Bupati Bangka Barat Launching Aplikasi “DATA KITE”

 

Muntok (30/10/2019) Bupati Bangka Barat  resmi melaunching aplikasi berbasis website “Data Kite” di ruang OR II Sekretariat Daerah Bangka Barat, rabu (30/10). Acara ini dihadiri Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Kepala BPS Kabupaten Bangka Barat, Camat  se-Bangka Barat, dan seluruh operator forum data kabupaten Bangka Barat.

Aplikasi berbasis website “Date Kite” ini merupakan inovasi  Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bangka Barat agar data pembangunan tersaji dalam bentuk data terpadu, akurat, mudah dimengerti dan tersedia secara praktis, kapan saja dan dimana saja.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bangka Barat, Muhammad Kaidi, S.E. mengatakan bahwa aplikasi “Data Kite” merupakan pengembangan dari forum data yang sudah ada di Bangka Barat dan juga untuk menindak lanjuti Perpres No. 39 tentang satu data Indonesia. Aplikasi ini dapat diakses dengan alamat www.datakite.bangkabaratkab.go.id.

“Dengan adanya aplikasi ini lebih memudahkan dalam menghimpun data dan dapat diakses siapa saja yang memerlukan data tetapi tidak bisa mengubah data kecuali admin. Selama ini data statistik pembangunan tersebar pada masing-masing OPD, dan butuh waktu dan serangkaian prosedur untuk mengakses dan membagipakaikan data, dengan adanya aplikasi ini data dapat dengan mudah diakses dan mudah dibagipakaikan. Data yang tersedia di aplikasi ini hanya data statistik sektoral saja untuk data ststistik dasar tetap dilakukan oleh BPS,” ujar Kaidi.

Bupati Bangka Barat, Markus, S.H., dalam sambutnya mengatakan aplikasi “Data Kite” merupakan salah satu inovasi dalam bidang teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan guna menyediakan data statistik pembangunan yang dapat diakses dan dibagipakaikan oleh instansi pemerintah, swasta mau masyarakat.

“Dengan aplikasi “Data Kite” ini saya mengharapkan adanya akselerasi pembangunan menuju Bangka Barat hebat tahun 2021,” ujar Markus

Peresmian dan launching aplikasi “Data Kite” ditandai dengan penyerahan user name dan password aplikasi dari Kepala Dinas Kominfo kepada Bupati Bangka Barat. 

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
d_lm
Fotografer: 
Yoko