BUPATI MINTA BPD OPTIMALKAN PEMBANGUNAN DESA

Bangka Barat, (Antara) - Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Zuhri M Syazali meminta para anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mengoptimalkan pembangunan di daerah masing-masing.

"Para anggota BPD itu dipilih berdasarkan musyawarah warga di daerah masing-masing yang diharapkan mampu menyalurkan aspirasi warganya untuk menunjang pembangunan di daerahnya," ujar Zuhri di Muntok, Rabu.

Ia menjelaskan, anggota BPD merupakan lembaga perwujudan demokrasi masyarakat desa, sekaligus menjadi media masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan sekaligus berpartisipasi dalam pembangunan desa.

Menurut dia, BPD dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Bangka Barat Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pembentukan BPD.

"Tentunya dalam menyelenggarakan Pemerintah Desa bersama Kepala Desa, BPD harus dapat melaksanakan kewenangan dengan sebaik mungkin.

Selain itu, pengawasan terhadap pelaksanaan Peraturan Desa dan Peraturan Kepala Desa harus dapat dilaksanakan agar fungsi "chek and balance" dalam penyelenggaraan roda pemerintahan di desa dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Ia menambahkan, BPD dan Kepala Desa merupakan mitra pemerintah daerah, untuk itu diharapkan mereka selalu membangun komunikasi yang harmonis dengan pemerintah desa dan daerah dalam upaya memaksimalkan pembangunan potensi yang dimiliki daerah masing-masing.

"Kami yakin dengan koordinasi antarlembaga yang terjalin dengan baik dan kerja sama dalam penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di masing-masing desa akan mampu mempercepat upaya pembangunan yang sedang digalakkan," kata dia.

Hal ini dikatakan Zuhri usai melantik sebanyak 40 anggota BPD Kecamatan Jebus dan 90 anggota BPD Kecamatan Parittiga yang dilaksanakan sehari sebelumnya.

Untuk kegiatan pelantikan anggota BPD Kecamatan Jebus prosesi dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kantor Kecamatan Jebus, sedangkan pelantikan BPD Parittiga dilaksanakan di halaman Kantor Camat Parittiga.

Oleh Donatus Dasapurna Putranta
Zuhri mengingatkan, para anggota BPD yang sudah dilantik agar selalu membangun komunikasi yang harmonis dengan Kepala Desa masing-masing serta tetap terus melakukan koordinasi dan kerja sama.

"Jaga kerja sama antarlembaga demi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat, kami yakin jika itu terjalin dengan baik akan mampu menjalankan roda pembangunan demi masyarakat Bangka Barat yang mandiri dan sejahtera," kata dia.

Sumber: 
Antaranews