BUKIT TERAK RAIH PENGHARGAAN PHBS TERBAIK SE-BABEL

    Muntok, (Antara) - Desa Bukit Terak, Kabupaten Bangka Barat, mampu meraih penghargaan menjadi desa terbaik dalam penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) 2013 tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
    "Ini merupakan salah satu bukti bahwa masyarakat Desa Bukit Terak, Kecamatan Simpang Teritip, semakin meningkat kesadarannya dalam menerapkan PHBS demi kualitas hidup yang lebih baik," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat Andri Nurtito di Muntok, Selasa.
    Ia menjelaskan diraihnya penghargaan itu merupakan prestasi yang cukup membanggakan dan diharapkan mampu memotivasi desa-desa lain di Bangka Barat untuk meningkatkan derajat kesehatannya.
    Menurut dia, raihan prestasi itu tidak terlepas dari peran masyarakat di desa tersebut yang ingin berperilaku hidup lebih bersih dan sehat, dengan membangun berbagai fasilitas yang memenuhi standar kesehatan, seperti tempat mandi, toilet, tempat pencucian, saluran buang limbah rumah tangga, penerapan 3M dan lainnya.
    "Kami berikan apresiasi juga kepada para Petugas Kesehatan Puskesmas kundi yang gigih memberikan yang terbaik kepada masyarakat Bukit Terak dengan berbagai sosialisasi dan promosi kesehatan," kata Andri.
    Ia menambahkan bahwa secara simbolis penghargaan tersebut sudah diterima langsung Kepala Desa Bukit Terak, Bujang Itam, pada Sabtu (30/8) pada peringatan Hari Keluarga Nasional tingkat Provinsi Babel yang diselenggarakan di Kota Pangkalpinang.
    "Desa Bukit Terak merupakan wakil dari Bangka Barat yang mampu meraih hasil terbaik tingkat kabupaten pada tahun sebelumnya dan berhak mewakili kabupaten untuk tingkat provinsi pada 2013," katanya.
    Menanggapi prestasi tersebut, Kepala Desa Bukit Terak, Bujang Itam menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Bukit Terak, Puskesmas Kundi, Dinas Kesehatan, serta pihak lain yang terkait dalam kegiatan tersebut.
    "Banyak pihak yang telah berupaya membantu, membina dan mengarahkan kami sehingga kami memperoleh penghargaan ini, mulai dari puskesmas, dinas kesehatan, PKK, kader PHBS serta semangat seluruh warga Bukit Terak yang mau mengubah pola hidupnya menjadi lebih baik," katanya.
    Hal serupa juga disampaiakn Kepala Puskesmas Kundi, Rusihan, menurut dia yang tidak kalah pentingnya dari momen tersebut adalah bagaimana masyarakat mau dan mampu menerapkan PHBS dalam kesehariannya sehingga berimplikasi dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakatnya.
    Selain itu, kata dia, pihaknya juga mengapresiasi atas diraihnya penghargaan dari tim penggerak PKK Pusat sebagai pelaksana terbaik pada Hari Kesatuan Gerak PKK dan KB tingkat Nasional tahun 2013 untuk Desa Kundi.
    "Dua prestasi yang diraih desa di bawah binaan Puskesmas Kundi ini merupakan bukti bahwa masyarakat desa semakin terbuka menerima pengetahuan kesehatan modern yang sudah kami sampaikan melalui petugas, kami harapkan desa-desa lain juga bisa mengejar ketertinggalannya dalam bidang kesehatan sehingga derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat," kata dia.
 Oleh Donatus Dasapurna Putranta
Sumber: 
ANTARANEWS