DEKLARASI DESA ODF DESA LIMBUNG

Muntok ( 07/04/2017) KOMINFO, Jum’at (07/04) masyarakat Desa Limbung Kecamatan Jebus mendeklarasikan sebagai Desa ODF (OPEN DEFECATION FREE). Wakil Bupati Bangka Barat Markus, SH. hadir pada acara sebagai saksi deklarasi tersebut. Deklarasi Desa ODF ini yang kedua kalinya dilaksanakan setelah deklarasi pertama yang dilaksanakan di Desa Mancung Kecamatan Kelapa pada bulan Maret lalu. Tujuan diselenggarakannya Desa ODF ini adalah untuk melakukan perubahan perilaku higenis dan peningkatan akses sanitasi pada masyarakat.

Untuk menjamin dan mendukung pelaksanaan Desa ODF agar berjalan secara efektif dan efesien, maka perlu dijadikan sebagai salah satu prioritas karena akan mempunyai daya ungkit yang besar dalam pencapaian berbagai indikator pembangunan kesehatan. Salah satu kegiatan yang telah di lakukan di Kabupaten Bangka Barat adalah kegiatan pemicuan CLTS (Community Led Total Sanitation)  atau STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat), yang merupakan program untuk mengimplementasikan komitmen Pemerintah Daerah dalam peningkatan akses air minum dan sanitasi dasar, salah satunya tidak buang air besar sembarangan sehingga tercapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

“Saya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Desa Limbung yang telah mendeklarasikan sebagai Desa ODF, semua ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat Desa Limbung yang telah secara aktif mendukung program kesehatan.” Ujar Markus, SH dalam pidatonya.

Desa Limbung memiliki luas daerah 242,2 Km, dengan jumlah penduduk 871 jiwa dan memiliki 204 rumah. Oleh Karena itu pada tahun 2013 sebanyak 60% masyarakat Desa Limbung belum memiliki jamban dan buang air besarnya masih sembarangan, pada tahun 2014 pemerintahan desa limbung memberikan bantuan kloset beserta semen sebanyak 60 buah. Sehingga pada tahun 2014 tercatat 75% masyarakat Desa Limbung sudah memiliki Wc atau jamban. Pada tahun 2015 Pemerintahan Desa Limbung memberikan bantuan kloset sebanyak 83 buah beserta semen sehingga pada tahun 2015 masyarakat Desa Limbung sudah 100% memiliki WC atau jamban. Pada tahun 2017 ini masyarakat Desa Limbung siap untuk mendeklarasikan desa mereka sebagai Desa ODF.

“Kameny urang Desa Limbung menyatakan bahwa kameny dek ken agek birek sekapot, apai bili kameny agek birek sekapot, jedek status desa kameny ( stop buang air besar sembarangan ) de ambik pulik dan kameny siap nerimai sangsi e.” Ikrar Desa ODF yang di ucapkan Kades dan diikuti oleh aparatur desa dan masyarakat Desa Limbung.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan penandatangan deklarasi yang menyatakan masyarakat desa limbung tidak akan buang air besar sembarangan dan apabila melanggar siap menerima sangsi, penandatanganan tersebut ditandatangani oleh Kades Desa Limbung sebagai perwakilan masyarakat Desa Limbung, dan diikuti pendandatangan saksi yang di tandatangani oleh Wakil Bupati Bangka Barat, Camat Jebus, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat.

Sumber: 
DISKOMINFO BANGKA BARAT
Penulis: 
Novie Adrian
Fotografer: 
Yogie
Editor: 
M.Amrullah, ST

Berita

14/11/2017 | Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan
12/11/2017 | Arunasvara Musician Community
10/11/2017 | PPID Kab. Bangka Barat
07/11/2017 | PPID Kab. Bangka Barat
06/11/2017 | Diskominfo Babar
06/11/2017 | PPID KAB.BANGKA BARAT
03/11/2017 | PPID KAB.BANGKA BARAT
31/10/2017 | PPID KAB.BANGKA BARAT