Bupati Hadiri Penanaman Jambu Mete dan Mangrove Bersama Gubernur Bangka Belitung

Muntok- Bupati Bangka Barat, Markus, SH., menghadiri kegiatan penanaman Jambu mete dan mangrove bersama Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr.H.Erzaldi Rosman, S.E, M.M. kegiatan ini merupakan program UPTD KPHP Rambat Menduyung bersama masyarakat pesisir Desa Belo Laut yang bertujuan untuk rehabilitasi hutan dan lahan menuju hari mangrove se-dunia di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan dilakukan pada jum’at 20/3/2020.
Turut hadir Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, unsur Forkopimda, Camat Muntok, Kepala Desa Belo Laut serta Komunitas Kelompok Tani dan Hutan.
Dalam sambutannya, Bupati Markus menyatakan bahwa penanaman hutan mangrove memiliki banyak manfaat dalam mencegah erosi dan abrasi pantai yang merupakan tempat berkembangnya fauna dan biota laut, serta sebagai benteng angin kecang dan puting beliung dari laut. Selain itu, pantai juga menjadi sumber pendapatan masyarakat melalui pemanfaatan ekowisata, hasil hutan bukan kayu dan silvofishery.

Mangrove di Kabupaten Bangka Barat tersebar hampir di setiap Kecamatan. Khusus mangrove Kecamatan Muntok cukup lebat dan rapat membentang di daerah pesisir pantai dengan luas lebih kurang 10.296 HA tapi dari waktu ke waktu mengalami degradasi akibat aktivitas manusia.
"Hal inilah yang melatari perlunya upaya-upaya perbaikan dengan penanaman mangrove kembali," katanya.
Markus juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Bangka Barat terutama masyarakat pesisir agar tidak segan melakukan penanaman tanaman bakau dilokasi pantai yang bekas areal mangrove.
Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga menghimbau masyarakat agar menanam kembali mangrove agar alam terjaga.
"Peran masyarakat harus ikut terlibat. Selain itu juga akan di sebar ketam Remangok yang akan di panen 6 bulan kemudian ,"tutupnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Dedra
Fotografer: 
Yogie
Editor: 
Wahyu Pratiwi