sengaja digelar di Muntok karena daerah itu belum pernah pernah menggelar kegiatan sejenis.
    Selain itu, daerah yang berada di ujung barat Pulau Bangka tersebut juga merupakan pintu gerbang utama keluar masuknya lalu lintas warga dari Bangka ke Sumatera dan sebaliknya.
    "Potensi peredaran narkoba di daerah ini sangat terbuka dan untuk itu masyarakat perlu ditingkatkan kesadarannya akan bahaya narkoba dan diharapkan mampu mencegah peredaran dan penyalahgunaannya," kata dia.
    Peringatan Hani di Muntok diharapkan mampu menjadi tonggak komitmen baru dari BNNP, BNK, masyarakat dan berbagai elemen lain untuk menyebarluaskan semangat perang melawan narkoba di daerah itu.
    Ia mengatakan, dalam rangkaian kegiatan Hani tahun ini pihaknya akan menggandeng sejumlah sekolah dan sanggar seni untuk mengisi panggung hiburan.
    "Selain panggung hiburan kami juga akan menggelar jalan santai dengan menyediakan sejumlah 'door prize' menarik," katanya.
    Ia menambahkan, menurut rencana pihaknya juga akan menggelar tes urine yang akan dilakukan terhadap salah satu kelompok masyarakat di Kota Muntok.
    "Ini akan kami lakukan sebagai terapi kejut kepada mereka dan kami harapkan jika ada yang positif menjadi korban narkoba rela untuk kami ajukan untuk direhabilitasi agar terbebas dari ketergantungan dan bisa hidup sehat," kata dia.
    Melalui gelaran rangkaian kegiatan yang langsung melibatkan masyarakat umum ini diharapkannya kesadaran akan bahaya narkoba bisa ditanggulangi secara bersama-sama dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat, seperti unsur pemerintahan, agama dan masyarakat dengan bergandeng tangan bersama membentengi dari gemburan bahaya narkotika.
    Ia berharap dengan suksesnya pelaksanaan rangkaian kegiatan peringatan Hani 2013 tingkat Provinsi Babel yang digelar di Muntok akan berdampak langsung pada meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menciptakan komunitas global yang mau hidup sehat tanpa Narkoba.

Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Sumber: 
ANTARANEWS