Bupati Markus Terima Kunjungan Kerja Dewan Pengupahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Muntok- Bupati Bangka Barat, Markus, S.H.  menerima kunjungan kerja Dewan Pengupahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Senin, 27 Juli 2020 bertempat di OR I Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat.

Pertemuan juga dihadiri oleh beberapa Kepala OPD Kabupaten Bangka Barat terkait, anggota Dewan Pengupahan Provinsi Bangka Belitung, Kabid Pengawasan Ketenagakerjaan Provinsi Bangka Belitung, Kasi Pengawasan Ketenagakerjaan Provinsi Bangka Belitung, Perwakilan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), dan perwakilan Asosiasi Pengusaha Indonesia.

Agenda kunjungan adalah pembahasan penetapan UMP yang hampir dan pasti diterapkan mulai dari tahun 2021 yang akan datang.

Wakil Ketua Dewan Pengupahan, Suhardi, menyampaikan Tentang Peraturan Penetapan Upah Minimum Provinsi atau yang sering disebut UMP yang akan diterapkan mulai dari tahun 2021 nanti. Dalam hal ini akan menggunakan Sistem Purchasing Power Parity atau disebut dengan istilah Daya Beli.

 "Tentang Upah Minimum Provinsi atau UMP ini harus berdasarkan Sistem Purchasing Power Parity atau disebut dengan istilah Daya Beli, contohnya adalah dengan metode penetapan UMP yang diukur dari daya beli masyarakat tersebut" Ujarnya.

Bupati dalam sambutannya menyatakan harapannya agar adanya win-win solution antara pengusaha dengan pekerja, mengingat kondisi pandemi yang masih terus berjalan. 

Bupati Markus juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bangka Barat masih fokus untuk menciptakan lapangan pekerjaan ditengah situasi pandemi ini  melalui beberapa pembangunan yang akan mulai dilaksanakan pada tahun 2020 dan 2021 ini,  guna menekan angka pengangguran dan menstabilkan perekonomian di Bangka Barat.

 "Pembangunan ini akan dimulai secara bertahap, misalnya Pabrik CPO atau Pabrik Minyak Goreng yang sedang dalam proses dan pelabuhan yang rencananya akan dibangun tahun ini. Kami juga menekankan untuk memprioritaskan atau memperkerjakan putra dan putri daerah Bangka Barat sebagai SDM,"Ujarnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
aldi
Fotografer: 
arif
Editor: 
wahyu pratiwi