Bursa Inovasi Desa Kabupaten Bangka Barat

Muntok (30/11/017) Diskominfo – Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menyelenggarakan Bursa Inovasi Desa di Graha Aparatur Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, hari ini (30/11).

Kegiatan yang merupakan turunan dari Program Inovasi Desa Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi itu mengundang pihak kecamatan, perangkat desa, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat di kecamatan-kecamatan, dan akademisi. Bursa Inovasi Desa adalah sebuah pasar ide dan inovasi dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan desa, baik dari sisi infrastuktur, kewirausahaan, sampai sumber daya manusia desa.

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten Sekretariat Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. Muhammad Soleh. M. Ap., itu dimulai pukul 09.30 WIB sampai dengan selesai pada hari yang sama. Dalam sambutannya, ia mengatakan pembangunan desa bukan hanya terletak pada urusan pembangunan infrastruktur desa saja, namun penciptaan masyarakat yang cerdas juga sangat penting.

“Sebenarnya masih banyak ide-ide pembangunan yang lebih mampu menyentuh kehidupan masyarakat. Namun, selama ini kita bingung karena belum ada contoh yang baik. Maka dari itu, dari pertemuan ini nanti akan ditayangkan dan dipaparkan berbagai inovasi-inovasi desa yang telah berjalan di desa-desa lain. Jadi nanti, bapak dan ibu kepala desa dapat memilih inovasi apa saja yang bisa dibawa ke desanya,” papar Drs. Muhammad Soleh. M. Ap.

Ia juga menyampaikan bahwa Bursa Inovasi Desa ini merupakan rangkaian pembuka saja. Pelaksanaan nyatanya nanti akan dilaksanakan oleh kecamatan-kecamatan untuk melakukan pembinaan dan pembimbingan bagi desa.

Dalam acara Bursa Inovasi Desa itu, Kepala Desa bersama perangkatnya akan dibimbing oleh tim konsultasi dari Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Bangka Barat  yang terdiri dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perindustrian, Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Perhubungan, dan Dinas Kesehatan.***

Sumber: 
Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Bangka Barat
Penulis: 
Muhammad Erfan

Berita

09/10/2018 | babel.antaranews.com
09/10/2018 | babel.antaranews.com
25/09/2018 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol
24/09/2018 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol
20/09/2018 | Bagian Komunikasi Humas dan Protokol