Budidaya Ikan Kerapu Desa Bakit Memasuki Masa Panen Kedua

Muntok, (19/04/2017) KOMINFO, Budidaya ikan Kerapu di desa Bakit kec. Parittiga ini menggunakan Keramba Jaring Apung yang dikelola oleh kelompok Keramba Jaring Apung desa Bakit yaitu Kelompok Putra Samudra yang diketuai oleh Rodiansyah. Jenis kerapu yang dibudidaya adalah Kerapu Cantik (Macan Batik) dan Kerapu Cantang (Macan Kertang). Budidaya ikan Kerapu dengan Keramba Jaring Apung ini dirintis pada bulan Oktober tahun 2015.

Kepala desa Bakit, Ahmad Amsyir  selaku penasehat dari Kelompok Keramba Jaring Apung desa Bakit memprioritaskan kegiatan sehari-hari kelompok dalam pemeliharaan keramba.

“Desa Bakit telah ditunjuk oleh Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat dan Kementerian Kelautan dan Perikanan  untuk mengembangkan Keramba Jaring Apung ini sejak tahun 2016. Dukungan juga datang  dari pengusaha lokal kecamatan Parittiga dengan  pemberian bantuan bibit ikan”. Ujar  Ahmad Amsyir.

 Panen perdana dilakukan pada tahun 2016 oleh Bupati Bangka Barat dengan hasil mencapai  sekitar 400an kilogram. Saat ini sudah memasuki masa panen kedua. Pembeli ikan kerapu ini dari Kijang, Pulau Bintan, dan Kepulauan Riau. Ikan kerapu ini dijual dan dikirim dalam keadaan hidup.

Saat Ini Keramba Jaring Apung yang dikelola oleh kelompok Putra Samudra memiliki 66 kolam dengan ukuran 3m x 3m perkolam yang bisa menampung 400 bibit awal perkolam. Untuk pakan ikan kerapu ini berupa ikan kecil-kecil yang banyak tersedia dari perairan sekitar keramba, seperti ikan Runca, ikan Renyu, ikan Pirang, ikan Tamban dan lain-lain. Pengelolaan Keramba Jaring Apung ini masih dalam pembinaan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kab, Bangka Barat.**

Sumber: 
Diskominfo Kab. Babar
Penulis: 
Donny F
Fotografer: 
Donny F
Editor: 
Henry Firsanto