Bupati Menghadiri Haul Kyai Bakit

PARITTIGA (01/10/2017) PPID – Susana religius tampak dalam acara Haul memperingati wafatnya H. Khotama Rasyid yang dihadiri oleh Bupati Bangka Barat,  Drs. H. Parhan Ali, M.M.,  di Desa Bakit,  Parittiga,  Bangka Barat,  Minggu (1/10).

Acara ini diselenggarakan dalam rangka mengenang wafatnya tokoh agama, H. Khotama Rasyid, atau biasa dipanggil Kyai Bakit oleh masyarakat sekitar. Kyai Bakit adalah seorang ulama yang pernah menyebarkan ajaran Islam di Desa Bakit dan sekitarnya.  Acara Haul itu diawali dengan pembacaan ayat Al-Quran dan dzikir di Makam Kyai Bakit.

Acara yang baru dilaksanakan pertama kali dilaksanakan oleh warga Bakit tersebut mendapat apresiasi dari Bupati.  Dia berharap acara ini dapat dilaksanakan setiap tahun sebagai syiar Islam dan dapat dijadikan sebagai aset wisata budaya di Desa Bakit.

"Semoga kegiatan ini berlangsung secara terus menerus, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bisa dianggarkan setiap tahun. Peran desa dan masyarakat sangat diperlukan agar acara ini bisa lebih meriah di tahun mendatang.  H. Khotama Rasyid adalah tokoh yang dahulu menyebarkan ajaran Islam pada masyarakat Bakit, perlu kita hormati dan hargai dalam rangka syiar Islam," ujar Drs. H. Parhan Ali, M.M., saat memberikan sambutannya di hadapan ratusan undangan peserta Haul.

Bupati juga berharap agar acara Haul ini dapat lebih disebarluaskan. Dengan mengundang masyarakat dari luar Bangka, mengingat tokoh H. Khotama Rasyid mempunyai banyak saudara dari Banjarmasin. Dengan semakin banyaknya orang yang datang ke Desa Bakit sehingga Haul ini dapat menjadi potensi wisata Desa Bakit.

"Kita bisa mengundang lebih banyak keluarga H. Khotama Rasyid yang berasal dari Kalimantan, kita jadikan Desa Bakit sebagai Desa Wisata, dengan mengundang keluarga dan kerabat mereka.  Maka Desa Bakit akan banyak dikunjungi tamu, sehingga dengan ditunjang potensi perikanan yang dimiliki akan meningkatkan perekonomian Desa Bakit," harap Bupati.

Hadir mendampingi Bupati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan,  Drs. H.  Rozali, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan,  Suwito,  Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat,  Kepala Bagian Perencanaan Keuangan dan Kepegawaian Sekretariat Daerah,  Camat Parittiga dan juga anggota DPRD Bangka Barat, Sayuti.

Menurut cucu dari H. Khotama Rasyid, H. Sofwan Usman,  dia menceritakan bahwa H. Khotama Rasyid memulai dakwahnya di Belinyu, Kabupaten Bangka  Kemudian atas inspirasinya dari sebuah tempat di Madinah yang bernama Bakik,  beliau memulai menyebarkan agama Islam di Bakit yang diperluas hingga ke daerah lain, seperti  Jebus,  Kelapa,  Muntok, dan Pangkalpinang lebih kurang selama 30 tahun. Tepat pada tanggal 10 Muharram tahun 1955, H. Khotama Rasyid wafat dan dimakamkan di Bakit. Untuk mengenang perjuangannya, masyarakat Bakit menjadikan tanggal 10 Muharram sebagai acara Haul Kyai Bakit. (ppid /muhaimin)

Sumber: 
PPID KAB.BANGKA BARAT
Penulis: 
MUHAIMIN
Editor: 
Muhammad Erfan