Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bangka Barat Gelar Pelatihan Dasar Komputer

Muntok, (07/04). Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Bangka Barat kembali melaksanakan kegiatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di bidang pendidikan, yaitu pelatihan dasar komputer (pembelajaran menggunakan Microsoft office) bertempat di Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Barat, Rabu-Kamis (7-8 April 2021). Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah 22 orang pelajar MA Insan Cendikia Kabupaten Bangka Barat. 
Kabid Pelayanan, Kerjasama dan Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Farouk Yohansyah, mengatakan pelatihan ini dilaksanakan merupakan bentuk kerja sama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat dengan Yayasan Insan Cendikia Bangka Barat dan sebagai wujud dari pelaksanaan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Kegiatan mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat di tengah Pandemi melalui Pelatihan dasar MS Microsoft Office.” 
“Diharapkan hasil kegiatan pelatihan ini akan menunjukkan bahwa pelatihan komputer dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi pelajar MA Insan Cendikia Bangka Barat, khususnya.  dalam keterampilan komputer dan penguasaan Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Powerpoint, serta dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter pada diri mereka, seperti rasa ingin tahu, kreatif, kerja keras, dan komunikatif. Lebih lanjut, keterampilan ini diharapkan dapat menunjang pembelajaran mereka di sekolah ataupun sebagai bekal masa depannya,” katanya. Dikatakan olehnya, pelaksanaan kegiatan ini senada dengan arah Kementerian Pendidikan Nasional R.I. yang menyatakan bahwa pendidikan dituntut untuk dapat merubah peserta didik ke arah yang lebih baik melalui penanaman 18 nilai karakter dalam diri peserta didik sebagai upaya membangun karakter bangsa, yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat berkebangsaan atau nasionalisme, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. 
 
Hal senada juga diungkapkan Syapariatno Handoko, SE, selaku instruktur pelatihan bahwa kegiatan pelatihan dasar MS Microsoft Office ini sangat membantu dan dan bermanfaat bagi siswa. Selain menambah pengetahuan dan pengalaman, juga memotivasi siswa dalam mencari dan menambah informasi atau keterampilan.
Pelatihan dilakukan dengan pemberian materi melalui modul dan praktek langsung serta diselingi tanya jawab sehingga penguasaan materi dirasa lebih tepat sasaran. pelatihan dimulai dari menghidupkan sampai mematikan komputer hingga menggunakan fitur-fitur yang tersedia. “Pelatihan juga diberikan dengan cara penerapan aplikasi. Mereka diberi banyak contoh soal latihan dengan menerapkan materi yang telah diberikan, salah satunya seperti membuat surat menyurat, pembuatan tabel,kolom Koran, tabulasi dll. Selain itu, presentasi elektronik dengan Ms PowerPoint juga diberikan. Dalam hal ini, sebagai penunjang, Perpustakaan Daerah juga memiliki koleksi bahan pustaka yang berisi pengetahuan tentang komputer,” tutupnya.
Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Karlena
Editor: 
Wahyu Pratiwi