Desa Telak wakili Kecamatan Parittiga Lomba Desa Tingkat Kabupaten

Parittiga (24/02) Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bangka Barat Tahun 2020 yang terdiri dari Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Bangka Barat, Dinas Polpp, Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Barat, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat dan PKK Kabupaten Bangka Barat sambangi Desa Telak sebagai wakil dari Kecamatan Parittiga. Adapun undangan yang hadir dalam acara ini yaitu Camat Parittiga, Forkopimka, Ka Koordinator Kecamatan Parittiga, Pendamping Desa Kec Parittiga, Kades Se-Kecamatan Parittiga, BPD Desa Telak, LPM Desa Telak, Karang Taruna Desa Telak, Lembaga Adat Desa Telak, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat Desa Telak.

Dalam paparan Kades Telak Faharudin, S. Pd "Desa Telak adalah Desa Swakarya/Swakelola, Desa ODF, Desa ber-PHBS, Desa Pelikas (Pelikas artinya cekatan, lekas, lincah), dan Desa Posyandu". Dengan potensi Desa Telak yaitu padi ladang, lada, karet dan kelapa sawit. Desa Telak juga memiliki satu Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) bernama Pelikas, Bumdes tersebut memiliki dua macam usaha yakni Usaha air minum ulang "Muara (Minuman untuk keluarga)" dan Berkah Mart. Adapun Inovasi Desa Telak yaitu:  

1) Bidang Kesehatan : Perdes No. 7 Tahun 2017 tentang PHBS, Perdes No 8 Tahun 2017 tentang Pemberian ASI Ekslusif, Perdes No 9 Tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok, Deklarasi ODF, Pembuatan dan Pemasangan Stiker 10 Indikator di rumah warga, Pembuatan TPS (Tempat Penitipan Suami/Smoking Area).

2)Bidang Pendidikan : Perdes No 7 Tahun 2018 tentang Program PAUD Gratis, Pemasangan Baliho tentang Jam belajar masyarakat.

3) Teknologi Tepat Guna/TTG : Alat Pencuci Lada, Perontok Padi dan penodos buah sawit.

4)Bidang Kemasyarakatan yaitu Gotong Royong Jum'at Bersih, Swakarya partisipasi masyarakat dengan terbitnya Perdes No 8 Tahun 2019 tentang Swadaya Pelaksanaan Padat Tunai.

5) Bidang Pembangunan Desa : Pelaksanaan Padat Tunai seperti arahan dari Presiden RI adanya Jembatan Desa 100% Swakelola dan Swakarya masyarakat dan dilaksanakan secara penuh pelaksanaan dengan padat tunai.

Jadi Desa Telak lebih menekankan 2 inovasi yaitu Pendidikan dan Kesehatan, kalau kesehatan dan pendidikan maju, maka itu secara otomatis desa juga akan maju, pungkas Faharudin, S. Pd. Camat Parittiga Madirisa, S. Pd juga mengharapkan Desa Telak dapat mewakili Kab Bangka Barat dalam Lomba Desa ke Tingkat Provinsi Bangka Belitung Tahun 2020, apalagi Desa Telak telah banyak memiliki prestasi dari segala bidang terutama di bidang kesehatan dan Pendidikan. Tim Penilai Yuwanda Eka Putra, S. KM., M. Si dalam sambutanya bahwa Lomba Desa ini dilaksanakan setiap tahun mengacu pada dasar hukum Permendagri No 81 Tahun 2015 ini merupakan salah satu evaluasi bagi desa terkait dengan pengelohan dana desa sesuai dengan peraturan desa yang berlaku,tutupnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Shitun Baroroh
Fotografer: 
Shitun Baroroh
Editor: 
Yogie