DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BANGKA BARAT LAKSANAKAN RAPAT KOORDINASI PERANGKAT DAERAH

Muntok- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat melaksanakan Rapat Koordinasi, bertempat di ruang rapat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan pada Rabu 4 Maret 2020. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil Musrenbang tingkat Kecamatan. 

Rapat dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Drs.Ismantho. Bertindak sebagai moderator sekaligus menjadi narasumber dalam acara adalah Kasubbag Penyusunan Program dan Keuangan, Rohardi, S.IP. Rapat juga dihadiri oleh sekretaris dinas dan jajaran, perwakilan dari Dinsos Pemdes, perwakilan dari DP2KBP3A, perwakilan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, perwakilan dari Bapelitbangda, penggiat literasi, penulis, duta baca, pengelola perpustakaan Desa/Kelurahan, pengelola arsip Desa/Kelurahan, pembina/pengelola Perpustakaan Sekolah Kab. Bangka Barat. Dalam sambutan Kepala Dinas, beliau mengatakan bahwa tahun 2020 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan akan membangun gedung perpustakaan yang baru, beralamat di Pal 2 Muntok serta adanya penambahan kendaraan operasional khusus perpustakaan keliling.

Selain moment untuk silaturahmi, rapat ini bertujuan untuk menyempurnakan Renja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tahun 2021, menajamkan target sasaran, program dan kegiatan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, serta pembahasan terkait isu-isu strategis urusan perpustakaan dan kearsipan dalam rangka Penyusunan RPJMD Dinas Perpustakaan dan Kearsipan 2022—2024.

Berikut adalah masukan dari peserta rapat:

1. Semua kegiatan yang bertujuan meningkatkan minat baca agar lebih inovatif dan kreatif;

2. Dilaksanakannya pertemuan minimal 3 kali dalam sebulan dengan para penggiat literasi, komunitas pembaca dll;

3. Agar pengadaan bahan pustaka lebih mengakomodir kebutuhan untuk perpustakaan desa/TBM melalui system pinjam tukar bergilir;

4. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memfasilitasi Perpusdes terkait dengan program perpustakaan berbasis inklusi;

5. DPK memfasilitasi dengan mengadakan bimtek untuk meningkatkan kualitas pengelola perpustakaan  dan pengelola kearsipan sekolah/kelurahan dan sekolah.;

6. Berkoordinasi dengan bidang pemerintah desa dalam hal ini Dinsos Pemdes terkait regulasi perpustakaan di desa.

Hasil rapat menyepakati program dan kegiatan prioritas dan indikator kinerja yang disertai target dan kebutuhan pendanaan, yang telah diselaraskan dengan usulan kegiatan prioritas dari Forum Perangkat Daerah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat, serta menyepakati rancangan Renja Perangkat Daerah Dinas Perpustakaan Daerah Kab.Bangka Barat.

Penulis: 
Karlena Yulia
Fotografer: 
Karlena Yulia
Editor: 
Wahyu