Bupati Markus konsolidasi dana DAK, akan bangun perpustakaan modern di Muntok

Jakarta (06/09/2019), Bupati Bangka Barat Markus,SH., bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Drs. Ismanto melakukan konsolidasi dana DAK T.A. 2020 ke Perpustakaan Nasional R.I. Rombongan dari Bangka Barat diterima oleh Kapusdiklat Perpusnas Drs. Widiyanto M.Si. dan Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Khusus Nurhadiasaputra,S.Sos., M.Si.

Konsolidasi ini membahas tentang rencana Pembangunan Perpustakaan Modern di Muntok menggunakan dana DAK T.A. 2020. Perpustakaan daerah ini rencananya akan dibangun di PAL 1 Muntok.

Menurut Widyanto membangun perpustakaan dan menimbulkan minat baca merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sumber daya manusia. Salah satu kendala dalam menimbulkan minat baca adalah luasnya jangkauan layanan, masih minimnya sumber daya manusia pengelola perpustakaan dan jumlah serta jenis buku yang masih sedikit.

Sebagai komitmen daerah Markus berniat membangun perpustakaan ditiap kecamatan di Kabupaten Bangka Barat dan menambah perpustakaan keliling untuk menambah jangkauan layanan dikarenakan Bangka Barat baru memiliki satu mobil perpustakaan keliling sehingga dinilai belum cukup. Markus berharap bantuan pemerintah pusat dalam menambah jumlah dan jenis koleksi buku serta pengembangan sumber daya manusia pengelola perpustakaan.

Diakhir pertemuan Widyanto berpesan agar Pemerintah Kabupaten Bangka Bangka Barat dapat menjamin keberlangsungan bangunan perpustakaan dan menghidupkan perpustakaan agar nantinya tujuan meningkatkan SDM serta perpustakaan sebagai sumber ilmu pengetahuan dapat dicapai dan tidak menjadi pembangunan yang sia sia.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Adit
Fotografer: 
Adit