Desa Tumbak Petar Wakili Kecamatan Jebus Pada Lomba Desa Tingkat Kabupaten

Jebus,(27/02) – Desa Tumbak Petar terpilih mewakili Kecamatan Jebus dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten tahun 2020. Sebelumnya, tim penilai Lomba Desa Tingkat Kecamatan telah melakukan penilaian terhadap desa-desa yang ada di Kecamatan Jebus. Dan hasilnya, Desa Tumbak Petar berhasil lolos dan siap untuk mengikuti lomba di tingkat Kabupaten Bangka Barat.

Camat Jebus, A.Amir,S.Sos, dalam sambutannya mengatakan bahwa tahun 2020 ini untuk Lomba Desa Tingkat  Kabupaten Bangka Barat yang  mewakili Kecamatan Jebus adalah Desa Tumbak Petar yang dalam beberapa tahun ini banyak sekali kemajuannya. Tahun 2016 BUMDes didirikan dengan 1 unit usaha yaitu jual beli TBS kelapa sawit sekarang sudah berkembang menjadi 5 unit usaha yaitu gas LPJ,  pulsa, Berkah Mart, dan simpan pinjam. Selain itu, lingkungan kantor desanya yang sangat bersih membuktikan mereka sangat peduli dengan arti pentingnya kesehatan. Desa Tumbak Petar merupakan daerah subur penghasil beras dengan lahan sawahnya yang seluas 180 ha. 

A.Amir S,Sos  juga mengatakan Desa Tumbak Petar layak untuk mengikuti  Lomba Desa Tingkat Kabupaten karena memenuhi  kriteria yang di lombakan. Beberapa kriteria yang dinilai dalam ajang lomba Desa diantaranya bidang kesehatan, bidang pendidikan, tertib administrasi PKK dan tata kelola pemerintahan serta bidang-bidang lainnya.

“Yang paling penting adalah kekompakan dan gotong royong masyarakat dalam membangun Desa. Atas dasar itulah Desa Tumbak Petar ditetapkan untuk mewakili Kecamatan Jebus dalam lomba Desa tingkat kabupaten tahun 2020,” ungkap Camat disela-sela persiapan menjelang penilaian lomba Desa tingkat kabupaten yang dipusatkan dikantor Desa Tumbak Petar, Kamis (27/2/2020) sekitar pukul 09.00 Wib.

Menurut Camat, berbagai persiapan dilakukan dalam menghadapi lomba Desa tingkat kabupaten tahun ini. Pihaknya bersama instansi terkait terus melakukan pembinaan dan monitoring secara rutin jauh sebelum pelaksanaan lomba Desa digelar.

“Kami melakukan pembinaan tidak hanya pada saat akan menghadapi lomba Desa saja, tapi kegiatan pembinaan dilakukan secara rutin setiap bulan ke Desa-Desa yang ada di Kecamatan Jebus,” ujarnya.

Terkait hasil dalam lomba Desa tingkat kabupaten, Pemerintah Kecamatan Jebus optimis meraih hasil terbaik pada lomba Desa tingkat kabupaten Bangka Barat.

“Kami harus optimis apa yang kami lakukan selama ini memberikan hasil yang terbaik. Kami bersama instansi terkait terus memberikan pembinaan terhadap masyarakat dan jajaran Pemerintah Desa Tumbak Petar sesuai tugas dan fungsinya,” kata A.Amir.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Intan Insana
Fotografer: 
Miwanda
Editor: 
Wahyu Pratiwi