Dinas Kesehatan Bangka Barat Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19

Muntok- Tim promosi kesehatan Dinas Kesehatan Bangka Barat melakukan sosialisasi dalam rangka memberikan pemahaman mengenai vaksinasi Covid-19 kepada PNS dan PHL di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Barat pada hari Kamis, 4 Maret 2021 bertempat di ruang vidcon Dinas Komunikasi dan Informatika Bangka Barat.
Dalam paparannya, Munira menjelaskan bahwa vaksinasi merupakan produk biologi yang berisi antigen yang bila di berikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu. Vaksin melatih tubuh untuk kenal, lawan dan kebal penyakit, seperti virus atau bakteri.
Tujuan vaksinasi covid-19 ialah menurunkan kesakitan & kematian akibat COVID-19, mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) untuk mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh serta menjaga produktifitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi.
“Vaksin ini dilakukan secara bertahap selama 28 hari , dengan vaksin tahap pertama dilakukan dalam kurun waktu 14 hari lalu di lakukan vaksin tahap kedua selama 14 hari sehingga terhitung 28 hari, barulah tubuh dapat membentuk sistem kekebalan tubuh sebesar 98%,” ujarnya.
“akan tetapi, meski sudah divaksin tetap jalankan prokes yg sudah ada, insya allah tidak akan terkena virus tersebut,” Ujarnya lagi.
Sasaran kegiatan atau penerima vaksin covid -19 terdiri dari kelompok rentan yang berusia 18-59 tahun, tenaga kesehatan dan semua petugas yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan di seluruh Pemkab Bangka Barat, petugas pelayanan publik seperti petugas yang berhadapan dengan masyarakat misalnya TNI – Polri, pelabuhan, pemadam kebakaran, PLN , PDAM yang bertugas di lapangan, dll. dan masyarakat.
“ Anak-anak usia di bawah 18 tahun tidak wajib di vaksin, karena anak usia segitu masih sangat cepat proses pembentukan imunnya, dan diharapkan dengan adanya sosialisasi ini PNS dan PHL di Diskominfo mau dan tidak takut untuk di vaksin,” tutupnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Wulan
Fotografer: 
Wulan
Editor: 
Wahyu Pratiwi