BUPATI BANGKA BARAT HADIRI PESTA ADAT DESA KACUNG

Kelapa, 2 September 2018 - Bupati Bangka Barat, Drs. H. Parhan Ali, MM menghadiri pesta adat Desa Kacung ke-72 yang bertempat di Balai Adat Suku Ketapik. Pesta adat Desa Kacung merupakan warisan Suku Ketapik yang diadakan rutin setiap tahun, dalam bulan Zulhijjah atau setelah hari Raya Idul Adha.
Pesta adat dilaksanakan untuk mengembangkan dan melestarikan budaya yang ada di masyarakat, menjalin kebersamaan antar masyarakat serta menjalin silaturahmi antar masyarakat di Desa Kacung dan masyarakat di Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat dan Bangka Belitung  pada umumnya.
Acara diawali dengan tari sambut dan penampilan pencak silat yang diiringi tabuhan gendang dan gong. Juga di adakan Arak-arakan terhadap 9 orang anak desa Kacung yang khataman Al-Qur'an juga termasuk dalam rangkaian acara. Bupati dan rombongan naik sepeda hias yang terbuat dari kayu dan rotan yang telah dirancang dalam berbagai bentuk dari hasil karya masyarakat sekitar arak-arakan di mulai dari rumah adat desa kacung mengelilingi kampung dan berakhir di Masjid desa Kacung. Sepanjang jalan, Bupati, anggota DPD RI, Bapak Hudarni Rani, dan perwakilan dari provinsi Bangka Belitung Drs. Sudarman serta rombongan di sambut oleh masyarakat sekitar dengan dilempari beras kunyit yang mana merupakan kepercayaan masyarakat desa sebagai ungkapan selamat datang kepada petinggi negeri, sekaligus wujud syukur kepada peserta khataman Al-Qur'an  dan harapan agar terhindar dari mara bahaya.
Dalam sambutannya, Bupati Parhan berharap Desa Kacung sebagai desa adat yang mana nantinya dapat juga menjadi tujuan wisata di Bangka Barat dan Bangka Belitung umumnya.
“Pesta adat ini merupakan adat lokal yang harus dilestarikan dan dipertahankan. Dengan dilaksanakannya secara rutin setiap tahun, diharapkan ruang lingkupnya akan semakin meluas dan Desa Kacung menjadi alternatif tujuan wisata adat yang dikenal di Bangka Belitung”, ujarnya.
Turut hadir dalam pesta adat diantaranya Anggota DPD RI Dapil Bangka Belitung yang juga merupakan sesepuh adat suku Ketapik, Hudarni Rani, Perwakilan Gubernur Bangka Belitung, Drs. Sudarman, M. Si, anggota DPRD Bangka Barat, asisten dan staf ahli Bangka Barat, Kepala OPD Bangka Barat, Ketua Tim penggerak PKK Bangka Barat beserta anggota, Tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kecamatan Kelapa dan sekitarnya.

Sumber: 
Bagian Komunikasi, Humas, dan Protokol
Penulis: 
Wahyu
Fotografer: 
Tri