Bupati Markus Resmikan SPALD-T Desa Air Belo

Muntok (20/01/2020) Bupati Bangka Barat, Markus S.H., meresmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALD-T) bertempat di RT. 10 dusun III, Pal 3 , desa Air Belo, Kecamatan Muntok, Senin (20/01).
 
Sanimas IsDB atau Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) merupakan program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bekerja sama dengan Islamic Development Bank (IsDB) 
 
Pembangunan SPALD-T  ini serta bersumber dari dana islamic development bank (IsDB) TA 2019 senilai Rp 425 juta yang dilaksanakan oleh LKM Tunas Harapan dan KSM Ikhlas Pal 3.  Bangunan SPALD-T ini merupakan bangunan kelima yang dibangun di desa Air Belo dari total 23 bangunan SPALD-T di kecamatan Muntok yang dibangun melalui program sanimas IsDB
 
Dalam sambutannya Markus menjelaskan bahwa maksud program sanimas ini untuk meningkatkan kualitas sanitasi dan kebersihan lingkungan masyarakat serta meningkatkan kualitas air tanah dari pencemaran bakteri ecoli serta mengurangi beban pencemaran pada sungai maupun kolong.
 
Markus juga mengatakan bahwa tujuan yang hendak diwujudkan dari program ini adalah untuk meningkatkan komitmen pemerintah daerah dalam penyelenggaraan sanitasi, meningkatkankan kesadaran sanitasi dan prilaku hidup bersih dan sehat bagi masyarakat.
 
“Selain itu juga progam ini bertujuan untuk menyediakan prasarana dan sarana yang berkualitas, berkelanjutan dan berwawasan lingkunagn sesuai kebutuhan untuk meningkatkan kualitas sumber daya air dan lingkungan”, terangnya.
 
Dia juga berpesan kepada masyarakat agar apa yang telah dibangun untuk dijjaga dan dikelola dengan baik.
 
“SPALD-T ini sudah dibangun dibeberapa titik di Bangka Barat dengan harapan ini dijaga dengan baik karena ini merupakan tanggung jawab bersama untuk menjaga dan memeliharanya, jangan sampai dirusak oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab”, ungkap Markus.
 
Menurut Koordinator Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Tunas Harapan, Muswardi, dalam kurun waktu kurang lebih enam bulan setelah SPALD-T ini berfungsi dan dioperasikan maka akan sedikit mengeluarkan bau karena masih dalam proses pertumbuhan bakteri baik pada bak filter.
 
“Bangunan SPALD-T dan jaringan perpipaan yang sudah dibangun dengan upaya keras didesa kita ini dapat berfungsi sebagaimana mestinya, dijaga dan dipelihara dengan baik”, ujar Muswardi
 
Turut hadir dalam peresmian ini Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala OPD, Kepala Desa Air Belo serta masyarakat dusun 3.
Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
d_lm
Fotografer: 
d_lm
Editor: 
Wahyu Pratiwi