Bupati Hadiri Sosialisasi Penyehatan Lingkungan Permukiman

 

Surabaya- Bupati Bangka Barat, Ustadz H. Zuhri M Syazali Lc, MA bersama dengn ketua Bappedalda Bangka Barart, M Effendi menghadiri sosialisasi pengelolaan prasarana dan sarana bidang Penyehatan Lingkungan Permukiman , Surabaya ( 10/9)

Sosialisasi yang dihadiri oleh 35 bupati walikota kabupaten seluruh Indonesia memegang peranan penting karena dengan adanya pengelolaan prasarana dan sarana  bidang Penyehatan Lingkungan dan Permukiman dapat teratasi masalah banjir yang menjadi salah masalah di kota atau kabupaten yang ada di Indonesia.

Salah seorang pembicara , Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina karya dan pematusan kota Surabaya, Ir. Erna Purnawati mengatakan bahwa Surabaya menjadi hijau semenjak dipimpin oleh Walikota Surabaya, Ir Tri Rismaharini, MT di sepanjang pantai dan pinggiran kali ditanami oleh tanaman mangrove.

Menurut Ir Erna Purnawati dengan ditanaminya mangrove dipinggiran pantai dan kali berfungsi sebagai penghancur gelombang yang lebih effektip dibandingan dengan penghancur gelombang yang dibuat oleh manusia.

Untuk mengatasi terjadinya banjir di kota Surabaya Walikota Surabaya, IR Tri Rismaharani sering mengadakan sidak ( inspeksi mendadak ) ke beberapa rumah pompa yang ada di kota Surabaya sehingga setiap petugas di rumah pompa tidak berani meninggalkan rumah tuganya,.

Kota Surabaya sedang membangun tempang pengolahan sampah terpadu  seperti yang pernah dilakukan oleh kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. Jika sudah selesai dibangun maka sampah yang selama ini diproduksi oleh warga Surabaya dapat diolah menjadi pupuk kompos.

Sampah dari hasil penumpukan oleh tenaga kebersihan yang ada di kota Surabaya, sampah kemudian dipilah –pilah, sampah yang organik dipisahkan tersendiri.  Sampah yang organik diranjang dengan menggunakan mesin hingga menghasilkan kompos yang selanjutnya siap untuk dipasarkan. (lmyusuf)

 

Oleh     : Laksamana Muhammad Yusuf

 

Sumber: 
Humas dan Protokol
Penulis: 
Humas dan Protokol