Deklasikan Sebagai Desa ODF, Warga Desa Tempilang Dek Nek Birek Sebasing Agik

Tempilang  (11/12/2019) Desa Tempilang  Kecamatan Tempilang mendeklarasikan desanya sebagai desa Open Defecation Free (ODF), kamis (12/12) di gedung serba guna kecamatan Tempilang. Deklarasi ini dihadiri oleh Bupati Bangka Barat, Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Kesehatan, Camat Tempilang, Kapolsek Tempilang, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutnya Kepala Dinas Kesehatan, Achmad Syaifuddin mengatakan gerakan stop buang air besar sembarang ini harus dilakukan bersama-sama, tidak mungkin hanya dilakukan oleh Puskesmas saja tetapi harus didukung oleh seluruh masyarakat.

“Gerakan stop buang air besar sembarang ini harus didukung oleh seluruh masyarakat, tokoh agama dan tokoh masyarakat harus punya peran untuk itu,” tegas Achmad

Dalam acara tersebut Edy Purnomo selaku kepala desa Tempilang bersama sama dengan elemen masyarakat desa Tempilang yang hadir mendeklarasikan diri sebagai desa ODF. Dilanjutkan dengan penandatangan deklarasi desa ODF oleh Kepala Desa Tempilang, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Tempilang yang disaksikan oleh Bupati Bangka Barat dan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat Desa Open Defecation Free (ODF) kepada desa Tempilang oleh Bupati.

Dikesempatan yang sama Bupati Bangka Barat juga melauching dan menyerahkan langsung secara simbolis kartu jaminan kesehatan nasional-kartu Indonesia sehat (JKN-KIS) bagi warga Tempilang.

 

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
d_lm