Deklarasi Desa Air Lintang Sebagai Desa ODF

TEMPILANG- Pada hari Rabu (23/9), Desa Air Lintang mendeklarasikan sebagai Desa Open Defecation Free (ODF). Hadir dalam kegiatan te tersebut diantaranya adalah  Bupati Bangka Barat, Markus SH didampingi oleh Pj. Sekretaris Daerah, Asisten Sekretaris Daerah  Bidang Pemerintahan dan Sosial, Kepala OPD, Danramil, tokoh masyarakat dan tokoh agama kecamatan Tempilang.

Desa ODF diartikan sebagai desa yang tidak ada lagi kejadian buang air besar (BAB) sembarangan. Dalam hal ini, Desa Air Lintang merupakan desa ketiga yang mendeklarasikan ODF dari total 9 desa di Kecamatan Tempilang. Desa sebelumnya yang sudah deklarasi adalah desa Buyan Kelumbi dan Desa Tempilang. Pj. Kepala Desa Air Lintang, Heriyanto, dalam sambutannya menegaskan bahwa Masyarakat Desa Air Lintang sudah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan sejak tahun 2019.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Markus dalam sambutannya menyampaikan akses sanitasi yang baik menjadi salah satu kunci peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya dalam menurunkan angka penyakit diare dan penyakit lain yang ditularkan melalui air dan lingkungan.

"Salah satu program terintegrasi dan komitmen Pemda dalam pembangunan bidang kesehatan di Bangka Barat adalah sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) dalam meningkatkan akses air minum dan sanitasi dasar," katanya.

Dia juga mengapresiasi komitmen seluruh elemen masyarakat dan perangkat desa Air Lintang yang telah siap mendeklarasikan diri sebagai desa ODF.

"Semoga ke depan derajat kesehatan masyarakat desa Air Lintang khususnya dan masyarakat Bangka Barat umumnya semakin meningkat signifikan," katanya lagi.

Diakhir acara Bupati Markus juga memberikan bantuan kepada warga desa Air Lintang berupa makanan tambahan untuk ibu hamil dan makanan tambahan untuk balita.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
SHL | d_lm
Fotografer: 
d_lm
Editor: 
Wahyu Pratiwi