Bupati Markus Pimpin Rakor Persiapan Pemilihan Kades Serentak Kabupaten Bangka Barat

Muntok,(16/01). Bupati Bangka Barat, Markus pimpin rapat koordinasi (Rakor) persiapan pemilihan kepala desa Kabupaten Bangka Barat Tahun 2020 (Selasa/16/01) bertempat di Operational Room I Sekretariat Daerah. Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat akan melaksanakan pemilihan kepala desa serentak yang akan diikuti oleh 22 desa di 5 kecamatan.

Pada rapat yang dihadiri oleh Forkopimda, Asisten Pemerintahan dan Sosial, dan Kepala OPD dilingkungan Kabupaten Bangka Barat, Markus mengatakan bahwa fungsi Kepala Desa  menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2015 Ayat 3 adalah melakukan pemberdayaan masyarakat, sosial budaya masyarakat, keagamaan dan ketenagakerjaan dan juga membangun hubungan kemitraan dengan lembaga lainnya. Dalam struktur pemerintahan desa, kepala desa memang memiliki tugas dan fungsi yang luas dan menyeluruh pada berbagai aspek kehidupan pemerintahan desa. Hal ini menyebabkan kepala desa menjadi pihak yang memiliki aksesibilitas kekuasaan yang luas baik keluar maupun ke dalam.

“Pemilihan kepala desa kali ini merupakan sebuah proses untuk mendapatkan kepala desa terpilih yang berkualitas dan sesuai dengan harapan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi karena masyarakat mempunyai peran penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintahan desa”, terangnya.

Bupati Markus mengharapkan pada pemilihan kepala desa serentak tahun ini dilaksanakan dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil sehingga dalam penyelenggaraannya, pemilihan kepala desa dapat berlangsung secara demokratis dan menghasilkan pimpinan pemerintahan desa yang berkualitas.

“Diharapkan dukungan dari seluruh stakeholder yang terlibat dalam proses pemilihan kepala desa ini agar dapat bekerjasama dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing sehingga pelaksanaan pemilihan kepala desa ini bisa berjalan dengan sukses”, tutupnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Yogie
Fotografer: 
Dony
Editor: 
Wahyu Pratiwi